5 Jenis Anjing Peliharaan yang Mudah Dijinakkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Jenis-Anjing-Peliharaan[1]
Daftar Topik

Anjing merupakan hewan yang loyal, cerdas, dan ramah. Hewan yang masuk kategori mamalia ini sering dijadikan hewan peliharaan. Tujuannya bisa sebagai penjaga rumah, keamanan rumah ataupun hewan piaraan untuk berkawan. Namun, tidak semua jenis anjing dapat dipelihara dengan mudah dan jinak.

Ada jenis anjing yang ramah dan penurut, tapi ada juga yang memiliki sifat aktif dan sulit dijinakkan. Sifat alami hewan adalah hal yang biasa, namun untuk memahami maksud Anda, seorang majikan. Perlu beberapa tindakan yang berikut ada 5 jenis anjing peliharaan yang mudah dijinakkan…

Golden Retriever

Golden Retriever

Siapa sih yang tidak mengenal anjing yang ramah dan penurut ini? Golden Retriever tergolong anjing berukuran medium. Anjing golden retriever merupakan persilangan antara anjing jenis English Water Spaniel dengan Wavy-Coated Retriever. Karena sifatnya yang ramah anjing jenis ini termasuk anjing populer nomor 3.

Anjing jenis ini adalah anjing multiguna dengan berbagai kemampuan. Salah satu sifatnya yang sangat cocok peliharaan keluarga adalah bersahabat, sabar, dan menyenangkan hati pemiliknya. Anjing golden juga bisa dijadikan sebagai anjing pelacak narkoba, penyelamat, dan penuntun. Namun, kurang peka sehingga tidak cocok sebagai penjaga.

Sifatnya yang penurut, membuatnya mudah untuk dijinakkan. Agar lebih mudah, maka latihlah anjingmu untuk memahami beberapa bahasa isyarat sejak kecil. Anjing golden termasuk kategori anjing yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, seperti jenis Collie, Poodle, dan German Shepherd Dog.

Toy Poodle

INK361 - The Instagram web interface | Anjing poodle, Anjing

Anjing Toy Poodle memiliki karakter yang ceria dan pintar serta menarik perhatian dari pemiliknya. Anjing jenis Poodle merupakan kategori anjing berukuran mini. Mereka merupakan jenis anjing peliharaan yang aktif dan keras kepala namun menggemaskan. Sehingga, hewan ini cocok dijadikan peliharaan keluarga dan mudah dijinakkan.

Merawat toy poodle bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan finansial yang baik bagi pemiliknya. Karena bulu terus tumbuh, diperlukan perawatan yang baik untuk  agar terhindar dari kutu dan penyakit lainnya. Jenis anjing yang cerdas ini merupakan perenang yang baik.

Toy poodle termasuk dalam jenis anjing yang mudah dilatih dan dijinakkan. Sebaiknya, dilatih dengan gigih dan rutin dari kecil. Karena aktif dan bosan jika menganggur, kamu harus melakukan sesuatu yang bisa dikerjakan. Misalnya, sering diajak jalan-jalan dan bermain di luar. Anjing jenis nasional Perancis ini hidup hingga 13-16 tahun.

Chihuahua

Chihuahua - Full Profile, History, and Care

Chihuahua adalah ras anjing berukuran kecil karena itu terlihat lucu untuk dipelihara. Chihuahua memiliki bulu yang pendek dan halus terlihat cenderung seperti botak. Sifatnya yang penyayang dan ramah kepada orang lain dan anak-anak, membuat anjing jenis ini cukup mudah dilatih.

Berdasarkan banyaknya bulu terdapat dua jenis anjing Chihuahua yaitu dengan bulu yang panjang (long coat) dan bulu halus atau pendek (smooth coat) . Rata-rata hidup Chihuahua termasuk panjang yaitu 10-18 tahun. Mereka merupakan anjing yang setia dan protektif terhadap pemiliknya dengan cenderung mengikuti pemiliknya kemana-mana.

Havanese

Havanese | Dog Breed Facts and Information - Wag! Dog Walking | Havanese puppies, Dog breeds, Havanese dogsSiapa yang kenal lagunya Camilla Cabelo yang berjudul Havana, pasti terbayang dengan anjing jenis Havanese yang memiliki nama hampir sama. Namun jangan dibayangkan jika anjing jenis ini terlihat lemah gemulai seperti lagunya. Tapi Havanese ini sangatlah setia sehingga menempel terus pada pemiliknya.

Havanese merupakan anjing yang ramah kepada setiap orang dan juga mampu beradaptasi baik di ruang kecil maupun luas. Namun, tergolong sedikit nakal karena menyukai menggigit barang terutama kertas dan tisu. Bulunya pun tidak mudah rontok, sehingga mudah dalam perawatan namun harus tetap memperhatikan kebersihan.

Cavalier King Charles Spaniel

Anjing Cavalier King Charles - Foto gratis di Pixabay

Dengan jenis yang panjang dan terdapat kata ‘king’ mungkin kamu berpikir bahwa anjing jenis ini terlihat mewah dan elegan. Padahal anjing Cavalier kategori ukuran anjing berukuran kecil yang lucu imut dan playful. Selain itu, anjing Cavalier termasuk anjing yang penurut dan mengikuti si pemilik.

Tahukah kamu asal nama dari anjing jenis ini? Yap, jenis anjing ini sesuai dengan nama Raja dari Inggris yaitu Raja Charles II. Anjing berukuran rata-rata 30-33 cm ini ini senang bermain dan ceria. Sedangkan untuk rentang usia rata-rata anjing jenis Cavalier adalah 9-14 tahun dan berat badan 5,9 -8,2 kg.

Itulah 5 jenis anjing peliharaan yang mudah dijinakkan, terlihat menggemaskan bukan? Dengan pelatihan yang rutin dan gigih, anjing dapat menjadi teman setiamu dan menurut. Perlu dipertimbangkan matang untuk memelihara anjing dirumah. Serta ditentukan pula untuk apa merawat anjing agar bisa memilih.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP