5 Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Unik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
kreasi-unik-dari-sedotan1[1]
Daftar Topik

Pelastik merupakan bahan yang saat ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan perabotan rumah tangga. Biasanya pabrik membuatnya dari daur ulang limbah yang mengandung pelastik. Banyak produk yang dihasilkan dari pelastik, salah satunya adalah sedotan. Sedotan ini banyak sekali yang memakai, apalagi anak – anak yang suka jajan minuman es. Nah buat kamu yang memiliki tangan kreatif, sedotan bisa kamu sulap jadi barang yang unik dan bermanfaat. Sedotan bisa kita jadikan kerajinan tangan yang lucu – lucu dan mudah untuk dibuat. Untuk membuat kerajinan tangan ini kamu bisa gunakan sedotan bekas ya. Karena memang tujuan kerajinan ini adalah untuk memanfaatkan barang – barang bekas.

Langsung saja kita simak macam – macam barang hasil dari kerajinan tangan dengan berbahan dasar sedotan!

Bunga Mawar Dari Sedotan

Untuk mempercantik rumah, kamu bisa letakkan beberapa buka di suduk ruangan atau meja tamu. Tapi kalau menggunakan bunga asli tentu akan mengotori rumah dan harganya cukup mahal ya. Jadi kamu bisa gunakan bunga yang tiruan, tapi daripada kamu beli lebih baik kamu buat sendiri menggunakan sedotan bekas.

Siapkan bahan-bahan: sedotan, kertas pom, pita kecil, kuas cat, dan lem tembak.

Alat dan Bahan

2 sedotan kertas

Jarum

Benang

Gunting

Lem

Cara membuat:

  • Bersikan sedotan bekas hingga bersih dan pastikan agar sedotan kering.
  • Potong sedotan menjadi 8 bagian, satu sedotan buat menjadi empat bagian dengan membagi 2 terlebih dahulu lalu setiap bagian itu dibagi dua lagi. Jadi empat bagian yang kita potong memiliki panjang yang sama. Lalu kamu lakukan hal yang sama untuk sedotan satunya lagi hingga kamu memiliki 8 bagian dengan panjang yang sama.
  • Satukan 8 bagian tersebut dengan jarum dan benang secara sejajar. Caranya kamu siapkan jarum yang sudah dimasuki benang, pastikan unjung benang diikat kuat menjadi bentulan. Kemudian tusukkan jarum pada bagian tengah sedotan dan lanjutkan ke sedotan yang lainnya. pastikan sedotan sejajar dan akhirnya menyatu.
  • Kencangkan rangkaian sedotan yang sebelumnya kita buat hingga masing – masing sedotan menekuk dan membentuk lingkaran yang terbagi. Setelah terbentuk seperti bunga kamu ikat mati pada benang lainnya agar bunga tidak gampang rusak.
  • Supaya rangkaian bunga tampak bagus, kamu tambahkan aksen pada bagian ujung sedotan. Kamu potong unjung dari masing – masing bagian sedotan dengan sudut miring.
  • Setelah ujungnya sudah dipotong dan bunga sedotan kamu sudah rampung. Kamu bisa pajang di rumah kamu.

Anyaman Plastik Untuk Nampan

Sedotan juga bisa kamu anyam menjadi sebuah nampan yang cantik. Kamu harus menggunakan sedotan pelastik yang keras dan cukup keras. Hal ini agar setelah dianyam, bisa menopang barang berat. Selain kita bisa mengkreasikan motif anyamannya, kita juga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli nampan.

Kalung Dari Sedotan

Kalung dari sedotan bagaimana bentuknya ? nah kamu gak perlu khawatir, walaupun terbuat dari sedotan kalung ini bisa buat kamu tetap stylis dan tetap kece dengan gaya kamu. Untuk membuatnya sangatlah mudah, kamu cukup cari sedotan yang ada tekukkannya. Kemudian kamu ambil sebanyak 3 sedotan bagian tekukkan, lalu kamu sambungkan ketiganya hingga membentuk segitiga. Setelah itu kamu bisa susun segitiga – segitiga tersebut seperti rantai. Untuk bagian belakangnya, kamu potong sedotan sekitar 2-3 cm buat potongan yang banyak. setalah itu kamu lubangi ujung – ujungnya lalu sambungkan menggunaka besi yang aman untuk kulit. Jika sudah cukup panjang kamu satukan dengan rantai yang sebelumnya dibuat. Satukan dengan besi yang sama. Cara menggunakannya kamu letakkan bagian rantai di bagai depan ya.

Anyaman Dari Sedotan

Bagi kamu yang memiliki banyak persediaan sedotan atau kamu memiliki banyak sedotan bekas, kamu bisa membuat anyaman dari sedotan – sedotan tersebut. Menganyam memang cukup memakan waktu yang lama, namun hasilnya dijamin tidak akan mengecewakan. Kamu bisa membuat anyaman sedotan menjadi apapun, bisa kamu jadikan keranjanng, tempat tissue, tempat kertas, tempat pensil dan masih banyak lagi.

Vas Bunga Dari Sedotan

Kamu yang butuh vas bunga tapi tidak mau keluar banyak uang, maka kamu harus mengikuti ide satu ini. Membuat kerajinan tangan yaitu vas bunga dari sedotan. Caranya sangat mudah, kamu kumpulkan sedotan yang teksturnya keras dan kira – kira bisa menopang. Kemudian kamu susun dan rekatkan menggunakan lem hingga membentuk sebuah tabung. Untuk alasnya kamu juga bisa buat dari sedotan dengan cara menyusun dan merekatkannya menggunakan lem hingga membentuk lingkaran. Pastikan kamu menggunakan lem yang kuat dan mudah kering.

Jika kamu punya gelas bekas, kamu juga bisa menjadikannya vas bunga. Kamu cukup penuhi bagian sisi gelas menggunakan sedotan lalu ditempel di sekeliling sisi gelas. Gunakan sedotan yang berwarna bagus dan tidak lusuh agar vas bunga menjadi cantik.

Sebetulnya kerajinan tangan dari sedotan itu banyak sekali, bahkan sedotan juga bisa dibuat menjadi tas yang cantik dan elegan. Nah bagi kamu yang senang berkreasi kamu bisa coba salah satu kerajinan tangan dari sedotan tersebut. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP