5 Gunung Meletus Terbesar di Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gunung-berapi-768x402[1]
Daftar Topik

Indonesia merupakan negara yang terdapat hamparan berbagai macam gunung. Indonesia memiliki banyak sekali gunung yang tersebar dari kota Sabang sampai Merauke. Bahkan bisa jadi negara Indonesia memang dikelilingi oleh gunung. Mungkin juga daerah yang dimana kamu tinggal terdapat beberapa gunung. Gunung-gunung yang tersebar di Indonesia tentunya ada yang aktif dan ada pula yang tidak aktif. Dari sekian banyaknya gunung-gunung yang ada di Indonesia, kamu tentu tidak tahu kan gunung apa saja yang pernah mengalami letusan? Nah, jika kamu belum tahu, kamu sudah berkunjung ke artikel yang paling tepat! Kali ini kami akan berikan kepada kamu 5 gunung meletus di Indonesia.

GUNUNG MELETUS DI INDONESIA

Tidak usah berlama lama lagi, untuk mengobati rasa penasaran kalian tentang gunung yang pernah meletus di Indonesia, langsung saja perhatikan penjelasan berikut ini.

  1. Gunung Krakatau

Salah satu gunung meletus di Indonesia adalah gunung krakatau. Gunung krakatau adalah gunung purba yang terletak di Selat Sunda. Gunung ini meletus pada tahun 1883 yang merupakan masa dimana bangsa Indonesia masih dijajah. Kekuatan letusannya diperkirakan mencapai 13.000 kali lebih besar dibanding daya ledak bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada 1945.

Letusan Gunung Krakatau disebut sebagai letusan terkeras sepanjang sejarah. Bahkan, suara letusannya bisa didengar hingga jarak 3.000 mil. Letusan juga memicu terjadinya Tsunami berketinggian 130 kaki. Letusan Krakatau juga menyebabkan 36 ribu orang meninggal dunia.

  1. Gunung Merapi

Gunung yang terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah gunung teraktif di Indonesia. Bagi kalian yang tinggal di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah rasanya udah nggak aneh lagi dengan adanya hujan abu akibat letusan gunung ini. Gunung merapi biasanya meletus sekitar 2 sampai 3 tahun sekali.

Namun jika gunung ini tidak meletus selama 10 tahun, kalian yang tinggal di kaki gunung dan DIY perlu berhati hati. Pasalnya jika gunung ini tidak meletus dalam waktu yang lama, maka akan terjadi erupsi yang sangat dahsyat.

  1. Gunung Kelud

Gunung meletus di Indonesia yang selanjutnya adalah Gunung Kelud. Salah satu gunung berapi di Jawa Timur ini pernah meletus pada baru baru ini. Gunung kelud juga dinobatan sebagai gunung teraktif di Indonesia setelah Gunung Merapi. Gunung berapi di Indonesia ini masih aktif dan juga memiliki sejarah letusan yang sangat besar. Letusan terbesarnya itu pada 1586 yang menyebabkan 10.000 orang meninggal dunia. Sementara letusan pada 1919 menelan korban meninggal sekitar 5.000 orang. Nah, bagi kalian yang tinggal di daerah kaki Gunung Kelud ini pastinya sering mendengar suara gemuruh dari perut bumi bukan? Tidak hanya itu, Gunung Kelud juga memiliki waktu letusan berkala yaitu sekitar 5 tahun sekali.

  1. Gunung Tambora

Satu lagi gunung purba yang ada di Indonesia yaitu Gunung Tambora. Gunung Tambora terletak di pulau Sumbawa. Gunung ini juga pernah mengalami erupsi terbesar gunung berapi dalam sejarah manusia yang terjadi pada tahun 1815 silam.

Letusan yang memuntahkan sekitar 400 juta ton material vulkanik itu menyebabkan 100 ribu orang meninggal dunia. Selain itu, beberapa kerjaan yang terletak di kaki Tambora juga seketika musnah dan sempat hilang dari sejarah dunia.

Bahkan, dampak letusan gunung berapi Tambora juga dirasakan di sejumlah benua. Pada 1816, bumi pun memasuki musim dingin berkepanjangan yang dikenal dengan sebutan “The Year Without Summer”. Akibatnya, terjadi gagal panen dan umat manusia mengalami kelaparan massal.

  1. Gunung Sinabung

Gunung api yang pernah meletus di Indonesia selanjutnya adalah Gunung Sinabung. Gunung Sinabung ini terletak di Kabupaten Karo provinsi Sumatera Barat. Gunung Sinabung pada awalnya adalah gunung api yang tidak pernah meletus sejak tahun 1600. Namun pada tahun 2010 gunung ini kembali meletus dengan erupsi yang cukup besar. Tidak hanya itu, gunung ini juga meletus secara berurutan pada tahun 2013, 2014, dan 2016. Untuk kalian yang tinggal di dekat-dekat gunung tersebut, sebaiknya selalu waspada ya!

Nama-nama gunung aktif di atas adalah sebagian gunung yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi gunung meletus di Indonesia. Kita sebagai manusia tentunya harus mengetahui keadaan alam disekitar kita tinggal. Jadi kita bisa lebih berhati-hati lagi. Apalagi bagi kalian yang tinggal di daerah gunung dan gunung tersebut adalah gunung yang masih aktif. Tentu kamu harus lebih berhati hati dan waspada, karena kita tidak tahu kapan gunung tersebut akan meletus. (elevenia)

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA