5 Jenis Tanaman Hias Indoor dengan Media Air

Suasana ruangan yang segar dan sejuk menjadi keinginan setiap orang dan membuat semakin betah di dalam ruangan. Dapat meningkatkan mood baik dan menyegarkan pikiran dengan nuansa yang hijau dan biru namun bersih. Nah, dengan menggunakan tanaman hias dapat membersihkan udara di ruangan kamu.

Tanaman hias yang bersih dan menyegarkan akan membuat ruangan kamu terlihat segar dan menyejukkan. Selain itu, tanaman ini dapat membersihkan udara di ruangan kamu. Agar tidak terlihat kesan kotor, kamu dapat menggunakan tanaman yang hidup dengan media air. Berikut tanaman hias indoor dengan media air yang perlu kamu coba di ruangan kamu:

Sirih Gading


Dalam bahasa sunda, tanaman sirih gading dikenal dengan nama Lolo Munding sedangkan dalam bahasa Jawa disebut Sulang dan diberi nama Samblung dalam bahasa Bali. Kamu dapat memanfaatkan tanaman ini sebagai hiasan ruangan dan menyejukkan udara. Tanaman sirih gading memiliki akar gantung yang bisa melilit di batang pohon sehingga terlihat menarik.

Tanaman sirih gading atau dikenal dengan sebutan money plant mampu bertahan dan hidup lama dimedai air. Dengan warna hijau dan corak putih kekuningan menambah sejuk ruangan kamu. Sirih gading juga mampu menyerap polutan di dalam ruangan kamu sehingga udara di sekitarnya menjadi bersih.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan sirih gading sebagai di ruangan itu. Pertama siapkan botol toples atau kaca yang telah diisi air. Kemudian siapkan tanaman sirih gading dan potong sesuai dengan ukuran botol yang kamu siapkan. Lalu masukkan kedalam botol dan letakkan di samping jendela atau tempat yang terkena sinar matahari. Gantilah air seminggu sekali agar tetap bersih dan bersihkan botolnya pula.

Philodendron yang Menyejukkan


Didalam klasifikasi tumbuhan Philodendron adalah jenis tumbuhan dari suku araceae. Nama philodendron berasal dari Yunani yaitu dari kata philo yang berarti cinta dan dendron berarti pohon. Jadi Philodendron berarti pohon cinta. Jenis tanaman ini dapat dijumpai di daerah hutan tropis termasuk Indonesia.

Kamu dapat memanfaatkan daun philodendron yang lebar dan berwarna hijau segar sebagai tanaman hias di rumahmu. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di kamar tidur kamu sehingga terlihat sejuk dengan daunnya yang lebar. Cara pembuatannya pun sama dengan sirih gading tapi kamu dapat memanfaatkan daunnya saja di dalam botol bening agar lebih menarik.

Coleus


Coleus adalah tanaman yang berasal dari daerah tropis seperti Afrika, Asia, Australia, dan Filipina. Berdasarkan klasifikasi tumbuhan, Tanaman Coleus terbagi menjadi dua yaitu tergabung dalam solenostemon sp atau jenis lain dari plectranthus. Kamu juga dapat memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman yang menghiasi ruangan dengan media air.

Selain menambah kesan sejuk, media air juga menambah kesan semakin bersih pada ruanganmu. Nah, dengan menggunakan coleus pada ruanganmu menambah kesan klasik ruanganmu. Tanaman ini juga dapat dijumpai tumbuh liar di pekaranganmu. Tanaman ini dapat dipotong tangkainya dan dimasukkan kedalam gelas berisi air.

Bunga Anthurium


Pada klasifikasi tumbuhan, Anthurium termasuk dari keluarga Araceae. Tanaman anthurium merupakan jenis tanaman evergreen yaitu tanaman tidak mengenal masa dormansi dan hidup secara epifit dengan menempel pada tanaman lain. Yang menarik dari Anthurium adalah bentuk daunnya yang bervariasi dan unik sehingga cocok untuk hiasan rumahmu.

Bunga Anthurium berwarna terang dan berbentuk unik dengan bagian tengah seperti antena dapat dijadikan hiasan ruangan yang bagus. Tanaman ini dapat bertahan dengan media air lama. Dengan menggunakan botol bening transparan, akan terlihat akar Anthurium yang menambah kesan alami di ruanganmu.

Lucky Bamboo


Lucky Bamboo atau bambu rejeki bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang menyegarkan untuk ruanganmu. Tanaman ini juga dijadikan sebagai simbol membawa keberuntungan bagi keluarga atau rumah. Tanaman ini seperti bambu namun berukuran kecil sehingga cocok sebagai hiasan rumahmu. Lucky bamboo juga dapat hidup dan tahan lama di media air.

Cara memanfaatkan lucky bamboo sebagai hiasan kamarmu yaitu dengan memotongnya dengan ukuran sesuai. Lalu susunlah dan ikat menjadi satu sehingga terlihat rapi. Siapkan botol atau wadah yang tidak panjang agar terlihat lebih indah kemudian isi dengan air. Masukkan lucky bamboo yang disusun kedalam wadah berisi air tersebut.

Itulah 5 jenis tanaman hias indoor yang dapat hidup dengan media air. Tanaman itu dapat dijadikan hiasan ruangan atau rumah Anda dan dapat menyejukkan. Sehingga membuat kamu dapat betah di ruangan. Tanaman hias itu dapat membersihkan polutan atau udara kotor di ruangan kamu sehingga udara menjadi bersih dan segar.