6 Ciri-Ciri Tanah Aluvial Plus Manfaatnya

tanah alluvial tanah endapan

Bumi ini memang sangat luas sehingga tidak heran jika ada banyak jenis tanah yang tersebar di berbagai belahan bumi. Dalam hal ini ada salah satu jenis tanah yang di sebut dengan tanah aluvial. Nama tanah ini memang cukup terkenal dan mungkin tidaklah asing bagi Anda. Sedangkan untuk pengertiannya, tanah aluvial merupakan tanah yang terbentuk karena adanya endapan. Biasanya tanah ini ada di sekitar danau sungai dan sawah.

Nah, berbicara lebih lanjut tentang tanah aluvial, perlu Anda ketahui bahwasanya tanah tersebut memiliki banyak sekali manfaat dalam berbagai bidang. khususnya di bidang pertanian. Namun, sebelum mengetahui apa saja manfaatnya, sangat penting bagi Anda mengenal ciri-ciri tanah aluvial terlebih dahulu. Sedangkan untuk info lebih lanjutnya, silahkan langsung simak ulasan di bawah ini.

Ciri-Ciri Tanah Aluvial

Ada beberapa ciri dari tanah aluvial ini. Dan kali ini ada 6 ciri yang perlu Anda ketahui. 6 ciri tersebut sudah cukup bagi Anda untuk mengenalinya. Ke enamya pun ada di bawah ini.

Berwarna Agak Kelabu

Ciri-ciri pertama dari tanah aluvial ini tidak lain bisa di lihat dari warna yang di miliki nya. Dalam hal ini tanha tersebut warnanya cenderung agak kelabu. Namun, warna ini paling banyak di jumpai jika tanah aluvial berada di daerah sawah. Sedangkan untuk warna tanah aluvial di kawasan lain, selain wilayah persawahan, biasanya ada yang berwarna coklat.

Kandungan Mineral Tinggi

Ciri-ciri tanah tersebut juga bisa di lihat dari kandungan yang di miliki. Sedangkan untuk tanah lauvial kandungan di dalamnya banyak yang berupa mineral. Hal ini karena tanah lauvial sendiri memang sangat mudah dalam menyerap air sehingga banyak mineral yang masuk.

Berasal Dari Endapan

Sebagaimana di sebutkan dalam pengertian tanah tersebut, tanah aluvial ini asalnya dari endapan. Dan hal ini termausk juga salah satu ciri-ciri tanah aluvial yang perlu untuk di ketahui.

Mirip Tanah Liat

jika di lihat sekilas, ternyata tanah aluvial memang cukup memiliki kemiripan dengan tanah liat. Apalagi saat kemarau, tanah ini pun memiliki kecenderungan terlihat kering di bandingkan biasanya.

Ph Tanah Rendah

Berdasarkan Ph tanah yang di miliki, bisa di ketahui pula bahwasanya dalam hal ini Ph tanah aluvial memang cukup rendah. Bahkan dalam hal ini ph nya ada di bawah angka 6. Jadi, untuk membuktikan tanah aluvial atau bukan, Anda pun bisa mengcek pada berapa banyak Ph yang di miliki tanah tersebut.

Kandungan P dan K Rendah

Selain Ph nya yang rendah, tanah ini juga cenderung memiliki kandungan p dan K yang rendah. Namun ini hanya berlaku di beberapa wilayah khusus. Di antaranya adalah saat tanah aluvial berada di wilayah dengan curah hujan tinggi.

Beragam Manfaat Tanah Aluvial

Ada banyak manfaat yang di miliki tanah aluvial. Yang pertama, dengan adanya tanah ini maka irigasi bagi para petani pun akan semakin mudah. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi mereka karena proyek dalam pekerjaannya semakin di mudahkan saja. Selain itu, tanah aluvial juga banyak di manfaatkan sebagai lahan pertanian. Di gunakan demikian karena tanah ini memang tergolong berusia masih muda. Unsur hara yang terkandung di dalamnya pun masih sangat banyak sehingga akan sangat baik untuk pertumbuhan tanaman dalam proses pertanian.

Tanah aluvial ini selain sudah banyak di manfaatkan, bisa di akui bahwasanya memang sangat cocok untuk di jadikan lahan garapan. Hal ini karena tanah aluvial pun memiliki banyak sekali kelebihan. Teksturnya yang empuk dan lembut membuanya sangat mudah dalam menyerap air. Oleh karenna itu kesuburan tanah aluvial sendiri sangat terjamin. Dalam penggarapannya sendiri sebenarnya tergolong mudah dan tidak ribet. Namun tetap saja akan kembali pada siapa yang menggarapnya.

Tanah aluvial juga sangat bermanfaat untuk lahan palawija. Jadi, bagi Anda yang suka menanam tumbuhan palawija jenis apa pun, bisa memanfaatkan tanah ini karena sangatlah cocok. Bahkan untuk berbagai jenis tanaman, jelas tanah aluvial sangatlah baik. Hanya saja yang paling utama adalah dalam hal pertanian dan palawija sebagaimana telah di sebutkan.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri tanah aluvial beserta manfaatnya yang bisa Anda dapatkan. Setelah mengetahuinya, kini Anda bisa memanfaatkan tanah ini untuk berbagai keperluan. Jadi, jika Anda memiliki lahan dengan jenis tanah aluvial, bisa merencanakan dari sekarang apa yang akan Anda tanam. (elevenia)