7 Alat Pernapasan Pada Hewan Beserta Penjelasannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Hewan juga termasuk makhluk hidup yang bernafas seperti halnya manusia, sehingga setiap hewan memiliki alat pernapasan tersendiri. Bisa dibilang alat pernapasan pada hewan ini sesuai dengan tempat tinggalnya. Dari sekian banyak jenis hewan, ada beberapa hewan yang memiliki alat pernapasan khusus seperti cacing tanah dan ikan. Tahukan Anda apa saja alat pernapasan yang ada pada hewan? Penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sistem Pernapasan Pada Serangga


Serangga termasuk salah satu hewan yang unik dan memiliki alat pernapasan berupa trakea. Adapun beberapa jenis hewan yang termasuk serangga seperti belalang, rayap, nyamuk, kupu-kupu dan lalat. Perlu diketahui bahwa alat pernapasan trakea merupakan pembuluh-pembuluh halus yang bercabang. Trakea pada burung memenuhi seluruh bagian tubuh dan bermuara di stigma.

Tahukah Anda apa itu stigma? Stigma merupakan lubang yang terletak pada sisi tubuh serangga di bagian kanan dan kiri. Dengan bentuknya yang seperti itu, stigma memiliki fungsi untuk jalan keluar masuknya udara. Keluar masuk udara pada stigma ini disebabkan karena adanya gerakan otot tubuh secara teratur.

Alat Pernapasan Pada Hewan Ikan


Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki alat pernafasan berupa insang. Lebih tepatnya alat pernafasan ini berada di sebelah kiri kepala atau sebelah kanannya. bahkan tak instan yang dimiliki ikan berjumlah 4 pasang yang mana bagian-bagian insan tersebut berbentuk lembaran. Pada proses pernapasan ikan, di lembaran insang terjadi pertukaran udara. Bahkan, ikan bisa menyimpan oksigen dan mengatur gerak karena memiliki gelembung renang. Oksigen yang didapatkan ikan berasal dari dalam air.

Ada beberapa tahap mekanisme pernapasan ikan. Pertama-tama ikan membuka mulutnya untuk mengambil air. Setelahnya air akan mengalir untuk masuk ke dalam rongga mulut dan setelahnya menuju lembaran insang. Nah, pada saat air melewati lembaran insang, maka oksigen akan diikat oleh hemoglobin darah dan saat bersamaan juga hemoglobin melepaskan karbondioksida ke dalam air.

Sistem Pernapasan Pada Burung


Burung merupakan salah satu hewan yang unik, karena memiliki kemampuan terbang jarak jauh. Hal ini dikarenakan burung memiliki otot pada dada yang bisa menggerakkan sayap ketika terbang. Sedangkan alat pernapasan yang dimiliki burung yaitu paru-paru, layaknya manusia. Namun, burung memiliki alat bantu pernafasan lain yang berupa kampung udara atau biasa disebut dengan sakus pneumatikus.

Kantong udara yang dimiliki burung berada di beberapa tempat di antaranya sebagai berikut:

  • Terletak diantara tulang selangka.
  • Terletak pada pangkal leher.
  • Depan ruang dada
  • Terletak pada ketiak dan rongga perut
  • Terletak pada bagian belakang ruang dada.

Tahukah kamu apa fungsi dari kampung udara pada burung? Perlu diketahui bahwa fungsinya untuk menyimpan cadangan oksigen, membantu pernapasan saat terbang, mencegah hilangnya panas tubuh serta memperbesar atau memperkecil berat jenis ketika berenang.

Jenis Pernapasan Pada Amfibi


Katak merupakan salah satu jenis hewan amfibi atau hewan yang menggunakan dua alat pernapasan. Ketika katak masih dalam bentuk larva, alat pernafasan yang digunakan yaitu insang luar. Sedangkan ketika sudah menjadi berudu, alat pernafasan yang digunakan adalah insang. Nah, ketika sudah tumbuh dewasa katak bisa bernafas menggunakan paru-paru dan kulit yang mengalami proses mekanisme pernapasan seperti fase inspirasi dan ekspirasi.

Sistem Pernapasan Pada Reptil


Pada jenis reptil bernapas menggunakan paru-paru adapun beberapa hewan yang masuk dalam jenis reptil diantaranya buaya ular kadal biawak dan cicak proses pernapasan pada reptil ini udara masuk melalui hidung setelahnya masuk ke batang tenggorokan dan menuju paru-paru nah pada paru-paru inilah nanti oksigen akan diserap dan secara bersamaan paru-paru akan mengeluarkan karbondioksida.

Sistem Pernapasan Pada Mamalia


Alat pernapasan pada hewan mamalia hampir sama dengan manusia. Marena hewan ini hidup di dua dunia yaitu di darat dan di air. Ketika di daratan, pernapasannya hampir sama dengan manusia, mulai dari hidung, pangkal tenggorokan, batang tenggorokan, dan paru-paru. Sedangkan ketika hidup di air alat pernafasan yang digunakan adalah paru-paru. Namun, pada hidung hewan mamalia ini dilengkapi dengan katup yang akan tertutup ketika di dalam air.

Sistem Pernapasan Pada Cacing Tanah


Alat pernapasan pada hewan yang selanjutnya yaitu cacing tanah. Yang mana hewan ini menggunakan permukaan tubuhnya untuk bernafas, karena kulit cacing tanah sangatlah tipis. Bahkan, pada permukaan kulit cacing tanah ini terdapat pembuluh darah dalam jumlah yang banyak. Ketika kita melihat cacing tanah, biasanya terlihat basah dan lembab. Hal ini dikarenakan kulit cacing tanah menghasilkan lendir. dengan kondisi tersebut cacing tanah akan lebih mudah menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

Bagaimana, sekarang Anda sudah paham kan mengenai alat pernapasan pada hewan? Sebenarnya masih banyak hewan-hewan dengan alat pernapasannya yang perlu diketahui. Setidaknya 7 alat pernapasan tersebut bisa memberikan tambahan ilmu. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA!

7 Contoh Akulturasi dan Asimilasi dalam Kehidupan

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA