6 Lagu Rock Barat Paling Ikonik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
6-Lagu-Rock-Barat-Paling-Ikonik[1]
Daftar Topik

Musik adalah salah satu seni yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Jika tidak mendengarkan musik atau tidak menyanyi ketika di kamar mandi atau ketika sambil bersantai dalam sehari saja pasti sangat aneh. Musik sendiri memiliki berbagai aliran dan juga genre, mulai dari yang hanya instrumental kemudian ke genre pop, rock, dangdut, jazz, dan sebagainya.

Salah satu genre yang banyak disukai orang adalah rock. Membahas tentang lagu rock, ada beberapa lagu rock barat paling ikonik dan melegenda sepanjang masa, diantaranya sebagai berikut :

The Beatles – Hey Jude (1968)

Yang pertama adalah lagu rock barat yang paling ikonik di tahun 60-an. Yaitu salah satu lagu dari band yang berasal dari Liverpool, Inggris, The Beatles. Lagunya yang bertajuk Hey Jude sangat sukses dan booming sejak awal peluncurannya bahkan hingga saat ini pun lagu ini masih dikenal dan disukai oleh banyak orang.

Lagu Hey Jude ini pada awalnya diciptakan untuk Julian, anak John dan tujuannya adalah untuk menghiburnya dari kesedihan karena perceraian orang tuanya. Kesuksesan lagu ini dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang diraih, misalnya penghargaan Grammy untuk kategori Lagu Tahun Ini. Yang kedua adalah penghargaan Grammy juga untuk kategori Rekaman Terbaik Tahun ini dan yang ketiga adalah penghargaan Grammy untuk Penampilan Pop Terbaik oleh Duo atau Grup disertai Vokal.

Led Zappelin – Stairway To Heaven (1971)

Lagu rock yang paling ikonik selanjutnya adalah dari Led Zappelin yang berjudul Stairway To Heaven yang dirilis pada 1971. Lagu ini terkenal karena vokal dan gaya bernyanyi vokalisnya yang unik. Selain itu pada lagu ini juga memiliki iringan gitar yang kompleks dan apik.

Kepopuleran lagu rock ini juga ditandai dengan didapatkannya penghargaan Grammy Hall of Fame. Selain itu lagu ini juga disebut-sebut sebagai lagu yang menjadi inspirasi dan pengaruh terhadap lagu-lagu rock yang ada setelahnya.

Queen – Bohemian Rhapsody (1975)

Tak lain dan tak bukan, lagu rock barat paling ikonik pada tahun 70-an adalah lagu yang terlahir dari band rock legendaris, Queen. Lagu yang berjudul Bohemian Rhapsody sangat populer dari awal dirilis hingga saat ini. Tidak hanya unsur rock yang ada pada lagu ini tetapi juga ada unsur balad dan juga opera yang menjadikan lagu ini dikagumi banyak orang.

Tak hanya unsur musiknya yang kaya, lagu ini juga diperkuat karena vokal yang theatrikal khas vokalisnya dan juga dilengkapi permainan gitar yang mengagumkan. Oleh karena itu, lagu ini juga mendapatkan penghargaan oleh Grammy untuk kategori Penampilan Pop Terbaik oleh Duo atau Grup disertai Vokal pada masanya.

Guns N’ Roses – Sweet Child O’ Mine (1987)

Beralih ke tahun 80-an, lagu rock yang paling ikonik pada saat itu adalah Sweet Child O’Mine. Lagu tersebut adalah lagu dari band Gun N’ Roses yang dirilis pada tahun 1987. Pada masanya, lagu ini berhasil menyabet dua penghargaan bergengsi. Yang pertama adalah pemenang kategori Video Rock Terbaik pada MTV Music Video Award dan yang kedua adalah Favorite Pop/Rock Single pada American Music Award.

Nirvana – Smells Like Teen Spirit (1991)

Pada tahun 90-an lagu rock barat yang sangat ikonik adalah Smells Like Teen Spirit oleh Nirvana. Lagu tersebut dirilis pada tahun 1991 dan langsung mendapat perhatian yang luar biasa oleh banyak orang. Lagu ini sangat terkenal karena tabuhan drum pada musiknya yang sangat energik dan juga suara distorsi gitar yang kotor.

Coldplay – Clocks (2002)

Beralih ke awal tahun 2000-an, lagu rock yang legit pada saat itu asalah Clocks oleh Coldplay. Lagu tersebut berhasil membuat banyak orang kagum hingga mengantarkannya ke posisi sembilan pada daftar tangga lagu di UK dan juga di Billboard Modern Rock Tracks pada posisi yang sama. Selain musik dan lirik yang sangat menarik, hal spesial lain adalah lagu ini diciptakan oleh semua anggota Coldplay pada saat itu.

Jadi itulah beberapa lagu rock barat paling ikonik, melegenda, dan populer sepanjang masa. Hampir semua musisi rock tanah air maupun manca negara dan pecinta lagu rock mengetahui lagu-lagu tersebut. lagu-lagu tersebut juga banyak menjadi inspirasi bagi sebagian besar musisi genre rock. Bila kamu salah satu yang mulai tertarik dengan genre rock, coba dengarkan lagu di atas. Mungkin kamu akan suka dan terinspirasi menciptakan lagu yang tak kalah kerennya.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA