5 Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Sumber daya alam merupakan sesuatu yang sudah ada secara alami yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan atau kebutuhan hidup manusia.  Indonesia sangat kaya dan memiliki beragam sumber daya alam. Maka dari itu, kita harus bangga karena kebutuhan hidup bisa kita dapat dari sumber daya alam yang ada. Namun, seiring perkembangan zaman sumber daya alam yang kita miliki sudah tidak lagi diperhatikan dan bahkan dirusak  oleh tangan masyarakat sekitar. Kita sebagai generasi muda melihat hal itu tentunya sangat miris. Melihat hal itu, kita harus melestarikan sumber daya alam selagi kita masih ada. Ada beberapa cara melestarikan sumber daya alam yang bisa kalian lakukan, guna untuk melindungi sumber daya yang ada agar tidak musnah. Dan juga kalau sumber daya alam tidak kita lestarikan bisa menimbulkan terjadinya bencana alam.

Nah buat kalian para pemuda Indonesia, berikut akan kami bagikan bagaimana cara melestarikan sumber daya alam yang ada di Indonesia yang wajib kalian lakukan.

Inilah 5 Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Yang Mudah Untuk Dilakukan

1. Memanfaatkan sumber daya yang tidak habis


Cara  pertama yang  harus kalian lakukan yaitu dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tidak habis. Seperti halnya, jika kita terus menerus menggunakan sumber daya minyak bumi dan batu bara. Sumber daya tersebut lama kelamaan akan habis karena kedua sumber daya tersebut merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Ada berbagai macam sumber daya alam yang dapat menggantikan minyak bumi dan batu bara diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memanfaatkan energy matahari
  • Memanfaatkan angin untuk tenaga pembangkit listrik
  • Pemanfaatan panas bumi
  • Memanfaatkan energi air yang sangat melimpah
  • Dan di daerah pesisir bisa memanfaatkan pasang air laut

2. Melakukan daur ulang atau recycle


Cara yang kedua yang bisa kalian lakukan yaitu dengan memanfaatkan bahan yang bisa digunakan kembali atau di daur ulang. Hal ini dilakukan untuk mengurangi atau memperlambat sumber daya alam yang kita ambil. Daur ulang yang bisa kalian lakukan yaitu seperti:

  • Memanfaatkan plastic yang sudah kita pakai dengan cara dibuat suatu hasil karya atau sejenisnya. karena jika plastik itu selalu kita buang itu dapat menimbulkan pencemaran tanah, pencemaran ekosistem pantai dan juga ekosistem laut.
  • Memanfa
  • ada pengaturan antar sektor.
  • atkan kertas yang tidak terpakai untuk didaur ulang kembali. Jadi dengan mendaur ulang kertas bisa mengurangi atau memperlambat penebangan pohon untuk produksi kertas.

3. Mengelola daerah pesisir


Nah, untuk kalian yang tinggal didaerah pesisir anda bisa mengelola sumber daya yang ada disana. Namun, sebelum melakukan pengelolaan kalian harus memperhatikan beberapa kebijakan dari pemerintah yaitu:

  • Diperlukan adanya koordinatif dalam mengelola dan memelihara lingkungan yang ada di laut harus 
  • Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui secara hati-hati karena harus pikirkan untuk kepentingan generasi yang akan mendatang.
  • Menggunakan secara rasional untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
  • Harus menjaga dan mengendalikan keberadaan kawasan hutan lindung, hutan penyangga dan sumber budidaya alam.

4. Melakukan reklamasi dan rehabilitasi lahan kritis

 

Cara yang keempat yaitu kalian bisa reklamasi dan rehabilitasi lahan-lahan yang sudah kritis. Untuk reklamasi biasanya dilakukan pada lahan yang pernah dibuat untuk penambangan. Dan untuk rehabilitasi, kalian dapat melakukan reboisasi atau menanam pohon kembali di lahan yang sudah gundul, pada lahan yang miring kalian bisa melakukan sengkedan dan kalian juga bisa mengendalikan pembukaan lahan yang selalu berpindah-pindah.

5. Dengan cara menekan jumlah penduduk


Cara yang kelima yaitu dengan cara menekan jumlah angka pertumbuhan penduduk. Potensi alam manusia ini merupakan sumber dari minimnya sumber daya alam karena manusialah yang biasanya merusak sumber kekayaan alam. Jadi hal ini perlu dilakukan agar populasi manusia setiap tahun tidak mengalami peningkatan.

Jika meledaknya penduduk tidak diatasi maka akan menimbulkan masalah yaitu diantaranya adalah:

  • Bertambahnya angka pengangguran
  • Laju ekonomi melambat
  • Kualitas dari penduduk akan menurun
  • Fasilitas seperti kesehatan, sekolah, perumahan mengalami peningkatan.
  • Area pertanian menjadi sempit.
  • Jumlah kriminalitas meningkat.

Nah, demikianlah 5 cara melestarikan sumber daya alam yang bisa kami bagikan. Bagaimana,  sangat mudahkan untuk melestarikan sumber daya alam yang ada di Indonesia ini? jadi, tak perlu pikir panjang lagi bukan untuk melestarikan dan menjaga sumber daya alam di negeri kita ini. Semoga dengan kami bagikannya cara-cara untuk melestarikan sumber daya alam dapat membuat kalian merasa peduli dengan sumber daya yang  ada. Karena semua itu sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap melestarikan sumber daya yang alam yang ada di Indonesia tercinta ini. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA!

7 Alat Pernapasan Pada Hewan Beserta Penjelasannya

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA