3 Cara Mengatasi Saat Lupa Password BBM dengan Jitu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara-log-out-BBm-Android-768x384[1]
Daftar Topik

Password merupakan suatu hal yang penting, namun karena berbagai penyebab sering kali orang lupa password. Padahal mereka tahu jika lupa password merupakan kesalahan cukup fatal karena bisa jadi dia tidak bisa membuka akunnya kembali. Namun dengan banyaknya akun media sosial sampai aplikasi chatting yang sering kali mengharuskan penggunanya membuat akun sebelum memakainya membuat sejumlah orang memiliki banyak varian password. Tapi ada juga sebagian dari mereka memilih untuk mengetuk sama rata password yang digunakan sehingga tidak repot-repot untuk menghafalkannya.

Salah satu aplikasi chatting yang mengharuskan penggunanya memiliki akun terlebih dulu sebelum menggunakannya adalah BBM atau Blackberry Messenger. Saat seseorang menyadari jika ia lupa akan kata sandi atau password akun BBMnya pasti sangat panik. Pasalnya grup, kontak dan data di BBM, semuanya tersimpan apik di dalam BlackBerry ID. Jika kamu tidak ingat kata sandi BlackBerry ID, tentu saja kita tidak bisa lagi log in ke dalam BlackBerry ID, dan otomais tak bisa menghubungi kontak yang ada di BBM.

Hal ini biasanya lumrah terjadi saat seseorang berganti smartphone. Ya, saat ingin menggunakan kontak BBM di smartphone lama, kita harus log in terlebih dulu dengan e-mail dan password BlackBerry ID. Inilah proses yang sering kali menjadi hambatan karena mungkin saking lamanya akun BBM di smartphone lama, kita jadi lupa password yang digunakan dulu. Lalu apakah ad acara untuk mengatasi hal tersebut? Ikuti langkah di bawah ini:

Cara Mengembalikan Password BBM

Via Browser di smartphone atau PC

Di cara yan pertama, kamu bisa memulihkan password akun BlackBerry ID-mu lewat browser di smartphone atau PC. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik di sini, untuk masuk ke halaman pemulihan password BlackBerry ID
  • Nantinya layar smarphone atau PC-mu akan menampilkan sebuah halaman konfirmasi yang berisi pesan “A request to reset your password has been submited”
  • Jika sudah, maka langkah selanjutnya masuk email dan buka pesan masuk dari bbidpw-donotreply@blackberry.com. Bila tidak ada, biasanya ada di folder spam.
  • Kemudian, buka pesan dan klik link yang biasanya ada setelah tulisan ”To change your BlackBerry ID password, simply visit”.
  • Buka link tersebut, kemudian akan membawa kamu ke halaman pengaturan pembaruan password baru.
  • Masukkan password baru kamu.
  • BlackBerry ID kamu pun berhasil dipulihkan.

Setelah semua langkah selesai, kini saatnya kamu mencoba kembali untuk masuk ke BBM seperti biasa. Jangan lupa, catat password baru kamu supaya tidak lupa lagi di kemudian hari.

Via BlackBerry Playbook

Tak hanya menggunakan browser, apabila kamu mempunyai BlackBerry Playbook maka kamu bisa memanfaatkannya untuk reset sandi BlackBerry ID. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Tekan menu ‘Options’ (ikon gear) di pojok kanan BlackBerry Playbook.
  • Setelah itu, pilih BlackBerry ID.
  • Kemudian, tekan ikon yang bergambar pensil di sebelah kanan, lalu Change Password
  • Pilih tulisan ‘Forgot Password?’
  • Nantinya layar akan menampilan sejumlah pertanyaan keamanan untuk memulihkan password kamu.
  • Kamu harus menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan jawaban yang dulu kamu masukkan ketika membuat akun BlackBerry ID.
  • Jika sudah, pilih ‘OK’, akhirnya BlackBerry ID kamu pun berhasil dipulihkan.

Menggunakan Nomor Telepon

Bila sebelumnya kamu menggunakan nomor telepon untuk mendaftar ke BBM, maka langkah yang satu ini bisa kamu coba. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya:

  • Di halaman Setel Ulang Kata Sandi, pilih menu Atur ulang kata sandi dengan nomor telepon.
  • Kemudian, masukkan nomor telepon kamu yang dulu dijadikan sebagai nomor backup saat membuat akun BBM. Awali nomor dengan +62.
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan kode captha sesuai dengan chapta yang muncul di layar. Lalu, Submit.
  • Selanjutnya, kamu bakal menerima SMS yang isinya kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut di kotak yang tersedia, lalu tekan Verifikasi.
  • Jika sudah terverifikasi, maka selamat akun BBM kamu sudah kembali.

Itulah sejumlah tiga cara yang bisa kamu praktekan untuk memulihkan password BBM kamu. Kejadian ini sebenarnya wajar terjadi, terlebih jika akun BBM-mu sudah sangat lama sekali. Sebab biasanya, BBM selalu login otomatis setiap membuka aplikasinya. Inilah salah satu alasan banyak orang lupa password BBM karena memang pemakaiannya sangat jarang.

Supaya kejadian ini tidak lagi terjadi di waktu yang akan datang. Sebaiknya, kamu memiliki catatan khusus untuk semua sandi media sosial atau pun aplikasi chatting yang kamu gunakan. Dengan begitu saat kamu lupa, kamu bisa melihat catatan tersebut. Semoga bermanfaat. (evelenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA