5 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Paling Mudah dan Optimal

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Metabolisme adalah proses yang terjadi dalam tubuh secara alami setiap harinya. Metabolisme tubuh ini merupakan suatu proses di dalam tubuh manusia yang bakal mengubah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh menjadi energy. Dengan begitu kita bisa melakukan aktivitas sehari hari.

Intinya, metabolisme dalam tubuh itu sangatlah penting. Sebab, metabolisme mampu membakar lemak yang ada dalam tubuh menjadi sebuah energi. Dengan begitu setiap makanan yang masuk akan langsung diubah menjadi energy sehingga tidak ada penumpukan lemak di dalam tubuh.

Proses metabolisme ini tentu sangat penting terutama bagi kamu yang tengah melakukan program penurunan berat badan. Ada sejumlah cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh menjadi lebih optimal membakar kalori. Proses metabolisme yang baik tentu akan membuat kamu lebih mudah dalam menurunkan berat badan. Lalu apa saja caranya? Simak ulasannya di bawah ini:

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Paling Mudah dan Optimal

Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan metabolisme. Sebab, olahraga dapat membuat tubuh melakukan banyak gerakan. Gerakan-gerakan tersebut nantinya dapat membakar kalori yang ada di tubuh kamu. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, olahraga ringan pun seperti jongging, atau senam sudah bisa meningkatkan metabolisme, hanya saja harus dilakukan secara rutin.

Olahraga adalah cara efektif pertama dalam meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Karena dengan berolahraga, tubuh kita banyak melakukan gerakan, yang mana gerakan tersebut nantinya akan membakar kalori di dalam tubuh kita.

Perbanyak makan dengan Porsi yang Sedikit

Salah satu cara untuk diet yang benar adalah dengan cara makan 4 sampai 5 kali sehari. Namun tiap kali makan jangan dalam porsi yang benar, namun makanlah dengan porsi yang sedikit. Proses metabolisme dalam tubuh akan terjaga dan dapat bekerja secara optimal. Sebab, bila makan dengan porsi makan banyak, maka dapat menyebabkan penimbunan kalori yang berlebihan dalam tubuh sehingga penurunan berat badan akan terhambat.

Metode lainnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan cara puasa selang seling. Namun cara ini tidak semua orang mampu melakukannya. Maka salah satu cara mudahnya adalah makan dengan porsi yang sedikit namun dengan periode yang sering.

Perbanyak Minum Air Putih

Proses pembakaran kalori menjadi sebuah energy membutuhkan air yang cukup. Untuk itu kamu harus mengkonsumsi air yang cukup setiap harinya. Bila kamu mengalami dehidrasi, maka proses metabolisme akan terhambat. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, tak hanya melancarkan proses metabolisme tapi juga melancarkan peredarah darah dan penyebaran gizi ke seluruh tubuh dengan lebih optimal. Tak hanya itu, mengkonsumsi air yang cukup pun dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan melancarkan kinerja ginjal. Namun kamu juga harus ingat, jangan sampai mengkonsumsi air secara berlebihan karena hal ini dapat berdampak buruk bagi tubuh. Konsumsi air sesuai dengan yang disarankan setiap harinya agar manfaat yang bisa kamu rasakan bukan sebaliknya.

Asupan Protein yang Cukup

Dengan asupan protein yang cukup mampu meningkatkan proses metabolisme hingga mencapai 35%. Untuk itu kamu harus bisa meningkatkan asupan protein per harinya, supaya proses metabolisme dalam tubuh dapat meningkat.

Sebelum melakukan hal tersebut kamu harus memperhatikan terlebih dahulu jenis asupan protein tersebut, usahakan yang bebas lemak. Sebab lemak dapat menghambat proses metabolisme dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi sejumlah sumber protein yang rendah lemak seperti telur, tahu dan ikan.

Lakukan Diet yang Sehat

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah melakukan diet yang tidak sehat, atau bahkan cenderung ketat. Mereka memangkas porsi makan tiap harinya supaya asupan kalori ke dalam tubuh berkurang. Padahal cara ini hanya akan menyiksa tubuh dan mendatangkan beragam penyakit. Mungkin cara ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat namun banyak resikonya.

Tahukah kamu, diet ketat justru memperlambat proses metabolisme di dalam tubuh. Untuk itu sebaiknya lakukan diet yang sehat dengan cara mengatur pola asupan kalori tiap harinya.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Lakukanlah sewajarnya saja. Selain baik untuk kesehatan kamu, cara di atas juga dapat memperlancar prosesnya. Selalu ingat, jangan diet terlalu berlebihan karena nantinya akan merugikan diri kamu sendiri atau bahkan diet tersebut bisa gagal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA