5 Jenis Cemilan Sehat Anak yang Bisa Dibuat Sendiri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cemilan-Sehat-Anak[1]
Daftar Topik

Usia anak yang mulai berkembang membuatnya membutuhkan asupan yang lebih dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan aktivitas anak yang bertambah mulai dari sekolah, bermain didalam maupun diluar rumah. Tentunya bunda ingin anaknya tetap sehat dan berenergi sehingga dapat beraktivitas dengan baik tanpa khawatir dengan daya tahan tubuhnya.

Sumber energi untuk anak yang terbaik berasal dari makanan yang sehat. Kebutuhan tambahan energi anak dapat juga didapat dari camilan. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus menyediakan berbagai macam camilan sehat anak dirumah. Sebaiknya anak mengkonsumsi camilan yang dibuat dari rumah daripada jajan diluar yang kandungan nutrisinya kurang jelas.

Kroket Kentang Ragout Ayam

Resep Kroket kentang isi Ragout simple oleh Nisya Alindiya - Cookpad

Dilihat dari namanya camilan ini berasal dari kentang dengan campuran ayam. Yap tepat sekali, anak-anak dijamin suka dengan camilan ini karena rasanya yang nikmat. Kroket kentang ragout ayam memiliki tekstur yang lembut didalam dan renyah diluar dengan balutan tepung panir yang digoreng.

Kroket kentang ragout ayam terbuat dari campuran daging ayam dan kentang kukus yang dihaluskan, wortel yang dipotong cacah kecil, bawang bombay dan taburan merica,gula, dan garam secukupnya. Lalu dibuat bulatan memanjang kemudian dicelupkan kedalam telur kocok lalu dibalut dengan tepung. Kemudian digoreng hingga kecoklatan.

Nugget Pisang

5 Cara Membuat Nugget Pisang, Nikmat dan Mudah Dipraktikkan | merdeka.com

Siapa yang tidak mengenal makan pisang nugget hits ini? Jika anak-anak bosan dengan pisang goreng, dapat dibuat variasi camilan pisang yaitu pisang nugget. Camilan ini dapat dibuat dengan mudah dirumah dengan bahan utama pisang. Rasanya yang nikmat dengan ditambah topping coklat atau keju menarik minat si kecil untuk memakannya.

Pilihlah jenis pisang tanduk atau kepok kuning untuk rasa yang lebih nikmat. Kemudian dihaluskan dengan ditambahkan gula dan sedikit tepung lalu kukus hingga matang. Kemudian potong persegi panjang dan dicelupkan ke telur kocok lalu dibalut tepung roti. Goreng hingga kecoklatan dan sajikan dengan tambahan topping coklat, keju atau strawberry.

Cheesecake Kukus

Resep Membuat Cheesecake Kukus, Anak-anak Juga Pasti Suka

Si kecil yang menyukai keju cocok sekali untuk dibuatkan kue yang satu ini yaitu cheesecake. Dilihat dari namanya kue ini berasal dari keju. Kue ini bermanfaat bagi tumbuh kembang anak karena berasal dari keju hasil olahan susu. Rasanya manis namun gurih yang membuat anak-anak suka dengan camilan ini.

Cara membuatnya sama dengan cara membuat kue lain namun ditambahkan keju yang lebih banyak. Dengan cara dimasak dikukus bukan dipanggang sehingga dapat dilakukan bagi kamu yang tidak memiliki pemanggang roti. Akan lebih menarik jika disajikan dengan toping buah seperti irisan strawberry atau parutan keju. Anak-anak tidak akan menolak camilan yang satu ini.

Roti Isi Daging dan Wortel

Roti isi dari berbagai negara

Wortel merupakan jenis sayuran yang baik untuk kesehatan mata anak karena mengandung Vitamin dan betakaroten. Kamu dapat mengolah wortel menjadi camilan lezat dengan campuran ayam menjadi roti isi daging dan wortel yang baik bagi kesehatan anak. Dan tentunya disukai anak karena rasanya yang gurih dan sedikit manis.

Cara membuatnya sama seperti pembuatan bolu kukus, tetapi diisi dengan campuran wortel dan daging. Kemudian dikukus hingga matang kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit dikukus. Selain dikukus camilan ini juga bisa dipanggang kurang lebih 30 menit. Si kecil akan tertarik dengan jenis camilan sehat anak yang satu ini.

Kue Lumpur Labu Kuning

Labu kuning memiliki kandungan nutrisi diantaranya vitamin A, B, C, kalsium, zat besi, serat, karoten dan zat lainnya yang baik untuk kesehatan anak dan membantu tumbuh kembang anak. Kamu dapat menjadikan labu kuning sebagai bahan utama membuat kue lumpur dengan tekstur lembut favorit anak-anak.

Resep Kue Lumpur Labu Kuning, Manis dan Lembut | Indozone.id

Cara membuat kue lumpur labu kuning sama dengan membuat kue lumpur yang lain. Namun ditambahkan labu yang dikukus hingga lembut kemudian dihaluskan. Lalu dipanggang pada cetakan dengan api kecil agar tidak gosong. Kamu juga bisa menambahkan toping kismis atau potongan coklat kecil diatasnya. Lalu sajikan diatas piring dan lebih nikmat disantap dalam keadaan hangat.

Itulah lima jenis camilan sehat anak yang bisa dibuat sendiri dirumah, mudah bukan? Kamu dapat mencobanya di rumah agar si kecil bisa ngemil sehat. Dengan tidak khawatir pengawet, pewarna, perasa, pemanis buatan kamu dapat menjaga kesehatan buah hati. Tentunya dapat menambah asupan energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Yuk, coba sekarang, Moms.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

Cemilan dari Durian

Jika dipikir, Durian bagaikan “selebriti” di kalangan bangsa buah. Seperti yang kita tahu, haters dan

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP