6 Langkah Mudah Membuat Pasir Kinetik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Membuat-Pasir-Kinetik[1]
Daftar Topik

Pastinya Anda sudah tidak asing bukan dengan yang namanya mainan pasir kinetik? Permainan pasir kinetik adalah salah satu mainan  anak yang digunakan sebagai salah satu satu media permainan edukatif. Pasir kinetik bisa menumbuhkan manfaat untuk anak loh. Misalnya saja untuk melatih imajinasi media sensory play hingga mengasah gerak motorik pada anak. Bagi Anda yang ingin memfasilitasi anak dengan mainan pasir kinetik. Maka Anda bisa membuat pasir kinetik sendiri di rumah dengan aneka bahan sederhana dan simpel lho. Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Membuat Pasir Kinetik


Membuat pasir kinetik memang tidak sulit. Namun, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara membuat pasir kinetik dengan tepat. Pasir kinetik yang salah dalam membuatnya bisa membahayakan anak.Pasalnya pasir kinetik yang Anda hasilkan nanti bakalan digunakan anak dalam bermain. Makanya guna bisa menghasilkan pasir kinetik yang tepat maka simak ulasan berikut dibawah ini beberapa cara membuat pasir kinetik yang sangat mudah:

Pasir Kinetik Menggunakan Tepung Kanji dan Pasir

Untuk membuat pasir kinetik dari tepung kanji dan pasir. Siapkan 6 gelas pasir bersih, satu setengah gelas air mineral, dan 3 gelas tepung kanji. Cara membuatnya yaitu campurkan semua bahan bahan kering terlebih dahulu. jangan lupa menyaring pasirnya terlebih dahulu supaya menghasilkan pasir yang halus. Lalu masukkan sedikit air guna menghasilkan tekstur yang tidak terlalu cair. Aduklah semua bahan secara terus-menerus sampai semua bahan tercampur rata.

Pasir Kinetik dengan Menggunakan Tepung dan Baby Oil

Untuk membuat pasir kinetik dengan menggunakan baby oil dan tepung. Yaitu siapkan 9 gelas tepung terigu dan 1 seperempat gelas baby oil. Cara menggunakan pasir kinetik dengan bahan tersebut sangatlah mudah. Pertama  siapkan tepung terigu kemudian campur kan baby oil. Campurkan dengan cara sedikit demi sedikit untuk menghasilkan tepung yang teksturnya halus dan pass. Sehingga semua bahan bisa tercampur secara merata.

Minyak Sayur dan Tepung Kanji

Anda juga bisa memanfaatkan minyak sayur dan tepung kanji untuk menghasilkan pasir kinetik. Siapkan  tiga seperempat cangkir minyak sayur dan 4 cangkir tepung kanji juga. Kemudian aduk rata semua bahan sampai tercampur semua.

Membuat Pasir Kinetik dengan Pasir dan Tepung Maizena

Bahan Pasir Kinetik yang harus Anda siapkan:  yaitu Pasir bersih 1 cup, Sabun cair 1 sdt, Tepung maizena 1 1/2 sendok makan, Air secukupnya, Pewarna makanan sesuai selera.

Langkah-langkah Membuat Pasir Kinetik dengan Pasir dan Tepung Maizena:

Pertama, bersihkan pasirnya terlebih dahulu sebelum digunakan . kedua, pasir yang sudah dikeringkan  bisa Anda campurkan dengan tepung maizena .Ketiga berikan sabun cair atau sejenisnya untuk memberikan bau dan aroma pada pasir. Tambahkan air secukupnya dan aduk hingga tercampur rata. Terakhir, campur dengan pewarna makanan hingga warna pair merata. Dan diamkan satu jam sampai dua jam

Dan setelah dua jam pasir kinetik siap untuk dimainkan.

Pasir Kinetik Aman buat Anak

Pasir kinetik disebut juga dengan pasir ajaib. Pasalnya pasir kinetik terbuat dari pasir dan bisa digunakan untuk mengasah kekreatifitasan anak . pada pasir kinetik ada jaminan non-toxic dan antibakterinya jika berasal dari luar negeri. Jadi, akan lebih amannya jika Anda membuat pasir kinetik  sendiri.

Membuat Sendiri Pasir Kinetik Anak di Rumah

Anda tentu sudah pada tau tentang pasir kinetik bukan? ini adalah salah satu mainan populer saat ini. pasir kinetik adalah mainan pasir anak yang mempunyai bentuk mirip seperti pasir pantai asli nan ajaib. namun ada yang unik dari pasir kinetik yaitu teksturnya lebih halus.

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat pasir kinetik adalah:

  • 3 cangkir tepung kanji
  • 1 ½ cangkir air
  • 6 cangkir pasir bersih dan halus

Cara pembuatan pasir kinetik adalah:

Pertama tuangkan 1 ½ air ke dalam mangkuk besar.. Gunakan pasir kinetik dengan mangkuk yang terbuat dari plastik bukan dari porselin. Kemudian masukkan 3 cangkir tepung kanji ke dalam air plus di aduk rata sampai gumpalan dalam tepung hilang. karena tepung kanji memiliki tekstur yang menggumpal. Lalu, tuang pasir.!

Nah, itulah ulasan mengenai cara membuat pasir kinetik yang bisa Anda coba. Ciptakan kebahagiaan dengan si kecil dan keluarga Anda dengan bermain pasir kinetik. Semoga artikel bermanfaat dan terimakasih.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP