4 Penyebab Jerawat Yang Tak Biasa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
4 Penyebab Jerawat Yang Tak Biasa
Daftar Topik

Kenapa jerawat saya sulit sekali sembuh? Saya sudah menggunakan salep, menggunakan obat, dan minum obat, namun tidak sembuh-sembuh”. Ada juga beberapa yang bilang, “Saya sembuh saat menggunakan salep. Tetapi tidak lama kemudian, jerawat saya muncul lagi“. Apa penyebab jerawat yang membandel?

Pertanyaan ini seringkali didengar oleh para dokter ataupun ahli kecantikan. Untuk artikel kali ini, kami akan membahas beberapa penyebab jerawat yang tak biasa.

Mari kita lihat bagaimana jerawat bisa terbentuk atau bagaimana proses terbentuknya jerawat. Jerawat sendiri dapat ditemukan bukan hanya di wajah, tapi juga di punggung. Salah satu penyebab utama jerawat pada wajah Anda/punggung Anda adalah penumpukan bakteri/jamur yang kita sebut dengan kandida pada usus dan saluran pencernaan Anda. Jadi ketika Anda bertanya-tanya mengenai jerawat Anda yang tak kunjung sembuh, mungkin sudah saatnya Anda lebih memperhatikan kondisi saluran pencernaan Anda.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya bakteri/jamur di saluran pencernaan:

1. Konsumsi Antibiotik

Penyebab jerawat yang pertama adalah mungkin Anda sering mengkonsumsi antibiotik. Antibiotik bekerja dengan cara membunuh semua bakteri pada tubuh kita, jika antibiotik golongan keras yang dikonsumsi, bahkan akan membunuh bukan hanya bakteri jahat, tapi juga bakteri baik dalam tubuh.

2. Pemilihan Makanan yang Dikonsumsi

Makanan Bergula - 4 Penyebab Jerawat Yang Tak BiasaPenyebab jerawat yang kedua adalah konsumsi jenis makanan dengan kadar gula yang tinggi. Banyak dari kita yang sangat menyukai makanan yang tinggi akan kadar gula serta kurang mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung serat tinggi. Makanan yang tinggi akan kadar gula justru mempercepat pertumbuhan kandida (jamur/bakteri). Sedangkan buah-buahan, sayuran mentah atau direbus sangat baik untuk pertumbuhan bakteri baik. Dengan konsumsi makanan yang salah, maka pertumbuhan bakteri jahat inilah yang menimbulkan jerawat pada wajah atau punggung Anda.

3. Penggunaan Pil KB

Pil KB - 4 Penyebab Jerawat Yang Tak BiasaPenyebab jerawat yang ketiga adalah konsumsi pil KB yang kurang tepat. Mengkonsumsi pil KB ternyata dapat mengganggu hormon alami Anda. Pil dengan kandungan androgen yang tinggi justru dapat membuat jerawat semakin parah, bahkan dapat memicu tumbuhnya rambut di bagian tubuh. Terlalu lama atau terlalu banyak mengkonsumsi pil KB justru dapat memberi Anda jerawat dikarenakan ketidakseimbangan hormon. Tapi karena pil KB bervariasi, maka jika pil yang Anda konsumsi justru memperburuk keadaan, konsultasikan dengan dokter untuk mengubah jenisnya.

4. Konsumsi Air yang Dimasak

Air yang dimasak - 4 Penyebab Jerawat Yang Tak BiasaPenyebab jerawat yang keempat adalah air yang dimasak. Air yang dikonsumsi dari PDAM sebenarnya masih mengandung Chlorine. Walaupun air dari PDAM dimasak atau direbus, tidak akan menghilangkan kandungan Chlorine di dalamnya. Chlorine (Cl) adalah zat yang digunakan untuk menjernihkan air. Mengkonsumsi Chlorine dalam jumlah yang cukup besar akan menyebabkan timbulnya jerawat di wajah ataupun punggung Anda.

Apakah Anda melakukan satu atau lebih dari faktor di atas? Mungkin hal tersebut yang menyebabkan jerawat tak kunjung hilang walau sudah di-treatment dengan berbagai cara. Berikutnya mari kita cari tahu 4 tips untuk menanggulangi jerawat yang membandel!

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA