5 Makanan Khas Blora yang Wajib Kamu Coba

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Makanan-Khas-Blora[1]
Daftar Topik

Kabupaten Blora terletak di Jawa Tengah yang lebih dikenal dengan kabupaten yang setia mempertahankan budaya nenek moyangnya. Ada beberapa julukan unik untuk Kabupaten Blora karena memang memiliki budaya yang khas. Selain itu, Kabupaten Blora memiliki jajanan dan makanan khas yang siap menggoyang lidahmu dengan rasa yang berbeda.

Kabupaten yang berdekatan dengan Jawa Timur ini memiliki berbagai makanan khas yang berbeda dengan Jawa Timur. Karena letaknya, Kabupaten Blora dilewati pengguna jalan yang bertujuan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Banyak pelancong yang berburu kuliner di Blora. Intip yuk, lima makanan khas Blora yang lezat berikut ini.

Lontong Tahu dan Lontong Sayur Khas Kabupaten Blora


Makanan ini memiliki bahan baku utama berupa tahu yang dicampur dengan telur yang diberi sedikit garam lalu digoreng, lalu disajikan dengan daun jati alami. Bungkus daun jatinya yang membuat makanan ini beraroma khas. Didalam satu porsi lontong tahu terdiri dari lontong, bumbu kacang, irisan daun seledri, tauge, dan bawang goreng.

Bumbu kacangnya terbuat dari kacang yang digoreng secara tradisional sehingga menciptakan rasa gurih, sedap, dan lengket di lidah dan hati. Sedangkan kecap yang digunakan mayoritas pedagang lontong tahu terbuat dari kecap yang diproduksi dari home industry. Itulah yang membuat rasa khas dari lontong tahu Blora berbeda.

Sate Khas Kabupaten Blora


Selain Ponorogo dan Padang yang terkenal dengan satenya, Kabupaten Blora juga memiliki berbagai olahan sate yang khas. Para pedagang sate dapat ditemui dengan mudah di setiap sudut daerah Blora. Ada sate ayam, Kambing dan yang paling unik adalah sate yang terbuat dari sapi khas Blora.

Keunikan dari sate khas Blora ini adalah dari penyajiannya yaitu disajikan dengan alas daun jati. Kemudian diguyur dengan bumbu kuah lodeh atau santan khas yang menciptakan keunikan tersendiri. Sebelum di panggang daging direndam di rempah khusus yang membuat rasa sate tidak dapat dijumpai di tempat lain.

Sate ayam khas Blora terbuat dari ayam kampung muda dengan bumbu khusus dan rempah pilihan yang khas. Sehingga rasa ayamnya empuk dan lembut dimakan. Sedangkan sate kambingnya juga menggunakan kambing muda dengan tekstur yang empuk dan lezat serta mudah dikonsumsi. Untuk sate sapi memiliki rasa rempah yang kuat dan potongan daging besar yang membuat kamu puas menikmatinya.

Soto Kletuk Khas Blora


Di Indonesia banyak sekali daerah yang memiliki soto khas masing-masing salah satunya soto klethuk khas dari Blora. Makanan khas Blora memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat klethuk diatasnya sebagai toping yang memiliki rasa tersendiri saat kamu memakannya. Apakah kamu tahu apa itu Klethuk?

Klethuk dibuat dari bahan utama singkong yang dikukus dan dipotong kecil atau bulat-bulat yang kemudian digoreng sampai garing dan renyah. Kuah beningnya soto Blora menambah rasa segar dan nikmat ditambah dengan penyajian unik toping klethuk. Jika dimakan akan terasa ‘klethuk-klethuk’ yang disajikan dengan mie soun, daging, irisan kucai dan tauge.

Pecel Pincuk Daun Jati Khas Blora


Ada pecel Madiun dan pecel khas Blitar yang terkenal dengan kenikmatan yang khas tersendiri, ada pula pecel pincuk khas dari Kabupaten Blora. Sama seperti pecel yang lain yaitu beragam sayuran kacang panjang, kol, tauge, dan daun ketela yang disiram dengan bumbu kacang nikmat, pecel Blora memiliki keunikan yang berbeda dari yang lain.

Keunikan dari pecel Blora yaitu tekstur bumbu kacangnya yang lembut digiling halus. Bumbu kacangnya terbuat dari campuran kacang tanah, kencur, bawang putih dan rempah-rempah lainnya. Wadah penyajian pecel khas Blora ini menggunakan daun jati yang menambah khas dan harum yang berbeda dengan pecel lain.

Sego Kobong Bungkus Daun Pisang Khas Blora


“Sego Kobong” adalah bahasa jawa yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah nasi bakar. Nah, sesuai dengan namanya proses pembuatan makanan ini adalah dengan “di obong” atau dibakar. Dengan bungkus daun pisang menambah rasa dan aroma yang khas dari sego kobong ini. Ada berbagai varian sego kobong yaitu rasa ayam, jamur, cumi, opor, dan lain-lain.

Demikianlah ulasan tentang makanan khas Blora yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung kesana. Kamu juga bisa menikmati berbagai wisata disana dan beberapa wisata alamnya yang menarik. Tapi, jangan lupa untuk berburu kuliner-kuliner khas di Blora lain  yang memiliki rasa unik dan tidak dijumpai ditempat lain.

Selamat mencoba berbagai kuliner khas Blora!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP