6 Penyakit di Musim Hujan yang Biasa Menyerang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Tak bisa di pungkiri jika pada saat musim hujan tiba akan muncul berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerang. Apalagi di Negara Indonesia ini hanya memiliki 2 musim dimana pada saat musim hujan nanti pasti akan sangat banyak penyakit yang muncul. Umumnya pada saat musim hujan penyakit akan banyak di derita oleh anak- anak. Namun, tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa bisa terkenal penyakit pada musim hujan.

Untuk itulah, sangat penting bagi Anda dan keluarga untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan meminum vitamin agar nantinya sistem imun bisa lebih baik. sebenarnya apa saja sih penyakit di musim hujan yang biasa menyerang?, untuk itu simak ulasan berikut ini:

Sakit demam

Demam ini akan diawali dengan gejala seperti flu oleh karenanya jika Anda sudah merasakan flu maka segera di obati karena jika tidak akan mengalami demam yang sangat mengganggu. Banyak orangtua panik jika anak mengalami demam. Sebagai pertolongan pertama, umumnya diberikan obat penurun panas yang berbahan dasar kimia obat-obatan yang mungkin anak akan tidak cocok dengan obat tersebut. Anda pun dapat menggunakan obat demam anak yang tradisional dan juga terkenal dengan khasiatnya yang mujarab.

Penyakit flu

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan. Masa inkubasi virus flu termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala hanya dalam waktu satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi.

Penyakit batuk

Penyakit di musim hujan yang sering menyerang adalah batuk. Batuk bukan hanya menyerang anak- anak, apalagi pada saat musim hujan maka batuk bisa menyerang orang dewasa. Jika saat malam hari batuk akan semakin menjadi- jadi karena tenggorokan akan terasa gatal. Batuk adalah sebenarnya suatu respon dari saluran pernafasan terhadap benda asing yang masuk melalui pernafasan. Batuk sendiri terdiri dari batuk yang berdahak atau batuk yang kering. Dan batuk yang berdahak ini biasanya terjadi karena adanya infeksi pada saluran napas yang membuat sekresi secret atau biasa disebut dengan dahak. Batuk juga dapat menular dengan melalui udara.

Demam berdarah dengue

Demam dengue adalah demam yang muncul dikarenakan infeksi virus dengue. Virus dengue inilah yang menimbulkan penyakit ini karena memiliki banyak strain atau tipe virus dengue. Penyakit ini umumnya menyerang orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun. Akan tetapi, kekebalan terhadap jenis virus dengue yang pernah menyerang tidak berlaku pada tipe virus dengue yang lain, sehingga orang tersebut bisa saja terserang demam dengue kembali. Daerah yang banyak terkena demam dengue adalah daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis seperti Asia pada saat musim hujan.

Penyakit malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk. Penderita yang mengalami infeksi malaria ini dapat terjadi hanya dengan satu gigitan pada nyamuk. Dan apabila penderita tidak ditangani dengan benar maka penderita penyakit ini bisa sampai meninggal. Untuk penyakit malaria memang sangat jarang sekali menyebar dari satu orang ke satu orang lainnya. untuk penyakit malaria ini akan menyebar dan menular melalui kontak secara langsung dengan penderita malaria, kemudian janin yang masih dalam kandungan juga dapat terkena jika sang ibu terkena malaria.

Penyakit diare

Diare adalah suatu kondisi dari feses yang mengalami perubahan menjadi encer yang dibuang degan frekuensi yang sangat besar jika di bandingkan dengan biasanya. Diare ini biasanya akan menyerang jika penderita mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang sudah terkontaminasi bakteri dan juga virus dari diare dan diare yang menyerang ini biasanya akan memakan waktu hingga beberapa waktu. Untuk di Indonesia sendiri diare adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat banyak di derita masyarakat. Bahkan badan kesehatan di Indonesia menyatakan bahwa diare ini menduduki urutan yang ketiga belas yang dapat menyebabkan kematian dan sedangkan dalam kategori tercepat dalam penularan diare menduduki urutan yang ketiga.

Nah, itulah sekilas info yang dapat di berikan kepada Anda mengenai penyakit di musim hujan yang biasa menyerang. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA