6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia, Sudah Tahu?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
6520-penjajah
Daftar Topik

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia – Berbicara tentang penjajahan, akan mengingatkan kita pada perjuangan bangsa Indonesia. Sejarah dari perjuangan Indonesia dalam melawan penjajah itu sangatlah panjang. Pejuang  bangsa Indonesia dalam melawan para penjajah mereka berjuang dengan mengorbankan darah dan nyawanya demi meraih kemerdekaan Indonesia. Tahukah kamu kalau Indonesia tidak hanya dijajah oleh satu atau dua negara saja? Tetapi yang menjajah Indonesia ada enam negara.

Lalu, negara apa saja yang pernah menjajah bangsa Indonesia? Temukan jawabannya di ulasan Blog elevenia yang satu ini!

6 Negara yang Pernah Menjajah Bangsa Indonesia

1. Portugal (1509 – 1595)

negara-yang-pernah-menjajah-indonesia-portugalPortugal merupakan negara pertama yang menjajah bangsa Indonesia. Portugal merupakan negara dari benua Eropa, tepatnya Eropa Barat. Negara ini berbatasan langsung dengan Spanyol. Portugal sendiri pertama kali datang untuk menjajah bangsa Indonesia pada tahun 1509. Alfonso de Albuquerque merupakan tokoh yang penting pada saat masa penjajahan itu.

Portugal mendatangi Kota Maluku dan melanggar semua aturan dari kerajaan Maluku. Pelanggaran itu dilakukan dengan monopoli yang tidak baik.

Awalnya, Portugal berniat menjajah seluruh wilayah nusantara Indonesia. Tetapi pada akhirnya negara ini dikalahkan oleh Negara Belanda di tahun  1602. Akhirnya Portugal pun menyerah dan mengakhiri penjajahan tersebut.

2. Spanyol (1521 – 1692)

spanyol

Spanyol merupakan negara kedua yang pernah menjajah bangsa Indonesia. Spanyol merupakan Negara yang bertetangga dengan Portugal. Spanyol menjajah bangsa Indonesia yaitu pada tahun 1521. Tujuan dari Negara Spanyol menjajah bangsa Indonesia yaitu untuk memperoleh hasil rempah-rempah terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia. Pada saat itu, Spanyol ini bersaing denganPortugal.

Saat itu, Spanyol  juga ingin melakukan perlawanan dengan Kerajaan Ternate yang berada dibawah sekutu Portugal. Karenanya, Spanyol bekerjasama dengan Kerajaan Tidore. Namun pada tahun 1583 diadakan sebuah perjanjian Saragosa. Perjanjian berisi bahwa Spanyol mendapatkan Filipina sementara Negara Portugal mendapatkan Maluku.

Selain itu, Spanyol juga pernah menjajah pulau Sulawesi. Tepatnya di wilayah Sulawesi Utara pada tahun 1617. Akan tetapi, penjajahan itu berakhir karena Spanyol berhasil diusir pada tahun 1692.

3. Belanda (1602 – 1942)

negara-yang-pernah-menjajah-indonesia-belandaBelanda  merupakan negara ketiga yang pernah menjajah bangsa Indonesia. Belanda adalah negara yang paling lama dalam menjajah bangsa Indonesia yaitu  selama 346 tahun. Belanda menjajah bangsa Indonesia dengan tujuan untuk mendapatkan rempah-rempah . Dari tahun 1602, Belanda sudah mulai menguasai beberapa wilayah di Indonesia. Yaitu Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Pulau Sumatera dan Pulau Papua.

Selama menjajah Negara Indonesia, Belanda berhasil membuat kongsi dagang dan dikenal dengan VOC. Namun VOC bubar dengan alasan yang tidak jelas di tahun 1799.

4. Prancis (1806-1811)

prancis

Negara keempat yang pernah menjajah bangsa Indonesia adalah Prancis.  Pada tahun 1806, Prancis mulai menjajah bangsa Indonesia. Pada saat itu Belanda mengalami krisis yang disebabkan kongsi perdagangan yang dibentuk. Sehingga Belanda kalah dengan Prancis. Semua wilayah yang dikuasai oleh belanda berhasil dikuasai oleh Prancis. Pada tahun 1808 kerajaan Prancis mengirim Daendels dan menjadikannya sebagai gubernur di Indonesia.

Tapi pada akhirnya Prancis berhasil dikalahkan oleh Inggris dan wilayah yang dikuasai Perancis diserahkan kepada Inggris yaitu Pulau Jawa.

5. Inggris (1811-1816)

negara-yang-pernah-menjajah-indonesia-inggris

Negara kelima yang menjajah bangsa Indonesia ialah Inggris. Inggris yang dipimpin oleh Stamford Raffles berhasil menjajah Indonesia di bagian wilayah pulau Jawa. Pada saat itu, Inggris menghapuskan  adanya monopoli dan perbudakan sehingga membawa perubahan bagi bangsa Indonesia. Akhirnya antara Belanda dan Inggris memiliki konflik. Pada akhirnya, keduanya membuat sebuah perjanjian yang berisi bahwa Belanda harus menguasai Pulau Jawa kembali.

6. Jepang (1942 – 1945)

jepangNegara terakhir yang menjajah bangsa Indonesia yaitu Negara Jepang. Negara Jepang datang ke Indonesia dengan tujuan untuk membantu agar Indonesia merdeka. Tetapi, tanpa diketahui bangsa Indonesia, Jepang mendirikan organisasi militer yang bertujuan untuk melawan Negara Amerika  Serikat. Di tahun 1945, dimana tahun ini menjadi tahun untuk merdekanya indonesia, Negara Amerika Serikat dengan sekutunya menjatuhkan bom Hiroshima dan Nagasaki.

Karena  Jepang sudah dikalahkan, akhirnya Jepang memenuhi janjinya kepada Indonesia yaitu sesuai tujuan awal untuk  membantu agar Indonesia merdeka. Jepang lalu menyerahkan diri di tanggal 15 Agustus 1945. Dengan begitu, berakhir sudah penjajahan Jepang di  Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus, Indonesia memproklamirkan kemerdekaanya kepada dunia.

Nah, itulah daftar 6 nama Negara yang pernah menjajah Indonesia. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan dan kecintaan kita terhadap Tanah Air, ya.   

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP