13 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
utv2z8jmmpyvmoxsry6k-800x510[1]
Daftar Topik

Rumput laut adalah sebutan yang digunakan untuk sejumlah spesies alga dan tanaman laut yang berkembang biak di lingkungan air yang bervariasi, seperti lautan maupun sungai. Biasanya, rumput laut tumbuh dalam berbagai ukuran, dari yang kecil sampai besar, atau bahkan raksasa. Namun sebagian besar dari rumput laut berukuran medium dan mereka memiliki beberapa macam warna seperti cokelat, merah, dan hijau. Rumput laut pun mudah ditemukan di mana-mana, tapi biasanya banyak terdapat di pesisir pantai.

Ada banyak sekali manfaat rumput laut yang sangat baik bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasannya berikut ini:

Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Mampu Melawan Kanker

Salah satu manfaat yang paling menakjubkan dari rumput laut adalah mampu melawan kanker. Agen anti kanker yang terkandung dalam rumput laut sangat berguna untuk penyembuhan tumor atau kondisi kanker yang lainnya. Penelitian yang dilakukan terhadap efektivitas makanan rumput laut dan kanker payudara pun sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan terutama dalam mengurangi produksi hormon pemicu kanker, serta memiliki kemampuan dalam menghambat proliferasi sel kanker ganas.

Sumber Yodium

Rumput laut adalah sumber yodium yang kaya, sebab dapat menyerap air laut dalam jumlah cukup. Yodium sendiri merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam pertumbuhan semua umur. Kekurangan yodium dapat mengakibatkan kelainan, misalnya pembesaran tiroid atau gondok dan sebagainya. Yodium pun sangat penting bagi kehamilan dan menyusui karena dapat mendukung penuh perkembangan dari sel-sel otak bayi.

Mengurangi Obesitas

Menurut penelitian ilmiah yang telah dilakukan, rumput laut yang layak dikonsumsi memiliki efek anti-obesitas. Hal ini berkat senyawa fucoxanthin yang terdapat dalam rumput laut. Senyawa ini mampu mengurangi akumulasi lemak dan juga penurunan berat badan. Sebab kemampuannya inilah, rumput laut sering kali digunakan dalam pembuatan pil diet. Namun sebelum mengkonsumsi pil tersebut perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kesehatan Pencernaan

Rumput laut punya manfaat yang baik bagi pencernaan. Sebab, rumput laut mampu merangsang pelepasan enzim pencernaan, membantu penyerapan nutrisi, dan memfasilitasi metabolisme lemak. Penelitian pun menunjukkan bahwa polisakarida yang terdapat dalam rumput laut mampu memberi efek prebiotik terhadap usus.

Kesehatan Gigi

Ekstrak rumput laut sudah lama dikenal akan khasiatnya mencegah gigi berlubang. Sebab, rumput laut bersifat anti-inflamasi yang bertangung jawab dalam perbaikan fungsi kelenjar ludah dan dapat membuat jaringan mulut menjadi lebih tahan terhadap kerusakan yangmungkin terjadi.

Anti Koagulan

Penelitian laboratorium sudah membuktikan bahwa rumput laut punya sifat antioksidan dan anti-koagulan. Anti-koagulan ini pun dikenal sebagai pengencer darah, mencegah pembekuan darah dan dapat mengurangi ancaman stroke sampai gagal jantung.

Detoksifikasi

Rumput laut punya kemampuan untuk detoksifikasi, yaitu pembersihan tubuh dari racun – racun yang berbahaya, seperti logam berat seperti merkuri, timbal dan polutan. Semuanya akan dihilangkan dari tubuh lewat buang air besar.

Melawan Influenza

Rumput laut punya sifat anti-virus yang sudah terbukti memberikan efek perlundingan atas virus berbahaya, yaitu virus influenza B. Ekstrak dari rumput laut mampu menghalangi tubuh untuk menyerap partikel virus berbahaya dalam sel dan dapat pula mencegah tubuh dari infeksi.

Kesehatan Kardiovaskular

Rumput laut dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Rumput laut ini pun dapat mempertahankan tingkat rendah dari trigleserida dan kolesterol di dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sirkulasi pembuluh darah dan juga mencegah kondisi yang paling fatal seperti gagal jantung, dan penyakit arteri perifer.

Melindungi dari Radiasi

Rumput dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan radiasi ultraviolet B sinar matahari. Hal ini karena rumput laut mengandung fucoxanthin yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kelangsungan hidup sel-sel.

Kesehatan Kulit

Rumput laut mampu menjaga kesehatan kulit. Sebab, rumput laut kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang menjaga revitalisasi kulit, melembabkan dan menjaganya tetap awet muda. Unsur-unsur ini dapat menjaga kulit dari efek berbahaya akibat polusi lingkungan dan mampu memperlambat proses penuaan kulit. Sebuah penelitian ilmiah pun telah membuktikan bahwa rumput laut mampu memperlambat proses penuaan kulit.

Perawatan Rambut

Rumput laut mengandung mineral yang cukup tinggi. Kandungan mineralnya tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut karena dapat memperkuat akar dan batang rambut. Selain itu juga membuat rambut lebih tebal dan berkilau. Dikarenakan kandungan inilah, rumput laut sering dijadikan sebagai samphoo dan krim rambut.

Sebagai Kuliner

Manfaat rumput laut yang satu ini tentu tak perlu diragunakan lagi. Rumput luat yang bertekstur kenyal dan menyegarkan, seperti karagenan atau agars, membuatnya sering kali dijadikan salah satu bahan pembuatan minuman. Selain itu, banyak juga olahan makanan dari rumput laut, terutama di negara Cina, Jepang dan Korea. Ada sejumlah spesies rumput laut yang sering diolah menjadi makanan seperti kombu, nori dan wakame. Salah satu makanan yang paling terkenal dari olahan rumput laut adalah sushi.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rumput laut. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP