5 Jenis Lem Kayu Paling Kuat di Indonesia

0
5 Jenis Lem Kayu Paling Kuat di Indonesia1

Memperbaiki perabotan rumah sendiri tidak diperlukan keahlian, hanya menggunakan peralatan yang tepat perabotan yang telah rusak bisa dipakai lagi. Hal ini bisa menghemat kamu untuk tidak membayar tukang yang memperbaiki. Apalagi kamu yang memiliki perabot terbuat dari kayu, membutuhkan peralatan yang tepat untuk memperbaikinya.

5 Jenis Lem Kayu Paling Kuat di IndonesiaSalah satu peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki perabot rumah kamu khususnya yang terbuat dari kayu adalah perekat atau lem kayu. Ada baiknya kamu mengetahui jenis lem kayu yang cocok untuk perabotan rumahmu dan menjadi perekat yang kuat, berikut penjelasannya 5 jenis lem kayu yang paling kuat:

  1. Lem Aica Aibon

5 Jenis Lem Kayu Paling Kuat di Indonesia - Aica AibonLem Aica Aibon ini berguna untuk merekatkan melamin, logam, beton, papan fiber, kulit, karpet, dan termasuk bahan yang terbuat dari kayu dan sejenisnya. Lem ini mengandung pelarut organik dan karet sintetis. Lem ini bisa dikatakan sebagai lem serbaguna karena bisa merekatkan berbagai jenis perabotan ataupun peralatan lain.

Dalam pemakaiannya, pertama-tama kamu harus membersihkan kotoran di sisi yang akan kamu lem. Kamu bisa menggunakan amplas untuk membersihkannya. Jika sudah benar-benar bersih, kemudian beri lem dan ratakan di permukaan perabotan tersebut. Biarkan lem Aica Aibon mengering selama 10 hingga 20 menit, lalu rekatkan kedua sisinya.

Lem ini akan merekat dengan baik dan maksimal jika kamu membersihkan permukaan yang akan di lem dengan baik. Kamu juga harus berhati-hati dalam penggunaannya dan jangan terkena anggota tubuh secara langsung. Lem ini tahan terhadap air sehingga tidak perlu khawatir jika terkena air.

Rentang Harga: Rp 10.000 – Rp 400.000

Cek Lem Aica Aibon Selengkapnya

  1. Lem Putih PVAc

5 Jenis Lem Kayu Paling Kuat di Indonesia - Lem Putih PVAc

Lem jenis ini diproduksi khusus untuk digunakan pada produk berkayu dan sebagai bahan plamir tembok. Lem putih PVAc juga bisa digunakan untuk merekatkan bahan lain seperti kertas dan koraltex. Jika kamu pernah mendengar lem kayu, yang dimaksud disini adalah lem PVA atau lem PVAc.

Baca juga: 6 Jenis Lem Kayu Yang Wajib Anda Diketahui

Lem yang dikenal dengan istilah lem putih atau lem kuning ini bisa dibersihkan dengan air, tapi tersedia pula produk lem PVAc yang tahan terhadap air. Dalam penggunaannya tidak langsung direkatkan pada kedua sisi barang yang telah diberi lem. Biarkan mengering sekitar 10 menit lalu direkatkan.

Rentang Harga: Rp 34.000 – Rp 240.000

Cek Lem Putih PVAc Selengkapnya

  1. Lem Polyurethane

5 Jenis Lem Kayu Paling Kuat di Indonesia - PolyurethaneLem ini bisa digunakan untuk berbagai proyek, baik proyek indoor maupun outdoor. Dalam menggunakan lem ini, kamu harus membasahi permukaan benda yang akan dilem dengan lap basah. Lalu ratakan lem pada permukaan yang telah basah dan segera menempelkan kedua sisinya. Terakhir, biarkan selama 24 jam hingga lem mengering dan perabotan kamu sudah merekat.

Rentang Harga: Rp 147.000 – Rp 160.000

Cek Lem Polyurethane Selengkapnya

  1. Lem Dextone Epoxy Adhesive

5 Jenis Lem Kayu Paling Kuat di Indonesia - Lem Dextone Epoxy Adhesive

Lem yang dikenal dengan istilah lem dextone ini memiliki dua komponen, yaitu resin dan hardener. Kamu harus mencampur kedua komponen ini untuk diaplikasikan ke perabotan kayu rumahmu. Lem dextone mampu bertahan pada suhu tinggi dan mampu merekatkan bahan logam lainnya seperti besi, baja, dan tembaga.

Dalam penggunaannya kamu harus mencampur dua jenis komponennya terlebih dahulu lalu ratakan di permukaan kayu yang akan dilem. Tunggu beberapa menit kemudian rekatkan dan tahan hingga lem kering dan merekat. Sebaiknya, kamu tidak bersentuhan langsung dengan lem ini karena akan sulit dibersihkan jika terkena kulit langsung

Rentang Harga: Rp 25.000 – Rp 250.000

Cek Lem Dextone Selengkapnya

  1. Lem Ethyl Cyanoacrylate

5 Jenis Lem Kayu Paling Kuat di Indonesia - Lem Ethyl CyanocrylateLem ini dikenal dengan lem korea yang berbentuk cair dan memiliki daya rekat tinggi. Bahan yang terbuat dari kayu bisa direkatkan dengan baik menggunakan lem ethyl cyanocrylate ini. Cara penggunaan lem ini yaitu pertama membersihkan permukaan yang akan dilem dengan tujuan agar lem dapat merekat dengan baik.

Lalu meratakan pada permukaan benda yang akan direkatkan. Tunggu beberapa menit lalu rekatkan kedua sisi permukaannya lalu tahan hingga lem mengering dan merekat dengan baik.

Rentang Harga: Rp 10.000 – Rp 300.000

Cek Lem Ethyl Cyanocrylate Selengkapnya

Itulah pembahasan 5 jenis lem kayu paling kuat yang bisa kamu temui di Indonesia. Masih ada beberapa lem kayu lainnya yang tidak kalah kuatnya dengan 5 jenis lem diatas. Kamu bisa mendapatkan lem-lem berikut dengan mudah di toko bangunan atau toko yang khusus menjual berbagai lem. Keenam lem diatas bisa kamu jadikan referensi untuk menggunakan lem kayu.

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: