5 Makanan Khas Lebaran di Indonesia

0
25820 Opor Hipwee
Source: Hipwee

Momen lebaran bukan hanya menjadi momen untuk bersilaturahmi dan saling bermaafan. Pada saat lebaran yang paling penting adalah membuat dan menyajikan makanan khas. Karena telah kebiasaan di Indonesia, selalu menyajikan makanan pada saat momen lebaran. Banyak makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu menarik perhatian.

Makanan Khas Lebaran yang Selalu Ada di Indonesia

Mulai dari segi rasa yang manis hingga gurih. Kemudian yang lebih menarik lagi adalah makanan lebaran yang memiliki cita rasa khas nusantara. Cita rasa tersebut yang membedakan perayaan lebaran di Indonesia. Berikut ini merupakan makanan yang sering disajikan dan menjadi khas pada saat lebaran di Indonesia.

Ketupat


25820 Ketupat Akurat
Source: Akurat

Pada saat lebaran, Indonesia selalu menampilkan ragam ciri khas nusantara. Seperti makanan ketupat yang menjadi ciri khas. Ketupat merupakan kuliner yang menggunakan daun kelapa sebagai pembungkusnya. Dengan kata lain janur. Janur yang masih mudah dianyam sedemikian rupa, kemudian diolah dengan cara di isi dengan nasi yang telah dicampur dengan santan.

Namun, pengisian nasi serta kombinasinya umumnya akan berbeda di setiap daerah. Biasanya ketupat akan disajikan pada saat lebaran telah mencapai 7 hari. Tetapi pada beberapa wilayah, baru awal lebaran, sudah menyajikan jenis makanan ini.

Rendang


25820 Rendang Tinta Hijau
Source: Tinta Hijau

Rendang merupakan makanan khas dari negara Indonesia yang memiliki cita rasa rempah pilihan. Bahkan banyak yang menjadikan rendang sebagai hidangan favorit. Bahan utama dari pembuatan rendang adalah daging. Baik berupa daging kerbau atau daging sapi.

Kemudian diolah dengan menggunakan rempah yang banyak. Sehingga makanan ini sangat melekat dengan cita rasa nusantara. Awalnya makanan ini hanya akan ditemui jika Anda berkunjung ke Padang. Namun, saat ini telah banyak yang bisa membuat makanan yang satu ini. Sehingga hampir diseluruh nusantara tersebar makanan rendang.

Semur


25820 Semur Travel Kompas
Source: Travel Kompas

Makanan khas lebaran yang selanjutnya adalah semur. Semur merupakan makanan yang terkenal dengan kecap nya. Cita rasa kecap yang dicampur dengan bahan rempah menjadikan rasa semur sangat nikmat. Bahkan semur juga mengeluarkan aroma yang sedap. Semur dapat digunakan untuk mengaplikasikan berbagai bahan makanan. Mulai dari sayur hingga ikan.

Namun, pada saat lebaran, semur yang paling banyak dijumpai adalah semur ayam. Awalnya semur memiliki rasa yang dominan manis. Namun, saat ini semur juga memiliki cita rasa sedikit pedas. Pada saat lebaran, umumnya orang akan menyajikan makanan ini pada saat banyak anggota keluarga yang berkumpul.

Gulai


25820 Gulai Selerasa
Source: Selerasa

Siapa yang tidak tahu makanan lezat yang satu ini. Sebenarnya meskipun tidak pada saat lebaran, gulai akan ditemukan di Indonesia. Karena gulai menjadi makanan khas Indonesia. Memiliki kandungan rempah yang sangat tajam, gulai memiliki cita rasa yang menarik lidah masyarakat. Gulai memiliki bahan utama yaitu kambing dalam pengolahan nya. Jadi, kambing tidak hanya dijadikan sayur, tidak hanya dijadikan sate.

Namun, dapat diolah dengan santan dan diberikan nama gulai kambing. Makanan ini akan sangat banyak dijumpai pada saat lebaran. Karena lebaran merupakan momen berkumpul, maka untuk menikmati momen tersebut, banyak masyarakat yang menyajikan gulai sebagai makanan pilihan lebaran.

Lodeh


25820 Sayur Lodeh Indozone
Source: Indozone

Sayur lodeh memang tidak tersedia hanya pada saat lebaran saja. Namun, sayur ini merupakan sayur yang paling banyak dipilih pada saat lebaran. Ciri khas dari sayur ini adalah lodeh nya kemudian santan yang menjadi komponen utama dari pembuatan sayur ini. Selain itu, masyarakat Indonesia juga tidak pernah melupakan kandungan rempah yang selalu menjadi bahan utama dalam masakan Indonesia.

Kemunculan Makanan Khas Lebaran di Indonesia Berawal dari Jawa Tengah


25820 Opor Hipwee
Source: Hipwee

Sebenarnya awal kemunculan lodeh adalah berasal dari daerah Jawa Tengah. Karena cita rasanya yang sangat cocok dengan lidah Indonesia, lodeh tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Bahkan bukan hanya pada saat lebaran saja, lodeh juga kerap disajikan untuk makanan sehari-hari. Bahan utama yang bisa dijadikan lodeh bervariasi. Mulai dari tahu tempe, kemudian kacang-kacangan terdapat pula lodeh dari bahan labu siam.

Momen lebaran merupakan momen yang paling tepat untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Akan lebih mengasyikkan jika pada saat momen lebaran turut disajikan berbagai macam hidangan khas nusantara. Hidangan khas nusantara merupakan hidangan yang hanya ada di nusantara dan memiliki kecocokan dengan lidah warga Indonesia. Salah satu ciri khas dari hidangan nusantara adalah bahan rempah yang terkenal kuat dan memberikan cita rasa menarik.

Banyak sekali makanan khas lebaran di Indonesia yang memiliki bahan utama rempah-rempah. Biasanya pada saat lebaran, makanan khas disajikan untuk acara makan bersama keluarga. Bisa juga disajikan untuk merayakan lebaran ketikan telah terjadi selama 7 hari. Jadi, makanan khas untuk lebaran di Indonesia selalu kaya dengan rempah-rempah pilihan.

BACA JUGA!

Makanan Khas Korea yang Paling Populer

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: