7 Bahaya Permen Karet Tertelan Pada Anak-Anak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7-Bahaya-Permen-Karet-Tertelan-Pada-Anak-Anak[1]
Daftar Topik

Permen karet memang salah satu jenis permen. Namun, ia memiliki perbedaan dengan jenis permen-permen yang lain. Bahan-bahan yang ada di dalam permen karet memang cukup elastis dan tidak akan habis meskipun terus menerus dikunyah. Namun, Anda sebagai orang tua perlu berhati-hati jika anak sedang mengkonsumsi permen karet karena ia bisa membahayakan tubuh anak jika sampai tertelan. Dan berikut ini akan diulas mengenai bahaya permen karet tertelan pada anak-anak yang penting untuk diketahui.

Beberapa Bahaya Permen Karet Yang Tertelan Pada Anak

Menyebabkan Penyakit Crohn

Berdasarkan penjelasan dari Gerry Mullin yang merupakan salah satu professor kedokteran di RS Johns Hopkins bahwa permen karet bisa mengakibatkan munculnya penyakit Crohn atau yang biasa dikenal dengan diverticulitis. Ini bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan pada bagian usus dikarenakan memiliki potensi melewati darah yang sempit jika ukuran permen karena yang tertelan memiliki ukuran besar atau anak tersebut terlalu sering menelan permen karet.

Menyebabkan Sembelit

Selain itu, bahaya anak yang menelan permen karet adalah bisa menyebabkan sembelit. Hal ini berdasarkan pada pernyataan salah seorang dokter asal Florida bahwa permen karet yang tertelan pada anak bisa mengakibatkan ia kesulitan untuk buang air besar atau sembelit disebabkan karena permen karet tersebut menyumbat atau menghalangi bagian saluran pencernaan. Sebabnya adalah sifat dari permen karet sendiri yang cukup lengket dan bisa menempel pada bagian permukaan pencernaan Anda.

Menyebabkan Malnutrisi

Permen karet yang kebetulan tertelan pada bagian tubuh manusia bisa menyebabkan malnutrisi. Tidak sebagaimana yang diyakini orang-orang bahwa menelan permen karet tersebut bisa menyebabkan nafsu makan menurun dan turunnya berat badan. Namun, ia akan mengalami masalah pada pencernaan dikarenakan proses pencernaan itu sendiri yang cenderung lambat. Inilah yang akhirnya menyebabkan malnutrisi.

Meningkatnya Berat Badan

Bahaya permen karet tertelan pada anak selanjutnya adalah mengakibatkan berat badan yang meningkat. Sebagian orang justru berfikiran yang sebaliknya bahwa orang yang menelan permen karet bisa menurun berat badannya. Anggapan semacam ini tentu salah kaprah. Seseorang yang menelan permen karet, khususnya pada anak-anak akan menyebabkan pencernaan nya menjadi lambat prosesnya. Ini sangat berdampak pada proses metabolisme dalam tubuh sehingga bukan malah menurun berat badannya, namun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Menyebabkan Kematian

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, permen karet ternyata juga bisa berdampak pada kematian. Terlebih jika seorang anak menelannya secara sering dan terus menerus. Ia akan mengalami risiko mati mendadak akibat permen karet tersebut. Hal ini disebabkan karena sifat permen karet yang tidak untuk ditelan. Akibatnya, banyak kasus terjadi seorang anak yang menelan permen karet mengalami kematian karena tidak tertolong.

Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Bahaya lain dari anak yang menelan permen karet adalah adanya gangguan pada pencernaan. Karena permen karet sesungguhnya hanya bisa dicerna pemanisnya. Sementara sisanya tidak boleh ditelan. Nah, sisa permen karet tidak boleh ditelan karena kandungan lilin yang ada di dalamnya menyebabkan ia sulit untuk dicerna. Bahkan memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa diuraikan dalam tubuh. Nah, apabila permen karet tersebut ditelan oleh anak-anak yang notabene ukuran pencernaan nya cukup kecil, sementara ukuran dari permen karet relatif besar, maka itu akan menyebabkan pencernaan anak menjadi terganggu. Bahkan perut sang anak bisa menjadi membesar. Maka, jika kebetulan anak Anda menelan permen karet, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pelayanan yang lebih lanjut.

Menyebabkan Melemahnya Daya Tahan Tubuh

Selain itu, permen karet yang tertelan pada anak-anak ternyata juga berpotensi untuk menjadikan daya tubuhnya melemah. Akibatnya, ia akan cenderung sakit-sakitan dan kurang sehat. Ini tentu memunculkan keresahan tersendiri bagi para orang tua. Belum lagi risikonya yang menyebabkan kematian. Selain itu, anak akan cenderung untuk sulit makan dan minum lantaran pencernaan yang tidak normal tadi. Jika kondisi tubuh melemah, maka bisa menyebabkan seorang anak menjadi kritis bahkan kematian. Maka dari itu, usahakan untuk melakukan pengawasan ketat saat anak Anda sedang menguyah permen karet supaya ia tidak tertelan dan membahayakan tubuh Anda.

Itulah ulasan tentang bahaya permen karet tertelan pada anak-anak yang penting untuk menjadi perhatian setiap orang tua. Dengan mengetahui beberapa akibat dan bahaya dari permen karet tersebut, maka Anda akan lebih berhati-hati saat memberikan permen karet pada anak. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP