7 Cara Melancarkan Haid dengan Langkah Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Wanita memang spesial, salah satunya adalah dengan mengalami datang bulan atau haid setiap bulannya. Namun, terkadang ada gangguan pada siklus menstruasi atau haid pada wanita. Seperti haid yang tidak sesuai dengan waktu normal. Baik haid yang terlalu cepat maupun hidup yang datang telat. Namun, Anda tidak boleh meremehkan gangguan pada siklus menstruasi Anda, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan Anda.

Bagi Anda yang haid selalu datang terlambat, Anda jangan diam saja dan segera ambil tindakan untuk mengatasinya agar siklus Anda kembali normal. Haid yang tidak lancar memiliki banyak penyebab, seperti stres, penyakit pada organ reproduksi, penurunan berat badan secara drastis, tiroid, dan juga kandungan hormon Anda tidak seimbang. Ada banyak cara untuk mengatasi siklus haid yang tidak lancar. Hal ini dapat dimulai dengan kebiasaan hidup sehat dan langkah langkah kecil yang sepele namun sangat berpengaruh.

Hidup sehat memang harus diterapkan, karena itu juga akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda. Semakin sehat kebiasaan hidup Anda, maka bisa dipastikan Anda juga akan terbebas dari gangguan penyakit. Berikut ini adalah 7 cara melancarkan haid dengan langkah awal melakukan langkah dan hidup sehat.

Cara Melancarkan Haid secara Sehat

Jus wortel

Wortel memang merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari kandungan vitamin A yang tinggi yang bisa digunakan untuk kesehatan mata. Hingga berbagai kandungan lain seperti vitamin C, kalsium, dan iron yang dapat menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh Anda. Sehingga hormon Anda tidak akan mengalami gangguan dan siklus haid Anda lancar kembali. Untuk cara penggunaan, Anda bisa mengonsumsi jus wortel dengan gula maupun tampa gula untuk melancarkan haid Anda secara efektif.

Daun pepaya

Daun pepaya memang biasa digunakan sebagai sayuran, namun daun ini memiliki rasa yang khas yaitu pahit. Namun, dibalik rasa pahit daun pepaya ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, karena daun pepaya kaya akan kandungan vitamin yang lengkap seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan juga kalsium. Cara melancarkan haid dengan daun pepaya memang sangatlah mudah, yaitu dengan meminum air rebusannya. Cara membuat air rebusan daun pepaya adalah dengan merebus daun pepaya dengan air, asam Jawa, dan juga garam. Minum secara teratur.

Air kelapa hijau

Air kelapa hijau memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah melancarkan haid Anda. Hal ini karena air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang bisa melawan berbagai penyakit.  Karena senyawa laurat bisa sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur. Air kelapa hijau juga sangat kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh lainnya. Sehingga akan memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Dengan rutin mengonsumsi air kelapa hijau maka haid Anda akan lancar.

Kunyit

Kunyit memang biasa digunakan sebagai bumbu masak, maupun tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat kunyit adalah sebagai pelancar haid. Hal ini adalah karena kandungan kurkumin pada kunyit yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi dan antioksidan. Jadi tak heran apabila banyak jamu tradisional yang menggunakan kunyit. Untuk melancarkan haid pada wanita, Anda bisa secara rutin mengonsumsi jamu tradisional yang terbuat dari kunyit, atau jamu racikan kunyit. Dengan mengonsumsi secara teratur akan memperlancar haid Anda.

Jahe

Selain kunyit, jahe juga merupakan bumbu masakan sekaligus termasuk ke dalam tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu melancarkan haid. Karena jahe mengandung minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, c, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Maka jahe bisa melancarkan haid secara alami. Cara mengonsumsinya sangat mudah, yaitu hanya dengan rajin meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari.

Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat memang sangat penting untuk memperlancar haid Anda. Karena hidup yang sehat juga berawal dari kebiasaan. Anda bisa memulai dengan kebiasaan Anda dan hanya mengonsumsi makanan yang bergizi serta sehat. Rajin berolahraga, dan banyak minum air serta makan buah dan sayur.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah kunci untuk melancarkan haid Anda. Karena itu akan menyeimbangkan hormon Anda. Sehingga tidak akan ada gangguan.

Itulah 7 cara melancarkan haid dengan langkah sehat. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA