7 Cara Memperlancar Menstruasi dengan Jamu Herbal

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7-Cara-Memperlancar-Menstruasi-dengan-Jamu-Herbal[1]
Daftar Topik

Menstruasi atau biasa di sebut dengan datang bulan adalah salah satu kondisi yang rutin dijalani oleh wanita. Kondisi tersebut adalah kondisi dimana wanita mengalami pendarahan pada vagina selama 2 sampai 7 hari. Namun, ada juga yang terjadi dalam sebulan lamanya. Siklus menstruasi normalnya adalah 28-35 hari, akan tetapi faktanya tidak semua hal tersebut dialami oleh wanita.

Ada sebagian wanita yang mengalami mestruasi yang tidak lancar. Bahkan, ada yang mengalami mestruasi tidak rutin dalam jangaka satu bulan atau tiga bulan. Mestruasi yang terlambat atau tidak lancar tidak selalu mengindikasikan bahwa wanita tersebut hamil. Ada banyak alasan kenapa wanita mengalami mentruasi yang tidak lancar. Diantaranya adalah efek samping obat-obatan, stress yang berkepanjangan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, untuk memperlancar menstruasi Anda bisa memanfaatkan jamu herbal sebagai solusinya.

Cara Memperlancar Menstruasi dengan Jamu Herbal

Siklus menstruasi pada wanita yang tidak lancar mungkin membuat para wanita menjadi khawatir. Untuk itu simak ulasan berikut ini bagaimana cara memperlancar menstruasi dengan jamu herbal:

Air Rebusan Asam Jawa

Khasiat Rutin Minum Air Asam Jawa Setiap Pagi untuk Kesehatan : Okezone  Lifestyle

Air rebusan asam Jawa bisa memberikan efek astringet yang baik dalam meredakan gangguan yang berkaitan dengan menstruasi. Bagi Anda yang mengalami menstruasi yang tidak lancar atau merasakan nyeri ketika menstruasi datang maka meminum rebusan asam jawa bisa mengatasinya. Selain itu, didalam air rebusan asam Jawa mengandung potasium yang sangat tinggi. Sehingga hal ini membantu Anda dalam mempercepat proses pelurahan sel endometrium serta membantu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim

Ramuan Kunyit

Resep Jamu Kunyit Jahe Gula Merah oleh Lidha - Cookpad

Mengkonsumsi ramuan kunyit memang bisa membuat siklus menstruasi menjadi lebih lancar. Selain itu, kunyit juga bisa mengatasi rasa nyeri yang muncul ketika menstruasi. Didalam kencur sendiri mengandung zat yang sangat berkhasiat. Kandungan yang ada didalam kencur adalah curcuminoid yang dipercaya dapat menjadi detoksifikasi alami dan bisa membantu mengangkat sel-sel asing dalam tubuh.

Cara membuat ramuan herbal dari kunyit juga mudah. Yakni dengan cara menumbuk kunyit hingga halus. Kemudian rebus dengan air yang mendidih. Setelah mendidih lalu saringlah air rebusan kunyit tadi. Minumlah air rebusan kunyit tadi secara rutin 3 kali sehari baik setelah makan atau sesudah makan. Bagaimana cukup mudah bukan?

Ramuan Kencur

13 Manfaat Beras Kencur, Atasi Masuk Angin?

Ramuan herbal selanjutnya adalah ramuan kencur. Kencur yang dikenal sebagi rempah buat memasak ini juga bisa dijadikan jamu herbal untuk mengatasi menstruasi. Cara untuk mengolah kencur juga lumayan mudah.

  • Pertama siapkan 2 potong kencur, sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan setengah sendok adas.
  • Kemudian rebus semua bahan diatas dengan menggunakan air dua gelas hingga tersisa menjadi 1 gelas saja.
  • Lalu saringlah air rebusan kencur tadi. Dan minumlah air kencur tersebut 2 kali dalam sehari dengan takaran setengah kelas setiap per minuman.

Jus Wortel

Cara Membuat Jus Wortel Yang Mudah Dan Sehat | by riska fitri nur ainy |  Medium

Wortel memang terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Didalam wortel terdapat kandungan kalsium, vitamin c, dan iron yang bisa membantu hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Meminum jus wortel secara rutin bisa dengan sedikit gula atau tanpa gula bisa menjadi cara melancarkan haid yang tidak efektif.

Ramuan Jahe

Rutin Minum Ramuan Jahe Ajaib, Seminggu Bisa Pangkas Bobot 2-4 Kilogram! -  Semua Halaman - Grid Star

Jahe memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Didalam jahe terdapat kandungan vitamin A, B2,C, serar, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, niasin, karbohidrat, dan minyak atsiri. Maka dari itu agar mestruasi Anda lancar konsumsilah jahe dengan di campur madu.

Ramuan Daun Pepaya

Khasiat Daun Pepaya dan Cara Membuat Jus Daun Pepaya yang Pahit Tapi Ampuh  - Tribun Jogja

Daun pepaya memang terkenal dengan rasanya yang pahit. Namun, tahukah Anda ternyata daun pepaya memiliki manfaat dan kandungan yang sangat bagus untuh kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup bagi tubuh yaitu kalsium, A, B, C , D dan E. Cara mengkonsumsi air kelapa caranya cukup mudah. Yaitu dengan meminum air rebusannya. Namun, perlu diingat air kelapa direbus dengan garam, asam jawa, dan dua gelas air mineral. Minumlah air rebusan air daun pepaya tersebut. Karena, daun pepaya bisa melancarkan menstruasi.

Air kelapa

Coba Rutin Minum Air Kelapa 6 Hari Berturut-turut, Ini Efek Positif Bagi  Kesehatan - Serambi Indonesia

Air kelapa menagndung senyawa laurat yang bisa membantu melawan berbagai macam penyakit. Air kelapa yang terkandung laurat sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Bahkan di dalam air kelapa membantu Anda dalam memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, jika Anda menginginkan mestruasi Anda lancar minumlah air kelapa.

Nah, itulah 7 cara memperlancar menstruasi Anda dengan jemu herbal. Semoga bermanfaat. (elevenia).

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP