5 Cara Menghilangkan Nafsu yang Berlebihan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Setiap manusia tentu saja normal-normal saja jika memiliki nafsu. Bahkan, jika tidak memilikinya, tentu saja kenormalannya perlu dipertanyakan, baik itu pria maupun wanita. Akan tetapi mengendalikan nafsu ini bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus di hadapi. Bahkan bisa jadi ada seseorang yang memiliki nafsu terlalu berlebihan. Padahal hal ini tidaklah baik. Dampak kedepannya pun juga bukan hal yang bisa di anggap main-main sehingga perlu untuk menjadi perhatian khusus.

Nah, jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki nafsu berlebihan, tentunya Anda cukup merasa tidak nyaman terhadap keadaan tersebut. Namun, jika sudah terlanjur, cara menghilangkannya cukup membutuhkan proses dan niat yang teguh. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri dari sekarang. Namun, jika Anda penasaran, jangan khawatir karena prosesnya bisa Anda temukan di sini. Sedangkan untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak ulasan lebih lanjutnya di bawah ini.

Rajin Puasa Dan Ibadah

Dalam ajaran agama, nafsu yang berlebihan tentu saja tidak di perbolehkan. Nah, untuk menekannya, maka di anjurkan untuk berpuasa. Puasa adalah salah satu ibadah untuk menahan diri dari beragam nafsu termasuk nafsu yang berlebihan ini. Selain itu, usahakan juga untuk senantiasa memperbanyak ibadah sehingga bisa lebih mendekatkan diri pada sang pencipta. Dengan kondisi yang dekat dengan sang pencipta, maka Anda bisa lebih mudah menghindari hal-hal yang di larangnya.

Buang Jauh-Jauh Pikiran Kotor

Nafsu yang berlebihan bisa jadi datang dari pikiran Anda sendiri. Melihat akan hal tersebut, otomatis salah satu cara untuk menghilangkan nafsu makan berlebihan adalah membuang jauh-jauh pikiran kotor. Pikiran kotor bisa berdampak pada meningkatkan nafsu serta melakukan banyak hal yang tidak di inginkan. Oleh karena itu pikiran Anda harus di jaga jika ingin menghilangkan nafsu yang berlebihan.

Selanjutnya, perlu Anda ketahui pula bahwasanya pikiran ini bisa datang dari apa yang Anda lihat dan Anda dengar. Nah, mengingat sumber informasi saat ini tidak lain adalah berbagai hal yang berhubungan dengan internet, maka sebaiknya Anda hindari melihat berbagai konten tidak baik di internet. Jika terlalu sering melihat konten sejenis, tentu saja pikiran kotor Anda pun akan semakin sering muncul.

Batasi Hubungan Dengan Lawan Jenis

Satu hal yang mungkin sepele namun jarang di mengerti adalah untuk membayati hubungan dengan lawan jenis. Dalam hal ini semakin banyak Anda berinteraksi dengan lawan jenis, tentu saja akan semakin banyak pula kemungkinan untuk menimbulkan nafsu. Oleh karena itu, membatasinya adalah cara yang tepat.

Di samping itu, Anda bisa juga mendukungnya dengan menghindari hubungan yang intens. Mungkin seperti pacaran dan sejenisnya. Dalam istilah pacaran tentu saja interaksi dengan lawan jenis akan semakin banyak. Oleh karena itulah banyak yang menganjurkan untuk menghindarinya.

Perbanyak Kegiatan Yang Menguras Tenaga Dan Waktu

Adanya nafsu karena pikiran yang tidak jelas tentu saja akan berawal dari adanya waktu luang di mana Anda tidak ada aktivitas yang berarti. Mengingat akan hal tersebut, maka Anda bisa memulai hari-hari dengan di isi berbagai kegiatan yang bisa menguras tenaga dan waktu Anda. Dengan begitu, akan semakin mudah untuk menghilangkan nafsu yang berlebihan. Dalam hal ini Anda bisa menyibukkan diri dengan kerja banyak-banyak bekerja keras, atau menghabiskan waktu untuk banyak hal bermanfaat sehingga tidak sempat untuk berpikir hal-hal yang buruk.

Pikirkan Dampak Negatifnya Dan Pegang Prinsip Anda

Memiliki nafsu yang terlalu berlebihan tentu saja tidak baik. Hal ini juga sangat berdampak pada kesehatan mental. Oleh karena itu mulai saat ini Anda harus memikirkan dampak tersebut sehingga bisa mengurangi nafsu Anda sedikit demi sedikit. Selain itu, mulailah membangun prinsip diri Anda sendiri. dan jangan lupa memegangnya erat-erat sehingga Anda bisa menghilangkan nafsu yang berlebihan. Cara ini juga cukup efektif untuk di terapkan sehingga mindset Anda pun harus di tata dengan baik mulai dari sekarang.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan nafsu yang berlebihan. Sebenarnya menghilangkan nafsu berlebih ini merupakan salah satu hal penting yang harus di terapkan. Memiliki nafsu yang berlebihan memiliki banyak dampak buruk. Mulai dari hilangnya semangat hidup maupun dampak psikologis yang cukup memprihatinkan. Sedangkan untuk menghindarinya, Anda bisa menerapkan beberapa saran di atas secara bersamaan sehingga hasilnya pun maksimal. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA