6 Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Penderita Stroke

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
terapi-untuk-stroke[1]
Daftar Topik

Pada umunya, makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita stroke merupakan makanan yang mengandung banak serat dan dapat menyerap kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan angka kematian tertinggi di dunia. Biasanya penyakit ini banyak diderita oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Pada awalnya, stroke ditandai dengan putusnya aliran darah dari jantung yang menuju otak. Hal ini menyebabkan otak akan mengalami kematin sesaat karena semual sel yang ada dalam otak akan berhenti berfungsi. Selain itu, otak juga akan mengalami kekurangan oksigen dan kadar gula yang akan menyebabkan terjadinya kematian. Oleh karena itu, banyak orang yang mengalami stroke kehilangan daya ingat dan berbagai kemampuan fisik yang lainnya.

Gejala Serangan Stroke

Jika kita mengenali apa saja gelaja penyakit stroke, kita dapat meringankan risiko stroke yang lebih berat. Umumnya stroke ditandai dengan adanya beberapa gejala seperti berikut ini:

  • Penderita stroke akan mengalami kelemahan pada wajah, kaki dan tangan. Ada pula penderita yang merasa mati rasa pada sebelah anggota tubuhnya.
  • Penderita akan kehilangan kemampuan melihat pada satu atau bahkan dua mata sekaligus.
  • Penderita akan mengalami kesulitan ketika berbicara dan berkomunikasi.
  • Penderita akan mengalami sakit kepala yang parah tanpa adanya gejala apapun sebelumnya.
  • Tubuh penderita stroke akan menjadi tidak stabil sehigga sering membuatnnya terjatuh.

Penanganan yang dilakukan pada penderita stroke ternyata bermacam-macam. Biasanya terapi fisik dilakukan untuk memancing sistem kerja otot agar pulih seperti sebelumnya. Selain itu, sangat penting bagi penderita stroke untuk mempertimbangkan asupan makanan yang sehat. Berikut ini merupakan makanan yang bisa dikonsumsi oleh seorang penderita stroke.

6 Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Penderita Stroke

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan olahan yang terbuat dari biji gandum. Kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan ini terdiri dari lemak, protein dan kalori. Satu cangkir oatmeal terdapat 6 gram protein. Kandungan nutrisi yang terdapat pada oatmeal berfungsi untuk memasok energi yang sangat diperlukan oleh tubuh, membantu proses penyerapan vitamin, menjadi persediaan cairan, dan memperbaiki jaringan sel dan struktur tubuh.

Selain itu, ternyata oatmeal juga bisa kita konsumsi sebagai pengganti nasi putih karena kandungan karbohidrat komplek dan seratnya yang sangat mudah dicerna. Serat yang terkandung di dalam oatmeal akan membantu proses penyerapan kolesterol di dalam darah dan pengaturan kadar gula dalam darah.

Roti Gandum

Kamu mungkin tidak mengenal makanan yang satu ini. Akan tetapi, pada dasarnya roti gandum memiliki rasa yang lezat sebagaimana jenis roti lain yang terbuat dari bahan tepung. Roti gandum juga ternyata bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh para penderita stroke.

Kandungan gizi terbaik yang terdapat pada roti gandum adalah serat, karbohidrat, vitamin E, protein, omega 3 dan asam folat. Kandungan omega 3 yang terdapat pada roti gandum memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu, ternyata omega 3 juga berperan untuk meningkatkan regenerasi sel-sel pada otak.

Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk para penderita stroke. Selenium yang terkandung dalam beras merah dapat membantu untuk mencegah serangan stroke ulang. Selain itu, beras merah juga mengandung mangan, serat dan antioksidan. Kandungan mangan yang terdapat dalam beras merah dapat membantu proses sintesis lemak yang ada di dalam tubuh dan mengaktifkan sistem saraf.

Pepaya

Karena buah pepaya tidak mengandung kolesterol, maka buah ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita stroke. Selain itu, pepaya juga merupakan buah yang mengandung kalori yang cukup rendah.

Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah untuk kita dapatkan. Buah pisang memang tidak memiliki harga jual yang tinggi, namun manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah ini ternyata cukup besar terutama bagi para penderita stroke. Di dalam buah pisang terkandung banyak sekali kalium yang memiliki peran yang penting untuk menjaga denyut jantung. Selain itu, dalam buah ini juga terkandung banyak potassium sebagai pengganti cairan tubuh. Kandungan potassium dan kalium yang terdapat dalam buah pisang dapat membantu mengatur tekanan darah, sehingga sangat bermanfaat bagi para penderita stroke.

Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung senyawa licopen yang berfungsi mencegah radikal bebas. Selain itu, senyawa licopen yang terkandung dalam tomat juga bermanfaat untuk mengendalikan proses peradangan dan kolesterol buruk yang ada di dalam tubuh. Pada sebuah penelitian yang telah dilakukan di Universitas Harvard, menyatakan bahwa senyawa licopen yang terkandung dalam juga bisa mencegah terjadinya pembekuan darah yang sangat membahayakan bagi penderita stroke. Oleh karena itu, tomat dapat menjadi makanan yang baik bagi para penderita stroke karena penggumpalan darah.

Itulah beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh penderita stroke. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA