5 Minuman Segar Sederhana yang Cocok untuk Buka Puasa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Seperti slogan yang sering di ucapkan di bulan Ramadhan, “berbukalah dengan yang manis-manis”. Banyak sekali masyarakat yang menyantap minuman segar sebelum makan makanan berat untuk berbuka puasa. Minuman segar yang manis memang identik dengan menu takjil yang biasa di jual di pasar takjil. Namun akan lebih hemat bukan jika kamu bisa membuat menu minuman buka puasa sendiri di rumah?

Selain kesehatan terjamin, kamu juga bisa membuat dalam porsi yang banyak dengan harga yang murah. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang minuman segar sederhana yang cocok untuk buka puasa di rumah dan manfaat berbuka dengan minuman segar.

Amalan Sunnah Berbuka Puasa


Sebelum membahas tentang manfaat dan contoh hidangan minuman segar buka puasa, yuk kita bahas terlebih dahulu tentang amalan sunnah ketika buka puasa. Apa saja sih amalan sunnah yang mendatangkan pahala ketika berbuka puasa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berbuka dengan Kurma atau Minuman Segar

Amalan pertama yang bisa dengan mudah dilakukan adalah berbuka dengan kurma. Namun apabila tidak ada kurma, kamu bisa menggantinya dengan hidangan yang manis seperti minuman segar.

Menyegerakan Berbuka Puasa ketika Kumandang Adzan Terdengar

Menyegerakan berbuka walau hanya dengan minum seteguk air putih merupakan salah satu amalan sunnah yang bisa kamu kerjakan. Menyegerakan berbuka bukan hanya menjadi amalan sunnah yang mendatang kan pahala, namun juga bisa mengembalikan kondisi tubuh setelah seharian berpuasa.

Memberi Makan Orang yang Sedang Berpuasa

Amalan sunnah yang mudah di lakukan selanjutnya adalah memberi makan orang yang sedang berpuasa. Kamu bisa memberikan sebagian makananmu untuk orang lain yang sedang berpuasa. Tidak harus makanan, meskipun hanya segelas minuman segar pun sudah bisa mendatangkan pahala.

Minuman Segar Sederhana Untuk Buka Puasa


Berikut ini adalah referensi menu minuman segar sederhana yang cocok untuk buka puasa bersama keluarga di rumah.

Es Blewah

Es blewah merupakan minuman segar yang paling cocok untuk buka puasa. Menu minuman yang satu ini selain murah juga mudah membuatnya. Bahan yang diperlukan hanyalah buah blewah dan gula pasir. Minuman segar yang satu ini memang identik bahkan menjadi menu favorit ketika berbuka puasa. Untuk menambah rasa manis, kamu juga bisa menambahkan sirup cocopandan.

Es Kopyor

Setelah seharian menahan lapar dan haus, minum seteguk es kopyor tentunya akan menambah kenikmatan berbuka puasa. Minuman ini merupakan minuman segar sederhana yang murah meriah untuk di jadikan santapan takjil. Cara membuatnya pun sangat mudah, hanya menggunakan bahan dasar kelapa muda dan air kelapa yang ditambah dengan gula merah cair.

Sop Buah

Es sop buah juga bisa kamu jadikan menu minuman segar untuk berbuka puasa bersama keluarga. Kamu juga bisa membuatnya dalam jumlah banyak untuk dibagikan kepada orang lain lho. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan buah-buahan seperti semangka, melon, kiwi, pepaya, dan mencampurnya dengan susu kental manis serta sirup rasa sesuai selera.

Es Lidah Buaya

Tidak hanya berfungsi sebagai bahan kecantikan, lidah buaya juga bisa diolah menjadi es yang segar dan cocok untuk dijadikan hidangan buka puasa. Minum es lidah buaya ketika sedang berbuka tentunya tidak hanya memberikan efek kesegaran saja, namun juga bisa menyehatkan tubuh karena memiliki banyak nutrisi.

Es Tape Ketan Buah

Menu rekomendasi minuman segar terakhir adalah es tape ketan buah. Minuman berbahan dasar ketan hitam yang dipadukan dengan tape, santan, es batu, dan buah stroberi di dalam gelas tentunya akan menjadi santapan menarik berbuka bersama keluarga. Untuk menambah rasa manis, kamu bisa menggunakan gula merah atau gula pasir yang telah dilelehkan terlebih dahulu.

Manfaat Berbuka dengan yang Segar


Kenapa sih orang berpuasa kok dianjurkan meminum minuman segar ketika berbuka puasa? Menyantap hidangan manis ketika berbuka bisa mengembalikan energi tubuh yang seharian hilang. Tidak hanya itu, berbuka dengan yang manis juga merupakan anjuran dari Rasulullah SAW, karena berbuka dengan yang manis akan menghindarkan kita dari menyantap makanan dalam porsi banyak.

Menurut pakar kesehatan, berbuka dengan minuman segar nan manis juga bisa membantu mencegah penyakit anemia. Ya, setelah seharian penuh tidak makan dan tidak minum tentunya kondisi tubuh juga berkurang sehingga membutuhkan asupan energi untuk melanjutkan ibadah sholat tarawih.

Begitulah sedikit informasi mengenai minuman segar sederhana yang cocok untuk buka puasa, manfaat buka puasa, dan alasan mengapa harus berbuka dengan yang manis.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP