5 Renang Gaya Bebas yang Mudah Dipelajari

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
31320-renang gaya bebas napas
Daftar Topik

Berenang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari memperbaiki bentuk tubuh hingga membuat berat badan tetap terjaga. Dari sekian banyak gaya renang, renang gaya bebas menjadi gaya yang paling banyak disukai. Baik oleh pemula atau pada tingkatan ahli. Para pemula umumnya akan memilih gaya bebas untuk awal kali belajar renang. Berikut ini merupakan gaya bebas dalam berenang yang paling mudah untuk dipelajari.

1. Renang Gaya Bebas Bagian Posisi Tubuh

Setiap melakukan renang gaya bebas, maka posisi tubuh menjadi bagian utama yang harus menjadi perhatian. Hal tersebut dikarenakan posisi tubuh berperan penting dalam keberhasilan renang gaya bebas. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghadapkan kepada ke bagian dasar dari kolam.

Kemudian jika perenang hendak mengambil nafas atau mencuri nafas, maka kepala bisa berubah hadap ke samping sedangkan dada tetap berada dalam dasar kolam. Tangan dan kaki di kayuhkan dengan bergantian untuk mendorong tubuh bergerak ke depan.

2. Renang Gaya Bebas Bagian Gerakan Tangan

Bagian tangan menjadi komponen terpenting dalam proses renang gaya bebas. Tangan harus digerakkan senada dengan arah gerak kaki. Gerakan tangan merupakan upaya untuk memberikan arah padfa renang gaya bebas. Terdapat bagian menangkap, mendorong dan mendayung. Ketiga teknik tersebut menjadi bagian yang harus diperhatikan.

Teknik menangkap merupakan teknik yang dilakukan saat tangan memasuki air, kemudian teknik mendorong dilakukan dengan posisi tangan mendorong ke belakang setelah melakukan dayungan. Teknik mendayung dilakukan dengan kedua tangan memiliki arah yang menyilang.

3. Renang Gaya Bebas Bagian Gerakan Kaki

Kaki pada renang gaya bebas menjadi salah satu kunci yang harus diperhatikan. Dalam renang gaya bebas, kaki memang harus diregangkan memanjang. Sehingga dalam hal ini Anda tidak diperkenankan untuk menekuk lutut. Kaki hingga telapak harus lurus karena untuk membantu bergerak dalam air. Kaki memiliki fungsi agar tubuh mampu bergerak maju. Kaki berguna untuk membantu kekuatan tangan.

Gerakan kaki juga bisa dicampur dengan badan. Posisi badan mampu dikombinasikan dengan gerakan kaki. Hal ini nantinya akan menambah kekuatan Anda saat sedang meluncur dalam air. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah gerakan kaki dan tangan harus selaras atau seimbang.

4. Renang Gaya Bebas Bagian Pernapasan

Teknik pernapasan dalam renang gaya bebas harus benar-benar dipelajari dan dilatih. Berikut ini merupakan pelatihan yang bisa dilakukan agar terbiasa melakukan pernapasan pada renang gaya bebas.

  1. Pengambilan napas dapat dilakukan melalui berbagai sisi. Namun, dalam pengambilannya Anda hanya menggunakan satu sisi. Bisa melalui sisi kiri, sisi kanan atau keduanya.
  2. Umumnya para pemula yang masih belum bisa berenang, mereka akan dilatih untuk mengambil napas secara singkat.
  3. Pada saat mengambil nafas, maka perenang harus segera memanfaatkan kepala untuk melakukan putaran pada satu arah tertentu.

5. Renang Gaya Bebas Bagian Meluncur

Agar perenang mendapatkan titik yang jauh, biasanya mereka akan melakukan gerakan meluncur. Meluncur artinya mendorongkan badan ke arah depan agar mampu mendapatkan kekuatan lebih dan memiliki jarak yang jauh dari titik awal berenang. Berikut merupakan teknik dalam meluncur yang benar.

  1. Karena meluncur, maka posisi badan harus lebih condong ke depan sebagai persiapan.
  2. Kemudian bagian kaki yang digunakan untuk melakukan dorongan bisa mulai diletakkan pada pinggir kolam bagian dinding. Kaki dalam posisi ini diletakkan dengan sedikit menekuk. Karena menekuknya kaki memberikan kekuatan bagi perenang agar tubuh lebih terdorong maju. Hal ini akan membuat jarak renang menjadi lebih jauh.
  3. Saat semua persiapan telah selesai, selanjutnya Anda dapat mencoba mendorongkan badan. Pada saat mendorongkan badan usahakan pusatkan kekuatan pada bagian kaki. Karena dorongan yang kuat akan memberikan titik yang jauh dalam berenang. Jika dorongan terlalu lemah, maka titik yang diambil tidak akan terlalu jauh.
  4. Pada saat mendorongkan badan, maka posisi tangan harus sudah siap. Posisi tangan harus seperti gerakan meluncur. Posisi tangan ini juga berpengaruh pada kecepatan luncuran. Posisi tangan yang lurus akan membuat luncuran menjadi mudah. Sehingga perenang lebih mudah untuk mendapatkan titik terjauh dari start awal.
  5. Setelah meluncur, maka selanjutnya Anda bisa langsung menggunakan teknik renang gaya bebas. Dalam penggunaan teknik ini disarankan tidak terlalu terlambat agar tidak tertinggal dari yang lainnya.

Renang gaya bebas memang menjadi pilihan yang terbaik saat seseorang ingin melatih kemampuan berenangnya. Melatih kemampuan berenang dapat diawali dari yang paling mudah.

Teknik gerakan yang dimiliki oleh gaya bebas mudah dipelajari dan dipahami. Bahkan jika terdapat seorang pemula yang masih awal belajar berenang, maka tidak perlu waktu lama teknik ini bisa dilakukan. Tapi tetap saja dalam latihan memerlukan bimbingan dan arahan dari yang ahli.

BACA JUGA!

Merk Kacamata Renang Terbaik dan Murah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP