5 Macam-macam Kecap dan Kegunaannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
5 Macam-macam Kecap dan Kegunaannya
Daftar Topik

5 Macam-macam Kecap dan Kegunaannya

Kecap adalah salah satu bahan makanan yang wajib dimiliki oleh semua dapur para ibu rumah tangga. Sebab ketik sendiri merupakan bahan yang sangat diperlukan ketika. Contohnya saja kecap manis yang sering digunakan untuk nasi goreng dan lain sebagainya.

Ketika kamu berbelanja di beberapa swalayan, tentunya kamu sudah sering melihat beberapa jenis kecap. Jika kamu bisa mengamati jauh lebih detail lagi rupanya kecap yang dipajang pada etalase tersebut bukan memiliki satu jenis saja namun memiliki berbagai macam jenis. Bukan hanya Nusantara saja terdapat juga kecap yang menjadi khas dari sebuah negara.

Tentunya kamu penasaran apa saja sih ragam dari kecap yang seringkali digunakan serta apa saja kegunaan dari berbagai macam kitab tersebut. Untuk itu simaklah penjelasan mengenai macam-macam kecap di bawah ini…

1 . Kecap Asin

5 Macam-macam Kecap dan Kegunaannya

Untuk jenis kecap yang pertama adalah kecap asin, kecap asin sendiri memang menggunakan bahan dasar kedelai hitam yang hampir sama dengan kecap pada umumnya. Bahkan jika dilihat dari tekstur, rasa dan juga fungsi dari kecap asin sendiri memang akan sangat jauh berbeda dibandingkan dengan kecap manis.

Kecap asin memang mempunyai kandungan garam yang jauh lebih banyak terlebih lagi tekstur dari kecap asin lebih encer dibandingkan dengan kecap manis. Kecap asin ini seringkali dipakai menjadi pengganti dari garam dapur dan umumnya kecap ini akan digunakan untuk berbagai macam olahan masakan khas dari negara Cina.

Rentang Harga: Rp 17.000 – Rp 500.000

Cek Kecap Asin Selengkapnya

2. Kecap Manis

5 Macam-macam Kecap dan Kegunaannya

Macam-macam kecap yang selanjutnya adalah kecap manis, dimana kitab ini memang sudah tidak asing bagi seluruh masyarakat. kecap manis sendiri merupakan kitab asli dari nusantara yang sering ditemui menjadi bahan yang menyebabkan cita rasa dalam berbagai macam olahan makanan lokal. Contohnya saja dari ayam kecap nasi goreng bahkan sampai semua orang akan menggunakan kecap manis sebagai tambahan rasanya.

Kecap manis sendiri terbuat dari fermentasi kedelai hitam yang akan dikombinasikan dengan beberapa aneka rempah. Itulah mengapa warna dari kecap manis jauh lebih hitam bahkan teksturnya pun juga kental.

Rentang Harga: Rp 7.000 – Rp 250.000

Cek Kecap Manis Selengkapnya

3. Kecap Ikan

5 Macam-macam Kecap dan Kegunaannya

Kecap ikan juga memiliki rasa yang asin namun bedanya tapi kan ini akan memakai ikan yang difermentasi sebagai bahan dasar pembuatannya. Pada metode pembuatan yang digunakan untuk membuat kecap ikan ini dengan teknik menggarami ikan dan menaruhnya di dalam sebuah wadah yang tertutup selama beberapa bulan tertentu di mana cara tersebut adalah cara fermentasi dari kecap ikan. Karena memiliki aroma ikan yang cukup kuat sehingga kecap ini seringkali digunakan untuk makanan dari laut.

Rentang Harga: Rp 17.000 – Rp 750.000

Cek Kecap Ikan Selengkapnya

4. Kecap Jepang

5 Macam-macam Kecap dan Kegunaannya

Untuk yang selanjutnya adalah kitab Jepang yang juga disebut dengan nama shoyu. Kecap Jepang ini adalah hasil dari fermentasi kedelai yang memiliki rasa yang sedikit asin serta gurih. Biasanya kecap Jepang ini terbagi menjadi dua jenis dan kamu bisa dengan mudah menemuinya di supermarket yang pertama adalah kecap Jepang koikuchi yang memiliki warna jauh lebih pekat dengan aroma yang sangat kuat.

Baca juga: Tiga Resep Ayam Kecap yang Bikin Nagih

Dan yang kedua adalah kecap asin usukuchi yang teksturnya jauh lebih encer serta sangat ringan.  Kecap asin sendiri umumnya akan dimanfaatkan menjadi penyebab ataupun bahan perintah pada berbagai macam masakan khas Jepang.

Rentang Harga: Rp 1.000 – Rp 700.000

Cek Kecap Jepang Selengkapnya

5. Kecap Saus Tiram

5 Macam-macam Kecap dan Kegunaannya

Untuk yang terakhir adalah jenis kecap saus tiram. Walaupun bukan disebut sebagai kecap saus tiram sendiri memang sangat layak dimasukkan dalam daftar jenis-jenis kecap dikarenakan mempunyai tekstur serta pembuatannya yang sangat mirip dari kecap lainnya. Saus tiram diproduksi dari tiram yang sebelumnya difermentasi terlebih dahulu.

Saus tiram ini mempunyai cita rasa asin serta rasa gurih yang sangat kuat sehingga ketika kamu mengolah masakan tidak perlu lagi menambahkan garam dan cuka kecap asin. Saus tiram juga seringkali dipakai untuk bahan tambahan dari masakan China dan juga berbagai macam aneka tumis.

Rentang Harga: Rp 9.000 – Rp 400.000

Cek Kecap Saus Tiram Selengkapnya

Demikianlah sekilas info yang diberikan kepada kamu mengenai macam-macam kecap dan juga kegunaan dari kata tersebut. dengan adanya penjelasan mengenai diatas diharapkan mampu membantu kamu yang ingin mencari kecap sesuai dengan olahan yang akan dibuat.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA