7 Cara Menaikkan Hb Pada Penderita Gagal Ginjal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Hb atau hemoglobin adalah suatu hal yang harus dijaga, kadarnya tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit. Karena ketika jumlahnya tidak sesuai maka akan menyebabkan keseimbangan kesehatan tubuh menjadi terganggu. Terutama untuk para pengidap penyakit gagal ginjal. Pada saat seseorang mengalami penyakit gagal ginjal maka akan sangat mudah tingkat hemoglobin seseorang mengalami penurunan yang drastis.

Penurunan yang drastic pada hemoglobin ini aka membuat tubuh mengalami kanker darah dan berbagai penyakit autoimun lainnya. Penurunan kadar hb pada penderita gagal ginjal akan membuat tubuh menjadi mudah lelah, letih dan imun di dalam tubuh akan mengalami kemerosotan, sehingga akan rentan terhadap serangan penyakit. Pada saat tubuh sedang sehat mungkin seringkali dari Anda menyepelekan apa saja yang dikonsumsinya.

Hingga pada akhirnya Anda akan tersadar ketika Anda tengah mengalami sebuah penyakit. Penyakit–penyakit ini akan rentan menjadi parah karena pada saat tubuh sedang sakit maka imun pada tubuh akan mengalami penurunan. Terutama pada penderita penyakit gagal ginjal.

7 Cara Menaikkan Hemoglobin

Berikut adalah cara sederhana yang bisa dilakukan agar kadar hb pada tubuh bisa normal atau stabil sehingga tidak menimbulkan hal – hal yang berbahaya dalam tubuh. Khususnya untuk penderita gagal ginjal…

  • Mengonsumsi bayam. Sayuran ini mengandung zat besi, kalsium, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Sayuran bayam ini sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari oleh penderita penyakit gagal ginjal agar kadar hbnya bisa normal kembali.
  • Mengonsumsi daging merah. Pada penderita gagal ginjal, berbeda dengan seseorang yang mengidap penyakit lain. Daging khususnya pada organ dalam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Daging merah ini kaya aka zat besi yang mampu meningkatkan kadar hb dan meningkatkan system imun dalam tubuh.
  • Mengonsumsi roti gandum. Roti gandum adalah salah satu jenis roti yang paling banyak mengandung zat besi yang cukup tinggi daripada jenis roti yang lainnya. Roti gandum ini sangat recommended dikonsumsi guna menaikkan kadar hb dalam tubuh.
  • Mengonsumsi telur. Telur bukan hanya mengandung protein tapi juga banyak mengandung antioksidan dan zat besi yang sangat cocok untuk mengatasi rasa lelah, letih dan lesu oleh penderita gagal ginjal. Bukan hanya itu, kadar protein yang cukup baik pada telur ini juga membuat kadar hb pada tubuh mengalami peningkatan.
  • Mengonsumsi seafood. Makanan laut ini adalah salah satu makanan yang sangat penting untuk seseorang yang mengalami penyakit gagal ginjal. Beragam jenis makanan laut adalah jenis makanan yang sangat direkomendasikan kepada penderita gagal ginjal agar kadar hbnya bisa mengalami peningkatan.
  • Mengonsumsi buah bit. Buah bit ini bisa dikonsumsi dengan cara di panggang lalu dikonsumsi langsung. Tidak dianjurkan untuk membuang kulitnya pada saat akan dikonsumsi. Buah bit ini adalah buah yang banyak mengandung asam folat, kalium, zat besi dan serat yang sangat bagus dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal.
  • Mengonsumsi apel. Untuk penderita gagal ginjal yang sudah kronis, sangat disarankan untuk mengonsumsi sebuah apel setiap harinya. Apel adalah jenis buah–buahan yang sangat baik untuk proses pembentukan darah. Pastikan ketika Anda mengonsumsinya lengkap bersama dengan kulitnya.

Delima Simerah yang Mujarab

Seorang penderita gagal ginjal yang rutin mengonsumsi buah delima ini maka kadar hbnya akan mengalami peningkatan dan aliran darahnya meningkat. Untuk aturan pengonsumsian buah delima ini adalah 1 buah setiap hari untuk buah delima ukuran sedang. Buah ini adalah buah yang banyak mengandung kalsium, zat besi, protein dan karbohidrat.

Semangka

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air, zat bes, protein, kalium dan mengandung vitamin B serta vitamin C. buah ini sangat recommended utntuk dikonsumsi oleh segala stadium penderita gagal ginjal dalam rangka meningkatkan kadar hb di dalam tubuh.

Anggur buah kecil kaya manfaat

Siapa yang tak kenal dengan buah anggur? Buahnya kecil dan selalu bergerombol. Siapa sangka meskipun buah ini kecil memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Bahkan dalam pengonsumsian anggur ini diperbolehkan memakannya dalam waktu sesering mungkin.

Nah, itulah beberapa cara untuk menaikkan kadar hb dalam tubuh khusus untuk para penderita gagal ginjal. Bagi Anda yang terserang penyakit gagal ginjal, janganlah bersedih hati, karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Jangan pernah patah semangat untuk terus berjuang mendapat kesembuhan. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA