6 Macam Nama Bumbu Dapur Beserta Manfaatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Nama-Bumbu-Dapur[1]
Daftar Topik

Kelezatan setiap hidangan tergantung dari komposisi bumbu yang digunakan, benar kan? Ada banyak berbagai bumbu yang bisa kamu gunakan untuk menambah nikmat dan variasi rasa di masakanmu. Setiap campuran komposisi menghasilkan rasa hidangan yang berbeda, begitu pula makanan khas Indonesia. Yang memiliki rasa unik khas masing-masing dari setiap daerah.

Sekarang banyak ditemukan variasi bumbu yang beragam dan tentunya menghasilkan resep makanan bermacam-macam dari rasa, bentuk, maupun manfaatnya. Berbicara manfaat, bumbu dapur juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh khususnya manfaat kesehatan. Apa aja nama bumbu dapur beserta manfaatnya? Simak yuk, deretan bumbu dapur dan manfaatnya berikut:

Bawang Merah dan Bawang Putih

Siapa sih yang tidak mengenal nama bumbu dapur yang satu ini? bumbu dapur yang populer juga dengan dongeng terdahulu ini yaitu bawang merah dan bawang putih. Hampir semua masakan menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Dua bumbu ini akan memberikan aroma harum dan gurih ketika masakan ditumis.

Selain memberikan rasa nikmat pada masakan, bumbu ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian, bawang merah bisa mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan bawang putih,  sulfur aktif yang mampu mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Bawang Bombay

Bumbu Bawang bombay hampir sama dengan bawang putih dan bawang merah namun memiliki ukuran yang lebih besar. Bawang bombay memiliki dua jenis warna yaitu merah dan kuning. Meskipun tidak beraroma sekuat bawang merah, bawang bombay bisa digunakan kedalam masakan sehingga semakin sedap.

Bawang Bombay juga bermanfaat untuk kesehatan juga, lho. Bawang bombay bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat mencegah kanker serta radikal bebas didalam tubuh. Kandungan folat didalam bawang bombay mampu mengurangi depresi dan membuat mood kamu menjadi lebih baik.

Cabai atau Lombok

Indonesia terkenal juga dengan kulinernya yang memiliki sensasi pedas, salah satunya dengan menambahkan cabai kedalam hidangannya. Ada berbagai jenis cabai tergantung dari tingkat rasa pedasnya. Jika ingin merasakan pedas yang tinggi, kamu bisa menambahkan cabai jenis rawit dan burung. Sebagai alternatif lain bisa menggunakan cabai keriting.

Dalam penggunaannya, kamu bisa menumbuk cabe atau mengirisnya untuk menambah sensasi pedas dimasakanmu. Cabe juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan meningkatkan imunitas. Namun perlu diingat untuk tidak terlalu banyak makan cabai karena tidak baik untuk kesehatanmu, sesuatu yang berlebihan memberikan efek yang tidak baik pula.

Baca Juga: 5 BUMBU PALING SEHAT DAN LEZAT YANG BAIK UNTUK TUBUH

Asam Jawa

Bumbu dengan rasa masam ini berasal dari daerah yang sesuai dengan namanya, yaitu pulau Jawa. Asam jawa memiliki ciri-ciri daging dan kulit yang berwarna cokelat. Asam jawa ditambahkan ke hidangan untuk menambahkan rasa masam. Salah satu masakan yang menggunakan asam jawa adalah sayur asam.

Air rendaman asam jawa bisa digunakan untuk campuran bumbu hidanganmu. Bumbu yang satu ini juga bermanfaat untuk tubuh, yaitu mampu memperbaiki pencernaan. Kandungan asam hidroksi sirat atau HCA mampu membantumu menurunkan berat badan dengan cara menghambat penyimpanan lemak didalam tubuh.

Serai

Serai atau biasa disebut sereh adalah salah satu bumbu dapur yang dimanfaatkan untuk mengharumkan masakan. Harumnya segar ketika ditumis dan mampu meningkatkan keharuman bumbu lain yang ditumis bersama. Selain sebagai bumbu, serai juga bisa digunakan sebagai aroma minuman.

Sereh biasanya dikeprek atau dimemarkan dahulu sebelumnya dicampur dengan bahan yang lain. Tanaman sereh juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Sereh juga memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu mampu menurunkan tingkat gula darah dan mengatasi insomnia serta menjaga kesehatan mulut kamu.

Merica

Sudah tidak asing lagi jika kita memasak dengan menambahkan merica. Merica memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas serta mampu menghangatkan. Untuk mendapatkan rasa yang pedas namun tidak sepedas cabai, kamu bisa menambahkan merica pada masakanmu. Merica harus dihaluskan dahulu sebelum digunakan

Selain sebagai bumbu dapur, merica juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Bumbu yang bisa disebut lada ini mampu meredakan hidung tersumbat karena mengandung dekongestan. Karena memiliki antibakteri, merica juga mengandung antiradang yang mampu mengurangi rasa nyeri dan peradangan bagi penderita arthritis.

Itulah 6 nama bumbu dapur beserta manfaatnya mulai dari manfaat untuk masakan serta kesehatan tubuh. Kamu tidak perlu bingung dan repot menentukan bumbu yang tepat untuk masakanmu. Kamu juga dapat bereksperimen dengan rasa dari campuran berbagai komposisi bumbu dapur.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA