5 Negara Termurah Untuk Kuliah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
5 Negara Termurah Untuk Kuliah
Daftar Topik

Kuliah di luar negeri? Kenapa tidak? Kualitas pendidikan di luar negeri yang terkenal baik dan cara mengajar-belajar yang berbeda bisa jadi pengalaman tersendiri untuk anda. Selain itu, anda dapat mempelajari budaya yang berbeda di satu negara. Pendidikan di luar negeri juga bukan konsumsi orang yang berduit saja sekarang ini, ada beberapa negara yang menawarkan pendidikan yang murah untuk para pencari ilmu.

Dari begitu banyak negara di dunia yang memberikan beasiswa, 5 negara berikut juga memiliki tawaran yang menarik bila anda tidak melalui jalur beasiswa:

1. Jerman

5 Negara Termurah Untuk Kuliah - JermanJerman terkenal sebagai negara yang menjunjung tinggi pendidikan, salah satu penyebar beasiswa terbanyak, dan kultur pendidikan yang sangat baik. Tidak heran bila kita mulai daftar negara termurah untuk kuliah dengan Jerman. Biaya untuk undergraduate atau setara S1 mereka bebaskan alias gratis!

Untuk pendidikan magister atau S2, bila jurusan yang diambil sejalan dengan jurusan S1, anda masih dapat fasilitas untuk bebas biaya kuliah. Untuk S2 yang berbeda dari S1, umumnya anda harus membayar uang kuliah sekitar 500 EUR atau sekitar 8 juta sampai 8,5 juta rupiah. Biaya hidup di Jerman per bulannya mencapai 8,700 EUR sampai 9,600 EUR atau sekitar 140 – 155 juta rupiah per tahunnya.

2. Perancis

5 Negara Termurah Untuk Kuliah - Perancis

Perancis, negara romantis yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata, tapi apakah tepat bila bertujuan untuk kuliah? Ternyata kuliah di Perancis merupakan destinasi kuliah yang amat populer, menempati urutan ke 3 untuk negara yang populer sebagai destinasi kuliah dan menggunakan bahasa Inggris oleh para pelajar internasional.

Alasannya mudah, Perancis memiliki universitas dengan biaya yang murah dibandingkan dengan negara di Eropa lainnya. Di universitas negeri, biaya rata-rata jenjang S1 yang dikeluarkan berkisar antara 189 Euro atau 3 juta rupiah per tahun, dan 259 Euro atau sekitar 4,5 juta rupiah per tahun. Lain lagi apabila anda mau masuk ke universitas swasta, harga yang ditawarkan pastinya lebih mahal dari universitas negeri.

Untuk biaya hidup, anda bisa menyiapkan 200-300 EUR atau sekitar 3,3 juta sampai 5 juta rupiah per bulannya. Tapi hati-hati, angka ini menjadi sekitar 800 Euro atau 13 juta rupiah per bulannya ketika anda tinggal di Paris, karena biaya hidup di Paris sangatlah mahal dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

3. Taiwan

5 Negara Termurah Untuk Kuliah - Taiwan

Kembali ke benua Asia, Taiwan adalah salah satu negara yang memiliki biaya pendidikan yang rendah dengan kualitas internasional. Ini dikarenakan pemerintah Taiwan sendiri memang sedang berupaya agar pelajar internasional tertarik untuk menuntut ilmu di Taiwan.

Biaya total jenjang S1 di Taiwan berkisar antara 50,000 TWD atau sekitar 23 juta rupiah. Sedangkan untuk jenjang magister atau S2, total biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara 79,000 TWD atau 36 juta rupiah. Untuk biaya hidup di Taiwan sendiri, anda boleh menyiapkan dana sekitar 74,000 TWD atau sekitar 35 juta per tahunnya.

4. Polandia

5 Negara Termurah Untuk Kuliah - PolandiaNegara Eropa timur ini menjadi magnet bagi pelajar internasional yang ingin menuntut ilmu. Kenapa? Karena selain biaya pendidikan yang murah, kualitas pendidikan yang tinggi, biaya hidup di Polandia pun terhitung murah daripada negara Eropa lainnya, yaitu sekitar 7,800 EUR atau 125 juta rupiah per tahunnya.

Untuk biaya kuliah, Polandia memberikan kesempatan kuliah gratis apabila anda mengambil jurusan dengan bahasa pengantar Polandia dan lolos dari ujian yang sama seperti pelajar Polandia. Tapi jika anda tidak bisa berbahasa Polandia, ada kuliah dengan bahasa pengantar Inggris dengan biaya yang bersahabat, yaitu sekitar 2,000 EUR sampai 3,000 EUR, atau sekitar 32 juta rupiah sampai 48 juta rupiah per tahun.

5. Malaysia

5 Negara Termurah Untuk Kuliah - MalaysiaMenuntut ilmu di negeri jiran Malaysia ternyata juga terhitung murah, terutama Kuala Lumpur yang masuk ke dalam daftar kota dengan biaya kuliah paling murah versi QS Best Student Cities 2016. Biaya hidup di Malaysia juga terhitung murah, untuk keadaan yang nyaman, anda bisa menyiapkan 1,500 MYR atau sekitar 5 juta rupiah tiap bulan. Untuk biaya kuliahnya sendiri, anda hanya cukup mengeluarkan 17,000 MYR atau sekitar 60 juta per tahunnya.

Kenyamanan lainnya kuliah di Malaysia? Anda tidak perlu bingung dengan bahasa yang digunakan karena mirip dengan bahasa Indonesia.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA