6 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
daerah-penghasil-kopi-terbaik-di-indonesia
Daftar Topik

6 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia – Siapa sih orang yang tidak kenal dengan minuman hitam yang satu ini? Kopi sendiri merupakan salah satu komoditas pertanian sedang populer belakangan ini. Khususnya di negara kita.

Umumnya, kopi di Indonesia dibagi menjadi 4 jenis utama yaitu liberika, ekselsa, robusta serta arabika. Diantara semuanya, kopi robusta dan arabika lah yang paling banyak ditemukan.

Sejarah telah mencatat bahwa tanaman kopi di dunia ini pertama kali ditanam oleh masyarakat Ethiopia pada abad ke-9. Sedangkan perdagangan kopi  dilakukan bangsa Arab. Hal ini lah yang membuat persebarannya semakin meluas sampai Afrika Utara, Eropa dan akhirnya tiba di Indonesia.

Namun, dari semua daerah di Indonesia, daerah mana yang menjadi daerah penghasil kopi terbaik? Kali ini, Blog elevenia akan mengulasnya secara lengkap, nih.

6 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia yang Wajib Diketahui

daerah-penghasil-kopi-terbaik-di-indonesia1

Produksi kopi di Indonesia tersebar mulai dari Indonesia bagian barat sampai bagian timur. Ini dia 6 daerah penghasil kopi terbaik yang wajib kamu ketahui.

1. Aceh

Daerah penghasil kopi yang pertama adalah Gayo yang ada di Provinsi Aceh. Kopi Gayo ini memiliki ciri khas sendiri yakni tingkat kekentalannya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu, tingkat keasaman pada kopi Gayo juga seimbang.

Karena keunggulannya tersebut, tak  jika heran kopi ini memperoleh Fair Trade Sertificate™ tanggal 27 Mei 2010. Sertifikat tersebut berasal dari organisasi internasional Fair Trade. Kopi Gayo juga masuk dalam nominasi kopi terbaik dunia pada International Conference on Coffee Science di Bali pada Oktober 2010 lalu.

Kopi Gayo disajikan dengan cara yang unik pula yakni berdasarkan kebiasaan masyarakat Aceh. Yaitu menyeduh kopi terdapat di dalam panci sampai mendidih. Setelah itu, kopi disajikan ke dalam gelas menggunakan gula dan susu.

2. Toraja

Berikutnya adalah Toraja, sebuah dataran tinggi yang ada di Sulawesi Selatan. Perbedaan antara kopi Toraja dan kopi lain ialah rasanya yang tidak pahit. Sebenarnya rasa kopi Toraja seperti kopi Sulawesi pada umumnya. Yakni punya rasa khas hutan dan tanah yang memiliki kandungan asam rendah.

Hal tersebut terjadi karena proses pembentukan biji kopinya dilakukan dengan menggunakan teknik tertentu. Sebagian besar lokasi yang biasa dipakai untuk budidaya kopi Toraja yaitu Tana Toraja dan pegunungan Toraja Utara di Sulawesi Selatan. Tujuan ekspor kopi Toraja ini yaitu Jepang serta Amerika serikat.

3. Flores

Selanjutnya ada Flores. Kopi Flores memiliki keasaman yang rendah serta tingkat kekentalannya yang tinggi. Perbedaan kopi ini dengan kopi lainnya ialah dua rasa utamanya. Yaitu vanili dan coklat dengan sensai karamel.

Kopi Flores atau Bajawa ditanam di daerah Bejawa yang merupakan dataran tinggi yang ada di pegunungan Flores. Sedangkan tujuan ekspor utama kopi ini ialah Amerika serikat.

Baca juga: 7 Manfaat Kopi Pahit Bagi Kesehatan

4. Jawa Timur

Daerah berikutnya ialah Jawa Timur. Umumnya, kopi yang dihasilkan merupakan kopi robusta. Kopi ini paling banyak ditanam di berbagai daerah. Seperti Blewan, kayumas dan Dampit. Sedangkan daerah lainnya seperti di Jember dan Banyuwangi terdapat kebun kopi robusta maupun arabika.

Ciri khas dari kopi Jawa ini ialah tingkat kekentalan serta keasamaan medium, aromanya yang bagus dan rasanya yang seimbang. Tujuan ekspor utama kopi ini ialah Eropa dan Amerika serikat.

5. Lampung

Selain Aceh, Lampung juga merupakan daerah penghasil kopi yang ada di Pulau Sumatera. Kopi Lampung sendiri merupakan jenis kopi robusta.

Adapun ciri khas dari kopi daerah ini ialah aromanya yang lembut dengan rasa yang cukup kuat. Pada tahun 2020, Lampung dinobatkan sebagai daerah penghasil kopi kedua terbesar di Indonesia. Menarik, ya.

6. Kintamani

Daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia yang terakhir yaitu Bali. Tepatnya Kintamani yang terkenal dengan kopi Kintamani. Tingkat kekentalan serta kesamaan pada kopi ini tergolong sedang.

Kopi Kintamani ini punya dua rasa utama yakni floral dan jeruk. Tujuan ekspor utama dari kopi Kintamani ialah Arab, Eropa, Australia serta Jepang.

Nah, itu dia info seputar daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia yang harus kamu tahu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menggali pengetahuan kita.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP