5 Teknik Dasar Bulutangkis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
9420-badminton
Daftar Topik

Di Indonesia banyak sekali berbagai cabang olahraga yang sangat diminati, salah satunya adalah bulu tangkis. Bulu tangkis merupakan olahraga yang paling banyak diminati bahkan sampai tersebar di berbagai belahan Negara di dunia. Bulu tangkis  atau yang biasa dikenal dengan badminton adalah sebuah olahraga raket yang ada lawannya dan biasanya dimainkan oleh dua orang untuk pemain tunggal serta empat orang yang berpasang-pasangan untuk pemain ganda. Olahraga bulutangkis ini mempunyai tujuan yang sangat mirip dengan tenis meja yaitu untuk memukul bola permainan melewati jaring supaya jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan serta berusaha untuk mencegah lawan supaya tidak melakukan hal yang sama. Olahraga yang dimainkan dengan menggunakan raket dan kok ini sudah menjadi olahraga yang populer di dunia dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Di dalam olahraga pastinya ada teknik dalam  permainannya termasuk juga teknik dasar bulutangkis.

Bagi para pemula perlu kalian ketahui bahwa pecinta olahraga dan atlet bulutangkis pastinya untuk menjadi pemain yang profesional  memiliki modal dasar dalam permainan ini. Nah, berikut akan kami bagikan teknik dasar bulutangkis yang bisa menjadi modal dasar bagi kalian yang masih pemula.

5 Teknik Dasar Bulutangkis untuk Pemula

1. Teknik Memegang Raket (Grip)

Teknik memegang raket (grip) adalah teknik pertama dan teknik yang paling dasar yang harus dikuasai. Kualitas pukulan akan dihasilkan dengan maksimal jika teknik ini sangat dikuasai oleh pemain. Maka dari itu teknik memegang raket ini merupakan teknik yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pukulan. Ada 4 teknik dalam memegang raket (grip) yaitu:

  • American Grip

Untuk berjalan dengan baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik American grip ini. Pertama, pastikan tangan memegang bagian ujung raket. Kedua, letakkan ibu jari dan jari telunjuk menempel pada handle raket.

Teknik pegangan American grip ini, adakah teknik yang paling sering digunakan boleh pemain karena akan lebih bgampang untu mengoper kok ke lawannya.

  • Forehand Grip

Teknik yang sangat populer dan umum dipakai adalah teknik Forehand grip ini. Untuk menggunakan teknik ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu untuk yang pertama pegang raket dalam posisi miring dan selanjutnya posisikan ibu jari dan telunjuk menempel pada pegangan yang sempit. Dan disarankan untuk tidak berubah-ubah cara memegang jika menggunakan teknik ini.

  • Backhand Grip

Pegang raket dengan posisi miring dan pada saat memegang raket pastikan bahwa jari-jari tangan berada pada bagian depan. Pada teknik ini, arah ok yang dipukul tidak akan diduga oleh lawan main.

  • Combination Grip

Ini merupakan teknik terakhir yaitu gerakan yang akan mudah ditebak oleh lawan main karena mengkombinasikan dari keempat teknik sehingga para pemain akan lebih menghandle dan dapat menyesuaikan arah dari lawan.

2. Footwork

Teknik dasar yang kedua adalah teknik Footwork (gerakan kaki). Teknik footwork ini adalah salah satu dari teknik yang harus dimiliki seorang pemain bulutangkis. Footwork (gerakan kaki) yang dimaksud adalah kelincahan. Jadi mereka dituntut untuk lincah dalam pergerakan kaki.

3. Teknik Memukul

Teknik yang ketiga yang wajib dikuasai adalah teknik memukul. Teknik yang biasa digunakan adalah teknik forehand. Forehand dilakukan dengan cara tubuh diayunkan dari belakang dan setelah itu bergerak ke arah depan raket. Dan teknik ini dilakukan dengan posisi kaki menyilang yaitu kaki kanan dibelakang dan kaki kiri didepan. Selanjutnya, memiringkan badan kekanan dan memukul kok dengan keras sambil bahu digerakan kedepan.

4. Sikap dan Posisi Tubuh

Keseimbangan adalah unsur yang juga sangat penting dalam permainan ini dan sikap dan posisi tubuh inilah yang akan menjaga keseimbangan. Untuk dapat menjaga keseimbangan dalam bermain bulutangkis maka sebaiknya kalian harus memposisikan badan yang bertumpu di kedua kaki. Tekuklah lutut dan berdirilah dengan tegak menggunakan kaki ujung. Dalam posisi yang sejajar bukalah kedua kaki selebar bahu dan dipegang dengan salah satu tangan dan tangan yang satunya diam.

Tujuan dari gerakan ini adalah supaya tangan yang memegang raket dapat bergerak bebas.

5. Posisi Badan Ketika Memukul

Posisi badan ketika memukul  kok ini disepelekan oleh banyak orang. Tapi ternyata posisi ini bisa berpengaruh pada  kualitas pukulan yang dihasilkan. Melihat posisi ini sangat berpengaruh maka jangan diremehkan dalam bermain bulutangkis.

Demikianlah 5 teknik dasar  bulu tangkis bagi pemula yang bisa kami bagikan. Bagaimana, apakah 5 teknik dasar bulutangkis ini cukup membantu untuk kalian yang masih pemula dan juga buat kalian yang punya hobi main bulutangkis? Semoga teknik yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan membantu buat para pemula serta yang membutuhkan.

BACA JUGA!

Merk Kacamata Renang Terbaik dan Murah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA