7 Cara Mengatasi Darah Rendah yang Dinilai Ampuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Gejala tekanan darah yang terlalu rendah dapat membuat seseorang mengalami gejala berupa lemah dan lemas, bahkan pingsan. Ada juga yang mengalami gejala jantung yang berdebar kencang dan tidak teratur, keseimbangan menurun, pandangan muram hingga mual. Gelaja-gejala tersebut terkadang muncul tiba-tiba, yang mana akan sangat menggangu para penderitanya.

Sebenarnya cara mengatasi darah rendah ini tidaklah sulit, penderitanya hanya harus mengkonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan tekanan darah. Jika kamu belum tahu, berikut ini ada sejumlah cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi darah rendah:

Cara Mengatasi Darah Rendah yang Dinilai Ampuh

Makan Kismis

Kismis adalah salah salah satu makanan yang sangat baik dalam mengobati tekanan darah rendah. Kismis ini mampu memberikan dorongan pada kelenjar adrenalin yang cukup berpengaruh pada tekanan darah sehingga mampu membuat tekanan darah normal kembali.

Untuk mengatasi tekanan darah rendah menggunakan kismis, kamu harus menyediakan 30 sampai 40 butir kismis. Sebelum dikonsumsi, rendam terlebih dahulu kismis dengan air yang bertemperatur ruangan satu malam penuh. Setelah itu pada pagi harinya sebelum mengonsumsi apapun, buang air rendaman kismis tersebut, kemudian makan kismis tersebut. Lakukan hal ini setidaknya tiap hari selama sebuah penuh. Kamu akan merasakan perbedaannya.

Susu dan Kacang Almond

Campuran dari kacang almond dan susu mampu membantu kamu dalam mengatasi tekanan darah rendah dengan cara mempengaruhi kelenjar adrenalin. Caranya pun cukup mudah:

  • Rendam 4 sampai 5 butir kacang almond, keesokan harinya kupas kulitnya. Selanjutnya tumbuk kacang almond yang sudah direndam seharian tersebut hingga halus seperti pasta. Kemudan tambahkan dalam susu panas.
  • Minum susu tersebut selama satu bulan penuh. Kamu akan merasakan dampaknya beberapa minggu.

Minuman Berkafeinasi

Minuman yang berkafein seperti cola, cokelat panas, kopi dan lainnya ternyata dapat mengatasi tekanan darah rencah secara alami. Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, namun diperkirakan hal ini disebabkan oleh kafein mampu menghalangi hormone yang akan memperlebar pembuluh darah arteri, di mana hal tersebut menyebabkan tekanan darah rendah. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengkonsumsi minuman berkafein tiap pagi sebelum beraktifitas.

Tingkatkan Konsumsi Natrium

Penderita hipotensi dianjurkan meningkatkan konsumsi garam. Hal ini karena garam diketahui mampu meningkatkan tekanan darah, sehingga makan garam merupakan sebuah anjuran. Satu sendok teh garam setidaknya mengandung 2300 miligram natrium. Jumlah ini adalah batas atas konsumsi garam harian tiap harinya yang ditetapkan oleh American Heart Association.

Natrium ini sangat diperlukan dalam menjaga cairan tetap bertahan di pembuluh darah dan juga menaikkan tekanan darah. Tak hanya itu, natrium pun mampu menjaga keseimbangan cairan para penderita hipotensi. Namun tentunya konsumsi garam ini harus dibatasi karena bila dikonsumsi secara belebihan akan beresiko tekanan darah tinggi.

Hindari Plain Yoghurt

Yoghurt adalah olahan usus yang telah difermentasi dengan bakteri baik, hal ini membuat susu mengental dan rasanya menjadi agak asam. Yoghurt tanpa rasa atau lebih dikenal plain yoghurt mengandung sekitar 49% kalsium, 12% magnesium dan juga 18% kalium. Kandungan tersebut dibutuhkan oleh manusia tiap harinya. Tapi siapa sangka, konsumsi plain yoghurt yang berlebihan akan membuat tekanan darah rendah.

Cukup Minum Air

Cukup Minum Air dapat meningkatkan volume darah dalam tubuh. Makin tinggi volume darah, maka makin tinggi juga tekanan darah manusia. Untuk mengobati tekanan darah rendah menggunakan air minum, sebaiknya kamu mengkonsumsi sekitar 2 liter air minum dalam sehari.

Kalau bisa, kamu juga harus mengkonsumsi cairan elektrolit yang merupakan campuran dari air dan garam yang diperlukan oleh tubuh. Cairan ini dapat meningkatkan tekanan darah. Minuman elektrolit ini biasanya diminum oleh atlet guna meningkatkan performa.

Jangan Lupa Vitamin

Bila kamu kekurangan sejumlah vitamin seperti vitamin E, vitamin C, dan vitamin B, maka bukan tidak mungkin kamu mengalami tekanan darah rendah. Vitamin B5 membantu dalam memproduksi energi yang cukup dan juga dapat melancarkan metabolisme lemak, karbohidrat dan protein serta dapat membantu dalam pembentukan zat besi, di mana zat yang satu ini sangat penting untuk penderita darah rendah.

Kamu bisa mendapatkan B5 dari hewan, seperti daging sapi, telur ayam dan daging ayam. Kamu juga bisa mendapatkannya dari sayuran kecuali grains (gandum dan nasi) yang biasanya kaya vitamin B.

Untuk vitamn C, kamu bisa mendapatkan dari berbagai jenis buah yang memiliki rasa sedikit asam, seperti melon, jeruk, dan lainnya. Untuk sayuran bisa didapatkan dari brokoli, bayam, kembang kol, wortel dan lainnya. Sedangkan untuk vitamn E didapatkan dari biji bunga matahari, kacang almond dan kedelai.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari tekanan darah rendah. Meski cara-cara di atas terhitung simple, kamu harus tetap melakukannya secara konsisten agar hasil yang didapat memuaskan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA