40 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Dari KKN di Desa Penari Sampai Ivanna

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
film-indonesia-terlaris-sepanjang-masa
Daftar Topik

40 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa – Dari tahun ke tahun, industri perfilman Indonesia menjadi semakin berkembang dengan sangat pesat seiring dengan munculnya banyak film Indonesia yang berkualitas. Beberapa film Indonesia dalam berbagai genre mampu mencuri perhatian di bioskop dengan sangat sukses. Dalam menentukan film terlaris sepanjang masa di Indonesia, tentunya parameter yang sangat valid adalah jumlah penontonnya.

Film Indonesia memang terus berkembang sepanjang sejarah, mulai dari era klasik sampai ke era modern. Jika dulu kita hanya bisa menikmati film Indonesia dengan genre romantis, horror atau komedi, maka sekarang kita juga bisa menikmati film Indonesia dengan genre yang lainnya seperti film action hingga film perang. Berikut daftar film Indonesia terlaris versi Blog elevenia.

40 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

film-indonesia-terlaris-sepanjang-masa

Berikut ini merupakan daftar judul film Indonesia terlaris dan terpopuler sepanjang masa. Beberapa film terbaik Indonesia ini termasuk sebagai film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah perfilman di Indonesia.

1. KKN di Desa Penari

Siapa yang gak kenal dengan film yang satu ini? Walaupun sempat ditunda penayangannya berkali-kali, siapa sangka, film ini tetap mampu memikat hati penonton. Tercatat, hingga kini sudah ada 9,2 juta penonton yang menonton KKN di Desa Penari. Alur cerita yang seram dan juga penasaran membuatnya semakin viral di media sosial.

2. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1

Warkop DKI Reborn pertama kali dirilis tahun 2016. Film ini merupakan hasil remake dari seri film komedi klasik terkenal yaitu Warkop DKI yang dulu dibintangi oleh komedian Dono, Kasino dan Indro. Film yang diproduksi oleh Falcon Pictures ini telah ditonton lebih dari 6,9 juta penonton selama masa pemutaran di bioskop.

3. Dilan 1990

Pertama kali dirilis tahun 2018, film ini telah memiliki 6,3 juta penonton dari seluruh Indonesia. Dilan 1990 sendiri merupakan adaptasi film dari novel romantis terkenal besutan Pidi Baiq. Uniknya, dalam film ini Pidi Baiq juga berperan sebagai sutradara bersama Farid Bustomi.

4. Pengabdi Setan 2: Communion

Kesuksesan film pertamanya membuat serial film ini kembali meraih kesuksesan, nih. Gak tanggung-tanggung, film ini berhasil menarik 6 juta penonton dari seluruh Indonesia. Walaupun baru diliris, tepatnya di tahun 2022, film ini terbilang sangat viral di medsos. Sutradara film ini pun masih sama seperti film pertamanya, yaitu Joko Anwar.

5. Dilan 1991

Kehadiran seri kedua serial film Dilan ini menjadi pelengkap dari film pertama. Berkisah tentang hubungan cinta antara Milea dan Dilan setelah sukses melakukan pendekatan. Lika-liku cinta mereka yang cukup rumit membuat banyak penonton baper. Gak heran deh kalau film yang pertama kali dirilis tahun 2019 ini mampu menarik 5,2 juta penonton se-Indonesia.

6. Laskar Pelangi

Siapa sih yang gak kenal film yang rilis di tahun 2008 ini? Secara garis besar, film ini bercerita tentang persahabatan sekumpulan murid SD Muhammadiyah Gantong, Provinsi Bangka Belitung. Ceritanya yang indah dan mengharukan membuat film besutan sutradara Riri Riza ini jadi favorit di tahun 2000-an. Hingga kini, Laskar Pelangi telah menjangkau 4,7 juta penonton. Jumlah ini merupakan jumlah yang fantastis untuk industri film Indonesia.

7. Habibie & Ainun

Film terlaris satu ini bercerita tentang kisah cinta nan manis antara mantan Presiden Indonesia, BJ Habibie dan Ibu Ainun. Pertama kali diliris 2012 rupanya membuat film ini menarik banyak peminat. Salah satunya, karena ceritanya yang mengharukan dan sangat romantis. Gak heran kalau film ini mampu menjangkau 4,6 juta penonton.

Baca Juga: 10 Film Horror Indonesia Terbaik dan Terseram, Super Mencekam!

8. Pengabdi Setan

Siapa sangka, Pengabdi Setan menjadi salah satu film horror Indonesia terbaik yang dirilis di tahun 2017. Ceritanya yang mencekam telah dinikmati 4,2 juta penonton dari seluruh Indonesia, nih. Saking tenarnya, film besutan sutradara Joko Anwar ini viral di berbagai medsos. Kehadirannya tentu membawa warna baru bagi industri film horror Indonesia. Keren banget, bukan?

9. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2

Kalau film satu ini merupakan lanjutan dari film Warkop DKI Reborn sebelumnya. Film ini diliris pada tahun 2017, setahun setelah film pertama. Nuansa nostalgia yang diberikan mampu menarikĀ 4,1 juta penonton dari seluruh penjuru nusantara.

10. Ada Apa dengan Cinta? 2

Setelah 13 tahun berlalu, sekuel film Ada Apa Dengan Cinta? kembali dilanjutkan di tahun 2016. Film ini berisi tentang kisah lanjutan antara cerita cinta Rangga dan juga Cinta. Keduanya kembali bertemu di saat yang tidak terduga.

Ceritanya yang unik mampu menarik 3,7 juta penonton dari seluruh Indonesia. Angka tersebut menjadikannya sebagai salah satu film Indonesia terlaris, sama seperti film sebelumnya.

11. Ayat-Ayat Cinta

Masih ingat film yang satu ini? Ayat Ayat Cinta sendiri menceritakan cerita cinta yang rumit dari Fahri. Kisah cintanya yang rumit bermula saat ia sedang menjalani pendidikan masternya di Al-Azhar. Film ini pertama kali diliris tahun 2008. Ceritanya yang kaya akan nilai-nilai agama membuatnya menjadi salah satu film dengan penonton terbanyak. Gak heran kalau film ini telah memikat 3,6 juta penonton.

Film Indonesia Terlaris Indonesia Lainnya yang Wajib Ditonton

12. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018) – 3,3 juta penonton

13. Milea: Suara dari Dilan (2020) – 3,1 juta penonton

14. My Stupid Boss (2016) – 3 juta penonton

15. Ivanna (2022) – 2,9 juta penonton

16. Ngeri-Ngeri Sedap (2022) – 2,88 juta penonton

17. Ayat-Ayat Cinta 2 (2017) – 2,84 juta penonton

18. Danur: I Can See Ghosts (2017) – 2,7 juta penonton

19. Ada Apa dengan Cinta? (2002) – 2,7 juta penonton

20. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019) – 2,66 juta penonton

21. Cek Toko Sebelah (2016) – 2,6 juta penonton

22. Eiffel I’m in Love (2003) – 2,6 juta penonton

23. Hangout (2016) – 2,6 juta penonton

24. Danur 2: Maddah (2018) – 2,57 juta penonton

25. Jailangkung (2017) – 2,55 juta penonton

26. Dua Garis Biru (2019) – 2,53 juta penonton

27. Danur 3: Sunyaruri (2019) – 2,41 juta penonton

28. 5 cm (2012) – 2,4 juta penonton

29. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2020) – 2,25 juta penonton

30. Habibie & Ainun 3 (2020) – 2,24 juta penonton

31. Kukira Kau Rumah (2022) – 2,22 juta penonton

32. Susah Sinyal (2017) – 2,2 juta penonton

33. Ketika Cinta Bertasbih (2009) – 2,1 juta penonton

34. Rudy Habibie (Habibie & Ainun 2) (2016) – 2,1 juta penonton

35.Sang Pemimpi (2009) – 2,05 juta penonton

36 Apa Artinya Cinta? (2005) – 2 juta penonton

37 My Stupid Boss 2 (2019) – 1,87 juta penonton

38 Koala Kumal (2016) – 1,86 juta penonton

39 The Raid (2012 ) – 1,84 juta penonton

40 Comic 8: Casino Kings part 2 (2016) – 1.83 juta penonton

Daftar 10 film Indonesia terlaris sepanjang masa tersebut diambil berdasarkan data jumlah penonton film Indonesia terbaru saat ini. Tentunya masih banyak film terlaris di Indonesia dengan jutaan penonton lainnya. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP