13 Cara Menyembuhkan Pilek dengan Cepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Pilek dan flu adalah penyakit yang mudah menyerang dan juga menular, utamanya saat musim pancaroba tiba. Hal ini diperparah dengan polusi udara yang makin menjadi-jadi sekarang ini. Siapapun yang terserang penyakit yang satu ini pasti cepat-cepat ingin sembuh karena tentu saja sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pilek dan flu juga sering membuat penderitanya tidak percaya diri. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyembuhkan pilek dan flu tersebut dengan cepat.

Sebenarnya ada sejumlah cara yang bisa kamu terapkan supaya pilek yang kamu alami cepat sembuh. Namun bila kamu benar-benar ingin pilek tersebut cepat sembuh, kamu benar-benar harus bertindak cepat. Sebab setidaknya setelah 12 jam pertama, virus pilek akan menyebar dan bakal bertahan dalam tubuh selama berhari-hari, berikut ini sejumlah cara dalam menyembuhkan pilek dengan cepat:

Cara Menyembuhkan Pilek dengan Cepat

Minum Obat Dekongestan

Obat dekongestan sendiri merupakan obat pernapasan. Obat yang satu ini mampu menyempitkan pembuluh darah di hidung dan juga menjaga supaya rongga hidung tetap terbuka. Contoh obat dekongestan yang dijual bebas adalah pseudoephedrine dan phenylephrine.

Minum Obat Ekspektoran

Obat Ekspetoran adalah obat pengencer lender. Obat yang satu ini dapat membantu kamu untuk membersihkan rongga sinus. Ya, caranya adalah dengan mengencerkan lendir dan mengeluarkan dahak yang tertahan dalam saluran pernafasan. Hal ini membuat pernafasanmu tidak akan tersumbat. Contoh obat ekspektoran yang dijual bebas seperti Mucinex dan guaifenesin.

Minum Obat Penekan Batuk

Obat Penekan Batuk adalah obat yang mampu mengurangi gejala batuk. Obat yang satu ini hanya digunakan bila batuk yang kamu alami adalah batuk kering. Contoh obat ini yang dijual bebas seperti dextromethorphan.

Asupan Vitamin C Tambahan

Vitamin C telah lama diketahui bisa mencegah pilek. Namun ternyata, vitamin C pun berkhasiat untuk mempersingkat serangan pilek tersebut. Vitamin C tambahan ini bisa diperoleh dengan cara meminum jus jeruk, kiwi, memakan sayuran, dan memakan buah stroberi. Tak hanya itu, vitamin C tambahan pun bisa kamu dapatkan dari apotik dan toko obat.

Mengambil Cuti untuk Istirahat

Kamu bisa mengambil cuti selama beberapa hari. Selama masa cuti tersebut manfaatkan untuk beristirahat di rumah dengan merilekskan diri. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada tubuh memulihkan diri dari kondisi sakit.

Beristirahat yang Cukup

Cobalah untuk mengatur pola istirahat kamu. Kalau bisa, perbanyak tidur siang dan tidur malam setidaknya delapan jam di malam hari. Hal ini dilakukan supaya kamu memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik sehingga tubuh kamu punya cukup energi untuk melawan virus dan juga penyakit.

Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Selama kamu beristirahat di rumah, usahakan tubuh kamu dalam keadaan hangat dengan selimut menyelimuti tubuh kamu. Sebab, kondisi tubuh yang hangat sangat membantu dalam masa pemulihan dari pilek.

Membersihkan Hidung dengan Cara yang Benar

Saat kamu merasa hidung penuh dengan lendir, maka bersihkanlah hidungmu. Sebab, hal tersebut dapat membersihkan rongga hidung dan juga membuang lendir yang berlebihan. Namun kamu harus hati-hati karena jika membersihkan terlalu keras atau pun terlalu sering dapat membuat lendir terperangkap dalam rongga sinus. Hal ini tentu saja berisiko menimbulkan peradangan rongga sinus. Cara untuk membersihkannya adlaha dengan menutup satu lubang hidung menggunakan jari, kemudiah bersitkan lubang hidung satunya secara pelan. Ulangi hal yang sama pada hidung yang satunya. Setelah selesai, cuci tangan menggunakan sabun.

Menggunakan Larutan Irigasi Salin

Dalam membersihkan rongga hidung pun bisa dilakukan dengan cara menggunakan larutan irigasi salin. Larutan tersebut bisa dibuat menggunakan setengan sendok teh garam yang dicampurkan dengan segelas air. Larutan tersebut dimasukkan dalam wadah, lalu miringkan kepala dan tuangkan larutan tersebut ke salah satu lubang hidung. Kemudian, larutan tersebut akan keluar dari hidung yang satunya. Ulangi hal ini pada lubang hidung yang satunya.

Meminum Banyak Cairan

Jika kamu berkeringat saat pilek dan sering membersitkan hidung, maka cairan dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan dehidrasi. Jika sudah begini, bukannya lebih baik malah justru memperparah keadaan. Oleh karena itu kamu harus tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu.

Melakukan Perawatan Uap

Uap panas dapat melonggarkan lendir, sementara kelembapan yang berasal dari air bisa membantu melegakan rongga hidung yang kering. Perawatan dengan uap ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan air mendidih yang dituangkan pada sebuah wadah, kemudian posisikan wajah di atas wadah tersebut agar terkena uap.

Minum Cairan Panas

Minuman panas akan membantu rongga hidung kamu dan dapat meringankan gejala sakit tenggorokan. Minuman panas juga akan sangat baik untuk menyembuhkan pilek. Minuman panas yang bisa kamu konsumsi seperti campuran lemon, teh hangat, madu dan air hangat.

Temui Dokter

Bila pilek dan juga flue kamu tidak sembuh dengan cepat, maka saatnya kamu menghubungi dokter untuk mendapatkan tambahan resep obat dan untuk meringankan gejala pilek supaya cepat sembuh.

Itulah sejumlah cara tepat yang bisa kamu lakukan supaya pilek yang kamu alami cepat sembuh. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA