5 Hadits Tentang Ilmu yang Harus Dipahami

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
30320-belajar
Daftar Topik

Bagi setiap muslim baik itu laki-laki ataupun perempuan diwajibkan untuk menuntut ilmu. Karena sebagai seorang muslim, menyatakan keislamannya saja tidak cukup. Maka dari itu masih dibutuhkan usaha untuk memahami islam dan cara mengamalkannya. Karena selama apapun kita hidup di dunia, jika tidak memiliki ilmu maka tidak akan ada gunanya. Kewajiban menuntut ilmu bagi setiap muslim sudah dijelaskan dalam berbagai hadits yang shahih. Sebagaimana yang akan dibahas pada ulasan kali ini mengenai 5 hadits tentang ilmu yang harus diketahui dan dipahami bersama.

Keutamaan Mencari Ilmu

Sebelum membahas mengenai hadits menuntut ilmu, penting juga mengetahui keutamaan-keutamaan mencari ilmu. Banyak orang yang menyepelekan ilmu dikarenakan belum mengetahui keutamaannya. Banyak sekali keutamaan mencari ilmu yang bisa kita temui di Al Qur’an dan Hadits, diantaranya sebagai berikut:

  • Dengan adanya ilmu, kita akan lebih mudah untuk menuju surge.
  • Ilmu merupakan warisan para Nabi, sehingga ilmu akan selalu bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.
  • Ilmu menjadi amal yang kekal dan tak akan terputus, meskipun orang yang mengamalkannya sudah meninggal dunia.
  • Setiap orang yang diberi kepahaman terhadap agama, maka orang tersebut dikehendaki kebaikan.
  • Orang yang berilmu tidak akan takut pada siapapun kecuali Allah SWT.
  • Orang yang berilmu akan diangkat derajatnya.
  • Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan mencari ilmu.

Hadits Tentang Menuntut Ilmu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. Bahkan, banyak sekali keutamaan menuntut ilmu yang bisa didapatkan. Ada beberapa hadist yang membahas tentang ilmu yang perlu dipahami. Sebagaimana berikut ini hadits-hadits tersebut:

1. Hadits tentang menuntut ilmu yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah


مُسْلِمٍ كُلِّ عَلَى فَرِثْضَةٌ اْلعِلْمْ طَلَبُ

Artinya “Menuntut ilmu menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang muslim.”

Dari hadits ini bisa disimpulkan bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Menuntut ilmu diwajibkan karena banyaknya keutamaan yang bisa didapatkan.

2. Dalam hadits tentang menuntut ilmu lainnya, Rasulullah SAW bersabda,

( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ) لِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ

Artinya, “Belajarlah dan mengajarlah kalian. Serta hormatilah guru-gurumu dan berlaku baiklah kepada setiap orang yang mengajarimu ilmu.” (HR Tabrani)

Dalam hadits ini bisa dijelaskan bahwa setiap orang diwajibkan untuk belajar dan mengamalkan apa yang sudah dipelajarinya. Selain itu, juga diharuskan menghormati guru atau setiap orang yang mengajarimu ilmu walaupun sebatas satu ayat. Dalam hal ini ilmu agama menjadi ilmu yang paling utama untuk dipelajari. Disisi lain, bukan berarti hanya ilmu agama yang harus dipelajari. Namun, bukan berarti ilmu umum harus diabaikan. Intinya semua ilmu itu penting untuk menambah wawasan kita dan membantu dalam membangun kemajuan zaman, mengungkap kebenaran, dan memahami rahasia-rahasia yang Allah ciptakan.

3. Pentingnya menuntut ilmu yang membuat kita semakin ingat dan syukur kepada Allah SWT. Sebagaimana berikut ini sabda Rasulullah SAW berikut


ا سهل الله له طريقاالى الجنة عِلْمًفِيْهِ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ سَلَكَ مَنْ

Artinya “Barang siapa yang mendapatkan ilmu dengan menggunakan satu jalan, maka Allah akan selalu memudahkan jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

4. Turmudzi juga meriwayatkan hadits mengenai pentingnya menuntut ilmu, sebagaimana berikut ini:

يَرْجِعَ ى حَتَّللهِ اسَبِيْلِ فِى فَهُوَ الْعِلْمِ طَلَبُ فِى خَرَجَ مَنْ

Artinya : “Barang siapa yang keluar dengan tujuan mencari ilmu, maka ia termasuk orang yang berada di jalan Allah hingga sampai rumah”.

Dalam hadits in dijelaskan bahwa setiap orang yang menuntut ilmu mulai dari berangkat hingga pulang, ia akan selalu berada di jalan Allah SWT.

5. Hadits yang diriwayatkan oleh At-Tabrani mengenai keutamaan menuntut ilmu, sebagaimana berikut ini

مِنْهُ تَتَعَلّمُوانَ لِمَنْ عُوْا وَتَوَاضَوَالْوَقَا السّكِيْنَةَ لِلْعِلْمِ وَتَعَلّمُوْا تَعَلّمُواالعِلْمَ

Artinya: “Carilah ilmu untuk ketentraman dan ketenangan. Serta rendah hatilah kepada orang yang mengajarimu.”

Dari hadits tentang ilmu ini dijelaskan bahwa keutamaan mencari ilmu yaitu untuk ketentraman dan ketenangan. Sebagai orang yang menuntut ilmu, kita juga dituntut untuk selalu berlaku baik kepada guru atau siapapun yang mengajari.

Kemudian, Rasulullah SAW juga menegaskan bahwa ilmu juga menjadi amal yang tidak akan pernah putus dan akan selalu bermanfaat baik semasa di dunia bahkan setelah manusia itu wafat. Seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang artinya “Jika seorang manusia mati, maka ada 3 hal amal yang tidak akan pernah terputus yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631)

Setelah mengetahui dan memahami hadits tentang ilmu, diharapkan kita bisa lebih bersemangat dalam mencari ilmu. Mengingat ilmu merupakan salah satu amal yang tidak akan terputus, bahkan ketika kita sudah meninggal dunia. Semoga kita menjadi orang yang ahli ilmu dan selalu bermanfaat untuk orang lain.

BACA JUGA!

Berbagai Ilmu Pasti yang Bisa Kita Pelajari

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP