5 Merk Wifi Repeater Terbaik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
5 Merk Wifi Repeater Terbaik
Daftar Topik

5 Merk Wifi Repeater Terbaik

Di perkembangan zaman yang sangat cepat seperti sekarang ini, internet, telah menjadi kebutuhan penting tersendiri bagi masyarakat. Banyak orang kini bergantung pada keberadaan internet. Tak jarang koneksi internet yang lemot akan sangat menghambat berbagai aktivitas maupun produktivitas sebagaimana mestinya.

Koneksi internet yang tidak stabil atau yang dapat dikatakan lemot tentu akan sangat mengganggu. Nah, yang perlu Anda ketahui jaringan internet yang tidak stabil ini sesungguhnya disebabkan oleh beberapa faktor, meliputi provider yang error, faktor cuaca, dan bahkan lokasi yang tidak terjangkau. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jawabannya adalah dengan menggunakan perangkat tambahan yaitu berupa Wi-Fi repeater.

Apa itu Wi-Fi Repeater


Bagi kamu yang menyukai atau bekerja di bidang IT sudah tentu tahu apa itu Wi-Fi repeater. Wi-Fi repeater sendiri merupakan perangkat tambahan Wi-Fi guna menambah kekuatan sinyal. Penguat sinyal Wi-Fi yang satu ini banyak digunakan untuk membantu memperlancar dan menghindari hambatan pada jaringan internet Wi-Fi.

Selain itu, Wi-Fi repeater ini juga memiliki fungsi lain yaitu untuk memperkuat jaringan Wi-Fi menjadi lebih luas jangkauannya kendati di luar jangkauan router sekalipun. Penguat sinyal Wi-Fi ini juga lebih dikenal sebagai Wi-Fi Extender. Secara bahasa atau harfiah pengertian repeater atau extender adalah mengulang dan extend yang berarti memperluas.

Pada dasarnya repeater adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi sebagai penerima sinyal yang berisikan data digital. Dengan keberadaan repeater, tentu akan membantu koneksi jaringan internet lebih lancar karena jangkauan yang lebih luas. Cara kerja repeater adalah menerima sinyal yang kemudian dipancarkan kembali sesuai dengan sinyal aslinya. Hanya saja caranya yang berbeda, yaitu melalui frekuensi nya.

Fungsi dan Macam Wi-Fi repater


Cara kerja sederhana Wi-Fi repeater yang mengubah sinyal asal melalui frekuensi berbeda kemudian dipancarkan kembali sangat membantu dalam menjadi stabilitas jaringan internet. Fungsi utama penguat sinya Wi-Fi yang satu ini adalah tentu untuk memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi. Oleh karenanya, dikenal juga dengan istilah lain yaitu Wi-Fi extender.

Disamping, memperluas juga adalah untuk menguatkan sinyal Wi-Fi yang tak jarang orang juga menyebutnya sebagai Wi-Fi booster. Reapeter terbagi ke dalam berbagai macam, namun yang paling umum terbagi ke dalam 3 macam yaitu telephone repeater, optical communication repeater, dan radio repeater. Yang masing-masing ketiganya memiliki fungsi dan spesifiknya.

  • Telephone repeater

Sebagaimana namanya telephone repeater merupakan jenis repeater yang digunakan oleh perangkat telepon. Umumnya, pada saluran kabel telepon, sinyal masuk akan terdegradasi sebab jauhnya jarak tempuh. Maka dari itu repeater pun harus dipakai guna sinyal masuk lebih jelas.

  • Optical communications repeater

Jenis repeater berikutnya adalah optical communications repeater yang memiliki fungsi memperkuat jangkauan sinyal pada kabel serat optik (fiber optik cable). Pada serat kabel optik inilah informasi digital secara fisik menjadi light pulses atau pulsa cahaya yang terbentuk dari foton yang tersebar secara acak dalam kabel.

  • Radio repeater

Dan kemudian repeater ketiga adalah radio repeater yang fungsinya memperkuat sinyal radio. Repeater ini umumnya memiliki satu antena khusus yang berfungsi sekaligus sebagai receiver dan transmitter.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Kendati macam dan jenisnya banyak tergantung spesifikasi, namun repeater  sendiri umumnya diprogram secara khusus untuk menerima sinyal Wi-Fi dari transmitter yang kemudian diperkuat untuk menjangkau lebih luas.

Merk Wi-Fi Repeater Terbaik

Berikut beberapa merk Wi-Fi Repeater terbaik yang paling banyak dipilih dan direkomendasikan banyak orang:

1. Edimax 7438 Rpn Wireless Range Extender

5 Merk Wifi Repeater Terbaik

Penguat sinyal yang satu ini cukup populer dan banyak diminati karena memang memiliki harga terjangkau, kinerja nya pun terbukti dalam pemakaiannya. Edimax sendiri harganya terjangkau. Tampilannya pun cukup sederhana, kecil serta unik.

Rentang Harga: Rp 200.000 – Rp 400.000

Cek WiFi Repeater Edimax Selengkapnya

2. Netgear EX 2700-100UKS Wireless Range Extender

5 Merk Wifi Repeater Terbaik

Kemudian ada dari Netgear yang dibanderol seharga sekitar Rp400.000 yang dari segi performanya cukup diacungi jempol oleh para pecinta IT sebagai penguat sinyal Wi-Fi terbaik.

Rentang Harga: Rp 400.000 – Rp 4.000.000

Cek WiFi Repeater Netgear Selengkapnya

3. Totolink EX300 Wireless

5 Merk Wifi Repeater Terbaik

Berikutnya ada totolink yang merupakan salah satu terbaik Wi-Fi repeater yang paling banyak direkomendasikan. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp. 100.000,-an.

Rentang Harga: Rp 100.000 – Rp 300.000

Cek WiFi Repeater Totolink Selengkapnya

4. TP-Link TL-WA855RE

5 Merk Wifi Repeater Terbaik

Dijual mulai dari Rp. 399.000,-an, anda sudah dapat memiliki Wi-Fi repeater dengan dua antena eksternal MIMO yang efektif meningkatkan kecepatan nirkabel.

Rentang Harga: Rp 300.000 – Rp 800.000

Cek WiFi Repeater TP-Link Selengkapnya

5. D-Link

5 Merk Wifi Repeater Terbaik

Dan kemudian ada D-Link yang dijual mulai harga Rp. 300.000,-an dan memiliki tampilan sederhana dengan support hingga kecepatan 300 Mbps.

Rentang Harga: Rp 300.000 – Rp 2.000.000

Cek WiFi Repeater D-Link Selengkapnya

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP