4 Teknik Lompat Jauh yang Harus Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
22420-lompat jauh
Daftar Topik

Banyak sekali cabang olahraga  atletik di Indonesia, salah satunya adalah lompat jauh. Lompat jauh adalah olahraga atletik yang gerakannya menggunakan teknik melompat. Dalam olahraga lompat jauh ini, sangat dibutuhkan keterampilan dalam mengatur kekuatan, kecepatan dan juga kecermatan. Biasanya seorang atletik ketika melakukan lompatan di udara  menggunakan tiga gaya, yakni gaya jongkok, gaya menggantung dan yang terakhir gaya berjalan diudara. Selain  ketiga gaya di atas, dalam olahraga ini ada teknik lompat jauh yang harus digunakan.

Buat kalian yang punya hobi olahraga ataupun yang tidak punya hobi olahraga, kalian wajib mengetahui teknik lompat jauh yang harus digunakan. Karena kalian pastinya ada mata pelajaran olahraga yang biasanya harus dipraktekkan. Nah, untuk mempraktekkan dengan hasil yang maksimal, maka perlu mempelajari teknik lompat jauh ini. Teknik ini merupakan tenik dasar namun sangat penting untuk kalian yang pemula.

4 Teknik Dasar Lompat Jauh yang Harus Diketahui Khususnya Bagi Pemula

1. Teknik Awalan


Teknik yang pertama dalam lompat jauh yaitu teknik awalan. Dalam teknik ini, untuk menuju titik tolakan seorang pelompat jauh wajib mengelilingi jalur dengan jarak 40 meter. Jarak 40 meter ini,  merupakan jarak yang sudah ditentukan standar internasional. Teknik ini merupakan teknik yang penting.  Karena untuk melakukan lompatan, dalam teknik ini dapat diperkirakan kecepatan, jarak dan juga waktunya.Jadi, jauh dekatnya lompatan akan ditentukan dalam tahapan awal ini.

2. Teknik Lompatan


Setelah teknik awalan, dalam tahap kedua ada teknik lompatan. Menggunakan satu kaki merupakan teknik untuk melakukan lompatan atau tolakan. Pada teknik lompatan, pelompat jauh wajib untuk menentukan kaki mana yang akan digunakan dan kaki ini harus dirasa yang paling kuat. Bukan hal yang mudah menggunakan kaki yang paling kuat untuk melakukan tolakan. karena untuk melakukan itu semua harus dengan ketepatan perkiraan saat berlari. dan bisa saja menggunakan kaki yang lemah jika semua itu salah diperkirakan.

Tetapi tenang ada cara untuk menghindari kesalahan dalam memperkirakan tersebut, yaitu  saat akan melakukan tolakan, harus dibiasakan untuk menggunakan kedua kakinya secara bergantian. Dengan dibiasakannya menggunakan kedua kaki maka tidak akan menjadi masalah mau menggunakan kaki yang mana saja karena kedua kaki tersebut sama-sama kuat. Dan pasti tidak akan ada rasa ragu- ragu ketika akan melakukan lompatan karena kedua kakinya sama kuat.

3. Teknik Melayang


Selanjutnya, untuk teknik yang ketiga yaitu posisi tubuh ketika melayang di udara. Pada teknik ini, tiga gaya yang sudah kami sebutkan diatas tadi itu sangat berkaitan dengan posisi tubuh ketika melayang di udara. Berikut penjelasan dari ketiga gaya diatas :

  • Melayang menggunakan gaya jongkok

Untuk melakukan melayang dengan gaya jongkok ini, yaitu dilakukan dengan cara ketika pada posisi menumpu ayunkan kaki dengan sangat tinggi sekali atau sesuai kemampuan yang dimiliki. Selanjutnya, susul dengan menggunakan kaki tumpuan dan untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh merentangkan kedua lengan ke atas.

  • Melayang menggunakan gaya melayang

Untuk gaya yang kedua ini, pada saat posisi menumpu, biarkan tergantung lurus kaki yang diayunkan. Dalam posisi ini, usahakan agar tubuh tetap pada posisi tegak, susul dengan kaki tumpuan dan sambil mendorong pinggul ke depan tekuklah lutut kalian. Sama dengan gaya jongkok untuk menjaga keseimbangan tubuh yaitu dengan merentangkan kedua lengan keatas.

  • Melayang dengan gaya berjalan diatas udara

Pada saat posisi tubuh melayang, ayunkan kaki belakang ke atas dengan kuat. Kemudian, gerakkan seperti berjalan diatas udara. Untuk menolak atau menumpu, bisa dengan menggunakan kaki yang sudah digunakan.

4. Teknik Pendaratan

Teknik yang terakhir dalam lompat jauh yaitu teknik pendaratan. Dalam melakukan teknik pendaratan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan gerakan yaitu:

  • Untuk menghindari gerakan yang dapat merugikan atau gerakan yang tidak diperlukan maka harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan kefokusan.
  • Dalam pendaratan sebaiknya menggunakan kedua kaki dengan posisi sejajar. dan dahulukan lutut dengan posisi berhimpitan untuk mendarat untuk mengantisipasi terjadinya cedera.
  • Ketika tumit belum tersentuh pasir saat mendarat, kedua kaki wajib dijulurkan ke depan dan usahakan kedua kaki tidak saling berjauhan. Karena ketika jarak antara kedua kaki semakin jauh maka jarak lompatan akan berkurang.
  • Sebaiknya, condongkan badan ke depan dengan kedua lutut ditekuk sesudah tumit berada di tempat pendaratan. Untuk mengantisipasi agar tidak jatuh duduk dipantat.
  • Selesai melakukan teknik melompat diatas pasir maka tidak boleh kembali ke tempat dengan menggunakan gerakan tumpuan dan menginjak wilayah pendaratan.

Itulah 4 teknik lompat jauh yang bisa kami bagikan. Bagaimana, apa 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh ini cukup membantu bagi kalian yang punya hobi olahraga? Semoga dapat membantu dan semoga bermanfaat juga buat para pecinta olahraga serta akademisi yang membutuhkan.

BACA JUGA!

https://blog.elevenia.co.id/teknik-dasar-pencak-silat-yang-harus-diketahui/

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA