5 Alat Pengusir Tikus Alami yang Ampuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Tikus merupakan hewan pengerat yang kehadirannya dalam rumah dapat mengganggu penghuninya. Sebagai hewan yang biasa tinggal di tempat-tempat kotor, tentu saja tikus yang harus dibasmi jika masuk ke dalam rumah. Hal ini dilakukan juga demi kebaikan penghuninya agar tikus tidak menyebarkan penyakit pada keluarga.

Namun, kebanyakan orang mungkin akan bingung dalam menangani kasus masuknya tikus dalam rumah. Padahal, mengusir tikus dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui. Adapun beberapa alat pengusir tikus alami yang dapat digunakan dalam rumah yaitu sebagai berikut ini.

Bubuk Kopi

Kopi robusta lampung kopi bubuk robusta minuman bubuk di Lapak Rantau Jaya  Acc | Bukalapak

Tikus merupakan hewan yang memiliki indera penciuman yang sangat baik. Kelebihan yang dimilikinya ini digunakan untuk melacak jejak yang telah ditinggalkannya. Dengan penciumannya maka tikus dapat datang dan pergi dalam rumah. Berdasarkan hal tersebut, bubuk kopi yang dipercaya mampu menyamarkan indera penciuman pada tikus dapat digunakan untuk mengusirnya.

Bubuk kopi sendiri juga memiliki aroma yang sangat tajam. Sifat yang terdapat pada bubuk kopi tersebut sangat tidak disukai oleh tikus dan akan menghindari area dekat dengan bubuk kopi.

Hal ini tentu dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengusir tikus dalam rumah. Cukup dengan hanya menaburkan bubuk kopi di beberapa sudut rumah saja maka tikus tidak akan datang lagi. Namun pastikan bahwa bubuk kopi yang digunakan adalah kopi hitam dan bukan kopi instan tentunya.

Mengkudu

Mengkudu, Buah Bopeng dengan Ragam Khasiat bagi Kesehatan - BeritaBeta

Buah ini dipercaya mampu menjadi bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun bahan alami ini juga dapat digunakan sebagai pengusir tikus adalah buah mengkudu. Bahan dan alat yang dibutuhkan juga sangat mudah untuk diperoleh. Sebelum diaplikasikan, buah mengkudu harus dipotong-potong terlebih dahulu.

Setelah itu, cukup meletakkannya pada sudut-sudut yang menjadi sarang tikus. Dengan melakukan hal itu saja maka tikus tidak akan kembali dalam rumah. Namun, jika buah mengkudu yang diletakkan sudah mulai mengering, gantilah dengan potongan mengkudu yang segar kembali.

Bawang Putih

Hilangkan Ketombe dan Jerawat dengan Bawang Putih | Republika Online

Bawang putih tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur saja, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai pengusir tikus. Selain bawah putih, siapkan juga kain kasa sebagai pelengkap untuk mengusir tikus. Dalam hal ini, kain kasa berfungsi untuk membungkus bawang putih.

Sebelum dibungkus, potong terlebih dahulu bawang putih menjadi beberapa bagian. Setelah dibungkus, letakkan bawang putih pada area yang sering dikunjungi tikus dalam rumah. Biarkan bawang putih tersebut selama beberapa hari kedepan maka akan membuat tikus tidak akan datang kembali.

Cangkang Telur

Bagi kebanyakan orang cangkang telur akan menjadi limbah rumah tangga. Namun bagi rumah yang sering kedatangan tikus, cangkang telur akan sangat berguna untuk mengusirnya. Akan tetapi pengaplikasiannya tidak dilakukan dengan meletakkannya begitu saja.

Rupanya Kulit Telur Bisa Dimakan, Apakah Aman untuk Tubuh? - Semua Halaman  - Bobo

Perlu sedikit perlakuan untuk menjadikannya sebagai bahan pengusir tikus. Selain itu, cangkang telur yang disediakan juga harus cukup banyak. Dalam hal ini, alat yang dibutuhkan adalah penghalus cangkang telur. Dapat berupa blender atau juga bisa menggunakan alat penumbuk manual.

Sebelum menghaluskannya, pastikan cangkang telur dalam keadaan benar-benar kering. Cara untuk mengeringkannya dapat dilakukan dengan cara dijemur atau juga bisa di oven. Setelah kering, tumbuk atau blender cangkang telur tersebut hingga halus seperti bubuk.

Selanjutnya cangkang telur dapat langsung ditaburkan pada area sekitar rumah atau yang sering dikunjungi tikus. Dalam hal ini, bukan hanya tikus saja yang terusir, akan tetapi semut dan juga kecoa juga tidak akan melewati area yang sudah ditaburi bubuk cangkang telur.

Cengkeh

Benarkah Cengkeh Dapat Sembuhkan Sakit Gigi?

Satu lagi bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir tikus yaitu cengkeh. Seperti yang diketahui cengkeh merupakan bahan memiliki bau harum khasnya. Oleh karena itu, selain dijadikan sebagai bumbu dapur cengkeh juga sering dicampurkan ke dalam minuman tertentu.

Cengkeh sebagai campuran minuman juga dapat menghangatkan tubuh sehingga memberikan perasaan santai dan lebih rileks. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi tikus. Sebaliknya, tikus sangat membenci aroma yang dihasilkan oleh cengkeh. Untuk menjadikannya sebagai pengusir tikus, terdapat hal lain yang dibutuhkan yaitu kain kasa.

Letakkan beberapa cengkeh pada kain kasa dan diamkan selama beberapa hari. Tunggu hingga cengkeh benar-benar kering. Jika dirasa sudah kering, maka letakkan cengkeh tersebut pada beberapa sudut ruangan dalam rumah. Terutama pada area yang sering dikunjungi tikus. Dengan demikian tikus tidak akan berani lagi masuk ke dalam rumah akibat dari aroma cengkeh yang sudah kering tersebut.

Itulah lima alat pengusir tikus alami yang dapat diaplikasikan dalam rumah. Dengan adanya bahan alami diatas, maka rumah akan terbebas dari kedatangan tikus yang sangat mengganggu.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA

Belajar Office

Mau Belajar Microsoft Office? Jelajahi tutorial office terlengkap disini: Topik populer: Pivot table Margin Rumus