13 Manfaat Kacang Tahan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Kacang tanah termasuk jenis kacang yang banyak dibudidayakan karena permintaan kacang tahan di Indonesia sangatlah tinggi, kedua setelah kacang kedelai. Kacang tahan terkenal dengan kandungan protein dan lemaknya yang cukup tinggi. Biji kacang tanah ini bisa dimakan mentah-mentah atau bisa diolah terlebih dahulu, misalnya direbus, digoreng atau pun disangrai (digoreng tanpa minyak). Selain itu, kacang tanah juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini:

Manfaat Kacang Tahan yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan juga tak jenuh ganda sangatlah tinggi dalam kacang tanah. Hal ini membuat kacang tanah mampu membantu kamu menjaga kesehatan jantung. Kacang tanah pun mengandung kacang tanah yang dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kacang tanah dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah. Manfaat tersebut membuat kacang tanah bisa mencegah penyakit arteri koroner dan juga storke dengan meningkatkan lipid darah sehat.

Mencegah Diabetes

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, mengungkapkan bahwa satu porsi kacang tanah bisa menurunkan risiko diabetes sebesar 21%. Hal ini berkaitan dengan adanya kandungan mangan, yaitu mineral yang memainkan peran sangat penting dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, regulasi darah dan penyerapan kalsium.

Mencegah Batu Empedu

Konsumsi kacang tahan bisa membantu dalam mencegah batu empedu. Penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa makan satu ons kacang tanah atau pun selainya bisa menurunkan risiko terkena batu empedu sebesar 25%.

Mencegah Kanker

Kacang-kacang memang terkenal dengan kandungan fitosterolnya yang tinggi atau disebut dengan beta-sitosterol (SIT). Fitosterol ini mampu mencegah kanker dengan cara menghambat pertumbuhan tumor. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pria atau pun wanita yang mengonsumsi kacang setidaknya dua kali dalam seminggu, masing-masing dari mereka memiliki 27% dan 58% lebih rendah terserang kanker usus besar.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori

Mungkin kamu pernah mendengar istilah kacang tanah sebagai ‘makanan bagi otak’. Istilah tersebut memang benar adanya karena kacang tanah memiliki vitamin B3 atau niasin yang mampu meningkatkan fungsi otak dan juga dapat meningkatkan ketajaman memori. Tak hanya itu, kacang pun mengandung flavonoid resveratrol, di mana dapat membantu dalam meningkatkan aliran darah ke otak.

Mengurangi Depresi

Asam amino dalam kacang terbilang cukup tinggi, hal ini membuat kacang dapat memperbaiki suasana hati. Sebab, asam amino dapat merangsang pelepasan serotin yang merupakan bahan kimia di otak yang dapat memperbaiki suasana hati seseorang dan juga mengurangi depresi.

Sangat Baik Untuk Kehamilan

Kacang tanah merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil karena merupakan sumber folat. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 400 gram asam folat sebelum atau pun selama awal kehamilan, maka memiliki resiko cacat lahir (neural tube defect) lebih rendah 70% dibanding wanita yang tidak mengonsumsi kacang. Tidak hanya itu, mengkonsumsi kacang selama kehamilan juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit alergi seperti penyakit asma pada anak–anak.

Baik Untuk Anak-Anak

Protein yang terkandung dalam kacang tanah tersusun dari asam amino yang sangat penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan anak-anak. Untuk itu, anak-anak dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi kacang.

Mengontrol Berat Badan

Kacang tanah memiliki kombinasi yang sangat pas untuk membuatmu lebih cepat kenyang, yaitu kombinasi lemak, protein dan serat. Selain itu, kombinaasi tersebut pun membuat nafsu makanmu berkurang. Metabolisme dalam tubuh pun dapat meningkat bila kamu mengkonsumsi kacang tanah secara rutin.

Mencegah Alzhaeimer

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi yang mengandung niasin seperti kacang tanah, mampu menurunkan resiko penyakit Alzhaimer hingga 70%. Hal ini tentu saja sangat luar biasa, mengingat Alzhaimer merupakan penyakit yang sulit disembuhkan.

Kesehatan Kulit

Vitamin dan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam kacang tanah sangat bermanfaat untuk kulit kamu. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pun dapat membantu tubuh untuk mengurangi kandungan racun sehingga kulit lebih sehat dan bercahaya. Kacang tanah bisa dibilang sebagai obat terbaik bagi kulit dari dalam.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dan vitamin E yang terdapat dalam kacang tanah sangat bermanfaat guna mencegah dan memperlambat penuaan dini, seperti garis-garis halus dan keriput. Resveratrol yang terkandung dalam kacang tanah pun dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat baik bagi kulit kamu.

Kesehatan Rambut

Biotin merupakan vitamin B yang sangat penting dalam pertumbuhan rambut dan juga kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Nah, biotin ini sebenarnya dihasilkan oleh tubuh kita sendiri di dalam usus. Namun banyak juga tanaman yang mengandung biotin, salah satunya adalah kacang tanah. Kamu harus terus memenuhi kebutuhan biotin dalam tubuh jika tidak ingin rambut kamu rontok.

Itulah sejumlah manfaat dari kacang tanah yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA