4 Cara Mencegah Jerawat Bandel

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
4 Cara Mencegah Jerawat Bandel
Daftar Topik

Di artikel sebelumnya, kita membahas 4 penyebab jerawat yang tidak biasa; antibiotik, konsumsi makanan, pil KB, dan air yang dimasak. Sekarang, kita akan fokus pada 4 tips untuk mencegah jerawat yang membandel.

Setelah kita tahu apa yang menyebabkan jerawat, maka kami pun akan berikan 4 tips untuk menanggulangi jerawat:

1. Menghindari 3 Jenis Makanan

Makanan apa saja yang perlu dihindari?

  • Yang pertama adalah makanan yang mengandung tinggi gula.

    Mengapa? Karena tadi sudah disebutkan bahwa makanan yang tinggi gula merupakan makanan yang memicu pertumbuhan kandida. Gula yang berlebihan akan dijadikan makanan bagi bakteri jahat kandida. Dengan tersedianya gula yang berlebih, maka pertumbuhan dari bakteri jahat atau kandida akan semakin pesat dibandingkan bakteri baik. Selain itu, gula juga dapat merusak tubuh Anda.

  • Makanan kedua yang harus Anda hindari adalah gluten.

    Makanan rendah gluten - 4 Cara Mencegah Jerawat BandelMengapa? Karena dengan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gluten yang tinggi, maka akan menyebabkan usus dan pencernaan Anda mengalami peradangan atau inflamasi sehingga bakteri disana akan tumbuh lebih cepat. Banyak yang mengeluh bahwa jerawat atau eksim adalah penyakit kulit yang sulit sembuh, padahal penyakit kulit tersebut berasal dari usus dan saluran pencernaan yang bermasalah. Dengan memperbaiki usus dan saluran pencernaan, maka kulit Anda akan sembuh dengan sendirinya.

  • Yang ketiga adalah menghindari lemak yang terhidrogenasi.

    Makanan tinggi minyak - 4 Cara Mencegah Jerawat BandelContohnya seperti apa? Contoh lemak yang terhidrogenasi adalah minyak goreng yang dipakai berulang kali. Misal Anda membeli jajanan di luar yang penjualnya menggunakan minyak untuk menggoreng lebih dari satu kali dan Anda bisa melihat warna minyaknya, sudah tidak bening lagi dan warnanya sangat hitam. Bagi Anda yang memasak sendiri di rumah, disarankan untuk menggunakan minyak untuk 1 kali penggorengan saja.

2. Mengkonsumsi 3 Jenis Makanan

  • Makanan yang pertama adalah makanan yang tinggi serat.

    Makanan tinggi serat - 4 Cara Mencegah Jerawat BandelSerat disini berfungsi untuk membunuh bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan pencernaan Anda. Selain itu, serat juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh Anda. Berhati-hati untuk memilih minuman tinggi serat karena biasanya tinggi akan kadar gula. Anda harus membaca di kemasannya berapa kadar gulanya.

  • Makanan yang kedua adalah protein.

    Protein berfungsi sebagai bahan baku antibodi, sehingga dapat meningkatkan sistem imun Anda. Dengan sistem imun yang baik, tentu saja akan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh Anda dengan sendirinya. Kemudian Anda juga harus bisa memilih sumber protein yang baik. Anda bisa memilih sumber-sumber protein dari nabati dan hewani.

  • Makanan yang ketiga adalah lemak yang baik.

    Lemak yang baik disini contohnya adalah omega-3, yaitu dari minyak ikan atau minyak kelapa. Lemak yang baik dapat membantu mengurangi peradangan di dalam saluran pencernaan Anda.

3. Mengkonsumsi Suplemen

  • Suplemen yang pertama adalah suplemen yang mengandung probiotik.

    Suplemen probiotik - 4 Cara Mencegah Jerawat BandelMengapa? Karena 70% sistem imun Anda sebenarnya terdapat pada saluran pencernaan Anda dan probiotik ini merupakan bakteri baik yang dapat membantu Anda untuk melawan bakteri jahat. Dan bakteri baik atau yang kita sebut flora normal ini terdapat pada usus besar Anda atau saluran pencernaan Anda. Jika Anda ingin memiliki sistem imun yang baik, maka Anda harus mengkonsumsi lebih banyak makanan atau suplemen yang mengandung probiotik.

  • Suplemen yang kedua adalah zinc.

    Zinc dapat membantu untuk memperbaiki lapisan usus atau jaringan epitel usus Anda. Dengan sendirinya sistem imun akan meningkat jika usus Anda baik.

  • Suplemen yang ketiga adalah antioksidan.

    Suplemen anti oksidan - 4 Cara Mencegah Jerawat BandelPeran antioksidan disini adalah untuk melawan radikal bebas. Contohnya ketika Anda mengkonsumsi gorengan dengan minyak yang dimasak berulang kali atau radikal bebas yang dihasilkan oleh tubuh, dan radikal bebas yang dihasilkan oleh proses dari metabolisme bakteri jahat.

Jadi ketiga suplemen tersebut sangat membantu Anda dalam mengatasi jerawat yang sangat membandel.

4. Sabun Cuci Wajah yang Mengandung Tea Tree Oil

tea tree oil - 4 Cara Mencegah Jerawat BandelMengapa? Karena tea tree oil mengandung minyak esensial yang dapat membunuh bakteri secara alami pada kulit wajah Anda atau kulit punggung Anda. Tea tree oil juga mempunyai aroma yang khas dan harus digunakan secara teratur dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga 4 tips ini dapat dipahami dan dilakukan setiap hari. Semoga bagi Anda yang berjerawat bisa cepat sembuh, semoga kulitnya kembali cantik!

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA