5 Film Indonesia Bertema Perjuangan, Wajib Tonton!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
film-indonesia-bertema-perjuangan
Daftar Topik

Film Indonesia Bertema Perjuangan – Selain lomba-lomba tradisional yang memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, ada hal lain yang bisa memeriahkannya. Yaitu nonton bareng film Indonesia yang bertema perjuangan. Tak heran kalau banyak pula stasiun televisi yang menayangkannya.

Sudah banyak film terkait kemerdekaan yang bertemakan perjuangan yang sudah diproduksi di Tanah Air. Berikut ini merupakan beberapa pilihan film Indonesia bertema perjuangan terbaik yang wajib ditonton versi Blog elevenia.

5 Film Indonesia Bertema Perjuangan yang Wajib Ditonton

1. Merah Putih

film-indonesia-bertema-perjuangan-merah-putih

Film kemerdekaan Indonesia yang pertama adalah film dengan judul merah putih yang dirilis pada tahun 2009. Film merah putih tersebut diperankan oleh aktor-aktor kenamaan Indonesia seperti Darius Sinathrya, Donny Alamsyah, Lukman Sardi, Zumi Zola dan juga Teuku Rifnu. Di dalam film merah putih tersebut telah mengisahkan tentang perjuangan di masa kemerdekaan Indonesia tahun 1947 ketika terjadi Agresi Militer Belanda 1.

Tidak hanya mengisahkan peperangan saja, namun film merah putih juga dibumbui dengan adanya drama serta terjadinya suatu konflik di antara karakternya. Karakter-karakter mempunyai suku, ras, agama serta latar belakang yang berbeda-beda satu sama lain.

2. Soekarno : Indonesia Merdeka

soekarno-indonesia-merdeka

Film kemerdekaan Indonesia terbaik yang kedua adalah Soekarno: Indonesia merdeka yang mana film tersebut adalah hasil garapan sutradara kenamaan Indonesia yaitu Hanung Bramantyo. Sebagaimana judulnya, film tersebut memang menceritakan mengenai kisah hidup sang proklamator Ir. Soekarno.

Ir. Soekarno di film tersebut diperankan oleh Ario Bayu dan bung Hatta diperankan oleh Lukman Sardi. Sedangkan tokoh-tokoh yang lainnya diperankan oleh aktor-aktor kenamaan Indonesia seperti Tika bravani, Maudy Koesnadi sampai dengan Sujiwo Tejo.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Indonesia Paling Sedih, Bikin Banjir Air Mata!

3. Tanah Air Beta

film-indonesia-bertema-perjuangan-tanah-air-beta

Film Indonesia bertema perjuangan yang selanjutnya adalah film dengan judul Tanah Air Beta. film Tanah Air Beta merupakan hasil produksi dari Alenia Pictures. Alenia Pictures merupakan rumah produksi yang dimiliki oleh Ari Sihasale serta Nia Zulkarnaen

Keduanya dikenal selalu konsisten untuk membuat film-film yang menceritakan tentang kekayaan Indonesia serta film nasionalisme. Konflik yang diangkat pada film Tanah Air Beta tersebut adalah konflik yang terjadi di Timor Timur yang menyebabkan Timor Timur tersebut memisahkan diri dari Indonesia.

4. The Raid : Redemption

the-raid-redemption

The Raid redemption merupakan film yang sangat fenomenal dengan genre action yang telah berhasil mengharumkan nama republik Indonesia. di dalam film tersebut memperlihatkan genre action dengan seni pencak silat dan berhasil ditayangkan di berbagai macam festival film bergengsi yang ada di luar negeri.

Seperti Festival Film Toronto, Festival Film Glasgow, Festival Film Busan sampai dengan Festival Film Sundance yang merupakan festival film bergengsi. Tidak hanya diputar saja, film ini juga telah berhasil mendapatkan suatu penghargaan di ajang Festival Film Toronto yaitu The Cadillac’s People Choice Midnight Madness Award.

5. Bumi Manusia

film-indonesia-bertema-perjuangan-bumi-manusia

Merupakan salah satu film bertema sejarah dan perjuangan yang terkenal di Indonesia. Film ini dirilis pada tahun 2019 dengan Iqbaal Ramadhan dan Mawar de Jongh sebagai tokoh utamnya. Uniknya, film ini merupakan hasil adaptasi dari novel populer berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Bumi Manusia berkisah tentang seorang pemuda pribumi yang cerdas bernama Minke. Dia merupakan salah satu murid teladan dari sekolah HBS (Hoogere Burgerschool). Sekolah yang diperuntukan untuk orang kalangan atas saat itu. Selain menyorot kehidupan sehari-hari dan perjuangan Minke, film ini juga menceritakan mengenai kekejaman penjajah Belanda dalam memperlakukan kalangan pribumi pada saat itu.

Nah, itulah tadi film Indonesia bertema perjuangan yang wajib kamu tonton dalam memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, ya.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP