5 Obat Radang Usus Alami yang Bisa Diracik Sendiri

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan dalam tubuh adalah radang usus. Penyakit ini dinilai cukup berbahaya sehingga harus segera diobati. Bahkan jika sudah terlampau parah bisa-bisa harus segera dioperasi. Bagi sebagian orang yang menderita penyakit ini mungkin tidak ingin melakukan pengobatan secara medis.

Akan tetapi mereka lebih memilih melakukan pengobatan secara tradisional yaitu menggunakan obat-obatan herbal. Dalam hal ini, terdapat beberapa tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat radang usus alami diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

1. Kunyit

Cara Menanam Kunyit di Polybag atau Pot » elevenia Blog

Tanaman herbal pertama yang dapat menyembuhkan penyakit radang usus berupa bumbu dapur yang dapat ditemukan dengan mudah. Tanaman tersebut yaitu kunyit dengan nama ilmiah Curcuma longa yang memang sudah terkenal mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dalam hal ini, radang usus termasuk salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman herbal ini.

Adapun cara untuk mengolahnya untuk dapat dikonsumsi sebagai obat radang usus juga cukup sederhana. Kamu juga hanya membutuhkan dua ruas kunyit yang dihaluskan dengan cara diparut. Hasil parutan kemudian ditambahkan dengan satu cangkir air panas.

Rasa dari ramuan tradisional ini tentu tidak enak untuk dirasakan. Namun hal ini dapat disiasati dengan menambahkan satu sendok madu murni sehingga dapat sedikit menghilangkan rasa pahitnya.

Sebagai bentuk pengobatan, konsumsi dari ramuan tradisional ini tentu harus dilakukan secara rutin dan teratur. Hal ini tentu dilakukan agar proses penyembuhan dapat memberikan hasil yang diharapkan. Selain ramuan tersebut, juga terdapat ramuan lain yang dapat digunakan. Ramuan ini tentu tetap menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya.

Akan tetapi pada ramuan ini perlu adanya penambahan daun jawer kotok dan bahan lainnya sebagai pelengkap. Cara pengolahannya juga cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 12 daun iler atau jawer kotok segar.

Bahan tambahan lainnya yaitu terdiri dari 1 siung bawang merah yang telah disangrai, 7 gram patikan cina, dan setengah gram menyan madu. Sementara itu untuk bahan utamanya yaitu sebanyak 2 gram rimpang kunyit.

Setelah itu semua bahan-bahan tersebut kemudian dibuat menjadi infusa atau dengan kata lain dipipis. Hasil infusa kemudian dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan radang usus. Dalam hal ini, meminum infusa dilakukan dengan dosis sebanyak 100 ml. Sedangkan untuk pipisan dikonsumsi sebanyak 1/4 gelas.

2. Daun Kemangi

Daun kemangi | Shopee Indonesia

Siapa yang tidak mengenal daun yang biasa dijumpai pada lalapan ini. Selain sebagai pelengkap makanan, daun kemangi ternyata juga mampu menyembuhkan penyakit radang usus. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan zat anti inflamasi yang dibutuhkan dalam penyembuhan peradangan. Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah yaitu secara langsung atau juga bisa diolah menjadi teh terlebih dahulu.

3. Mengkudu

buah mengkudu|buah pace | Shopee Indonesia

Tanaman herbal selanjutnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang usus adalah mengkudu. Sebagai obat herbal, mengkudu juga memiliki rasa yang kurang mengenakan saat dikonsumsi. Namun untuk bisa menyembuhkan penyakit dan dapat sehat kembali tentu hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Adapun cara pengolahannya yaitu dengan menyiapkan dua buah mengkudu matang yang dihaluskan dengan cara diparut.

Hasil parutan kemudian diperas sehingga menghasilkan sari buahnya. Agar dapat dikonsumsi dengan menghilangkan sedikit rasanya, maka tambahkan satu sendok makan madu murni. Dosis dari konsumsi obat herbal ini yaitu diminum sebanyak dua kali dalam satu hari. Sedangkan untuk takaran obatnya yaitu sebanyak tiga sendok makan pada setiap kali meminumnya.

4 . Daun Sirsak

Daun Sirsak Segar Obat Herbal Alami Diabetes Asam Lambung | Shopee Indonesia

Daun sirsak memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat antioksidan  dipercaya dapat mencegah dan mengatasi kanker. Tidak hanya itu saja, daun sirsak juga memiliki kandungan zat antibiotik alami. Dalam hal ini, zat antibiotik mampu meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan. Adapun cara untuk pengolahannya juga sangat mudah yaitu dengan hanya direbus saja. Air rebusan daun sirsak nantinya harus dikonsumsi secara rutin dan juga teratur agar hasil penyembuhan dapat optimal.

5. Jahe

10 Khasiat dan Manfaat Jahe yang Harus Kamu Tahu » elevenia Blog

Satu lagi bumbu dapur yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan serta penyembuhan penyakit, yaitu jahe. Jahe merupakan tanaman herbal yang mengandung zat anti inflamasi dan juga antioksidan. Kedua jenis zat tersebut nantinya yang akan mampu mengurangi peradangan dalam usus. Selain itu juga dapat berfungsi dalam membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

Cara untuk mengkonsumsinya juga sangat mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusan jahe saja sudah dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit radang usus. Namun sama seperti halnya obat herbal lainnya, mengkonsumsi rebusan jahe ini juga harus dilakukan secara teratur agar dapat menyembuhkan penyakit secara optimal.

Itulah kelima tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat radang usus alami. Apa pun jenis obat-obatan yang dipilih, pastikan untuk dapat mengkonsumsinya sesuai dengan dosis dan takaran yang dianjurkan. Selain itu juga harus dilakukan dengan rutin dan hingga benar-benar dapat menyembuhkan penyakit yang diderita.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA