4 Keutamaan Surat Al Mulk yang Luar Biasa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2320-almulk
Daftar Topik

Surat Al Mulk merupakan salah satu surat di dalam Al-Quran yang memiliki banyak sekali manfaat. Membaca surat tersebut pada waktu-waktu tertentu memiliki berbagai keutamaan. Waktu yang sangat cocok untuk membaca surat ini adalah setelah selesai melakukan sholat fardhu dan pada saat hendak tidur. Tetapi, selain dua waktu tersebut, surat ini juga bisa dibaca kapan saja.

Selain memiliki banyak keutamaan, dengan membaca surat ini, maka akan menambah amal ibadah harian. Berikut ini  merupakan beberapa keutamaan yang akan diterima seseorang jika konsisten atau istiqomah membaca surat Al-Mulk.

Mencegah dari Perbuatan Munkar


Sebenarnya segala bentuk ibadah yang dilakukan dengan cara ikhlas pasti memiliki dampak bagi tubuh. Mulai dari terhindarnya dari perbuatan munkar atau maksiat. Pembacaan surat ini dilakukan dengan rutin dan istiqomah. Bahkan hal ini juga telah dijelaskan dalam firman Allah yang berada dalam surat Al-Mulk tepatnya pada ayat ke 12.

Seseorang yang memiliki sifat taat kepada Allah, mereka akan selalu patuh dan takut dalam berbagai keadaan. Mulai dari keadaan ramai atau keadaamm sendirian. Saat di keramaian, mereka takut berbuat dosa karena takut pada Allah dan juga merasa diawasi. Begitu pula saat sedang berada di kesunyian, meskipun tidak ada yang melihat, Allah akan tetap memperhatikan di setiap gerakan dan niat yang dilakukan.

Bahkan, bukan hanya terhindar dari maksiat, mereka yang patuh kepada Allah akan senantiasa menyembunyikan amal perbuatan mereka dari manusia. Sehingga hanya dia sendiri dan Allah yang mengetahui amalan tersebut.

Mempertebal Tingkat Keimanan serta Tawakal


Iman merupakan sesuatu yang ada dalam hati. Iman terkadang naik dan juga turun. Tugas manusia adalah menjaga agar keadaan iman tetap meningkat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memperbanyak ibadah dan juga niat yang ikhlas kepada Allah.

Pembacaan surat Al-Mulk merupakan salah satu cara tawakal kepada Allah dengan segala bentuk usaha yang telah dilakukan. Setiap manusia pasti memiliki upaya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Upaya tersebut adalah dengan cara berusaha keras.

Setelah melakukan upaya kerja keras, tentunya setiap manusia pasti ingin bentuk usahanya membuahkann hasil. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bertawakkal dan mendekatkan diri kepada Allah.

Diampuni Dosanya dan Diridhoi Allah SWT


Manusia adalah makhluk yang tidak pernah terbebas dari kesalahan dan perbuatan dosa. Mulai dari bangunn tidur, hingga hendak tidur kembali. Pasti Anda saja kesalahan atau dosa yang dilakukan meskipun kecil. Karena sekecil apapun dosa, akan tetap diperhitungkan oleh Allah. Membaca surat Al-Mulk secara rutin dapat membuat orang yang membacanya diampuni dosanya dan diridhoi oleh Allah.

Bahkan hal tersebut juga telah terdapat dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Hadis tersebut membicarakan terkait dengan keutamaan surat ini bagi orang yang selalu rutin dan istiqomah dalam membacanya. Keutamaan yang dimiliki bagi orang yang membaca surat ini akan diampuni segala dosa-dosanya.

Apabila berkaitan dengan hal tersebut, maka Thabarani juga meriwayatkan suatu hadis. hadis tersebut berisi mengenai keutamaan yang dimiliki dari pembacaan surat ini. Keutamaan tersebut adalah dimasukkanya orang yang membaca surat al-Mulk ke dalam surga. Dengan demikian, sebagai salah satu usaha mendapatkan pengampunan dosa dari Allah yaitu dengan cara istiqomah membaca surat ini.

Terhindar dari Siksaan


Setiap orang pasti memiliki dosa. Baik dosa kecil atau pun dosa besar. Dosa tersebut yang akan membuat orang mendapatkan siksaan. Salah satu hal yang bisa dilakukan sebagai upaya pengurangan siksaan adalah dengan memohon ampun kepada Allah atas segala perbuatan dosa. Kemudian selalu mengamalkan surat al-Mulk. Agar Allah mengampuni dosa dan orang tersebut terhindar dari segala bentuk siksaan.

Hal ini juga telah diriwayatkan dalam hadis oleh Nasa’i. Hadis tersebut membicarakan terkait dengan keutamaan yang dimiliki bagi orang yang membaca surat Al-Mulk secara rutin. Salah satu keutamaan yang disebutkan dalam hadis tersebut adalah terhindarnya seseorang dari siksaan kubur dan neraka apabila membaca surat ini dalam waktu malam dan secara rutin.

Banyaknya keutamaan yang dimiliki oleh surat Al-Mulk. Tentu saja sayang apabila dilewatkan. Menggunakan waktu sebaik mungkin untuk mencari bekal di hari akhir. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan selalu melakukan amal sholih. Amal sholih memiliki banyak jenis. Mulai dari melakukan ibadah sholat baik sholat wajib hingga sholat yang sunnah.

Kemudian, melakukan amalan sunnah seperti memperbanyak membaca Al-Quran. Karena, kelak apabila manusia telah mati, maka tidak akan ada yang bisa menolongnya dari siksaan kubur kecuali amal ibadahnya yang telah dilakukan semasa hidup.

BACA JUGA! Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA