5 Jenis Lampu Aquascape Yang Bisa Dijadikan Pilihan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Jenis-Lampu-Aquascape[1]
Daftar Topik

Tentunya anda sering melihat jika akuarium dipasangkan sebuah lampu yang menjadi sumber pencahayaan. Sebab dengan adanya tanaman dan juga ikan yang ada di dalam akuarium tersebut akan tumbuh dengan memerlukan adanya cahaya. Terlebih lagi jenis tanaman dan juga ikan yang sangat memerlukan pencahayaan yang cukup tinggi. Jika di alam makhluk hidup memang memakai cahaya matahari akan tetapi ketika di akuarium pencahayaan memang membutuhkan dari lampu aquascape.

5-Jenis-Lampu-Aquascape-Yang-Bisa-Dijadikan-Pilihan[1]Untuk per liter dari air akuarium memerlukan metal halide sekitar 2 sampai 3 watt. Jenis lampu ini memang memberikan pengaruh pada air yang ada di akuarium. Cahaya lampu yang dibutuhkan untuk akuarium yang mempunyai air dangkal memang jauh lebih sedikit. untuk suhu bola lampu yang bagus untuk aquarium kurang lebih sekitar 6700k sampai 10000 k. Nah berikut ini adalah beberapa jenis lampu aquascape yang bisa diberikan pilihan untuk akuarium yang kamu miliki:

Lampu Aquascape Metal Halide

3 Jenis Lampu Aquascape Terbaik untuk Tanaman & Ikan!

Untuk yang pertama merupakan jenis lampu dengan nama metal halide yang cahayanya tidak terlalu terang. Kemampuan cahaya yang diberikan oleh lampu ini berkisar antara 100 hingga 400 watt jenis lampu metal halide ini sangat cocok jika dipakai untuk akuarium yang dangkal bahkan cahaya yang dihasilkan berasal dari logam Halida dengan adanya campuran uap merkuri. Jika memakai lampu metal halide ini nantinya bisa memberikan efek berkilauan di dalam kolam akuarium sebab cahaya dihasilkan dapat menembus di kedalaman air.

Bagi akuarium dengan air yang dangkal cahaya ini memang menghasilkan sinar yang cukup terang namun dapat menghasilkan panas yang cukup tinggi. Itulah mengapa jika memiliki akuarium yang dangkal lampu ini harus diletakkan pada tempat yang sesuai. Jangan sampai diletakkan terlalu dekat dengan akuarium sebab bisa mengganggu kesehatan dari ikan dan tumbuhan.

T5-Fluorescent Lampu Aquascape

Kualitas dari lampu aquascape ini bisa dikatakan cukup modern dibandingkan sebelumnya. Dimana lampu ini mempunyai ukuran yang jauh lebih tipis serta lebih terang dibandingkan dengan lampu neon T8. Lampu ini mempunyai watt yang sangat tinggi sehingga cahaya yang dikeluarkan bisa merata ke seluruh akuarium. Hal ini memang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman terkait kesehatan dari ikan yang ada di dalam akuarium, selain itu seluruh bagian dari akuarium maupun yang ada di pojok akan tetap terkena cahaya dengan bagus.

Baca juga: Ikan Aquascape Dengan Warna Terindah

Agar dapat memasang lampu ini memang diharuskan memakai ballast. Sehingga nanti dengan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Bukan hanya itu saja jenis lampu ini memang diwajibkan untuk diganti secara rutin dikarenakan spektrumnya bisa berubah, dan apabila tidak segera diganti akan menjadikan pertumbuhan algae maupun lumut di aquarium yang jauh lebih cepat.

Lampu Aquascape LED

Untuk yang ketiga adalah jenis lampu aquascape yang bisa dijadikan pilihan bagaimana lampu LED ini memang jenis yang paling populer untuk dipasang di akuarium. Bahkan lampu ini memang sudah memakai teknologi baru yang cukup canggih bahkan pencahayaan yang diberikan kepada akuarium bisa lebih merata. Tak hanya itu saja dengan adanya lampu ini mampu menumbuhkan tanaman yang ada di akuarium dengan cepat dan baik.

Kelebihan Dan Kekurang Yang Dimiliki Oleh Lampu LED Aquascape

Jika membicarakan masalah harga harganya pun memang tergolong terjangkau meskipun telah memakai teknologi yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Kamu pun bisa melakukan kombinasi lampu ini dengan menggunakan lensa tank, karena mampu menghasilkan akuarium dengan penampilan yang bagus. Dikarenakan memiliki watt yang jauh lebih rendah maka dipastikan biaya untuk pembayaran listrik lebih kecil.

Lampu Aquascape TL Lamp Tubular Panjang

Berikut ini adalah jenis lampu TL tabung dengan bentuk yang memanjang dan ini memang seringkali dijumpai pada aquarium.  Perlu diketahui Jika lampu TL lamp tubular panjang ini memiliki ukuran yang lumayan besar sehingga bisa saja memakan ruang lebih banyak di akuarium. Namun lampu ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan di dalam akuarium.

Lampu Aquascape PL

Berikutnya adalah jenis lampu PL atau dengan kepanjangan power light yang memiliki ukuran cukup kecil yang memiliki lumens sehingga jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan lampu T8. namun yang pasti lampu ini sangat cocok untuk akuarium dengan ukuran yang terbatas.

Demikianlah sekilas info yang diberikan kepada kamu mengenai 5 jenis lampu aquascape yang bisa dijadikan pilihan untuk aquarium di dalam rumah. Informasi di atas sangat diharapkan bisa memberikan manfaat serta referensi lampu untuk menghias akuarium menjadi jauh lebih cantik.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA