12 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina yang Dapat Dibedakan Secara Akurat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2661_620x290[1]
Daftar Topik

Banyak orang yang mengaku pecinta Lovebird tetapi masih merasa kesulitan untuk membedakan jenis kelamin Loverbird antara yang jantan dan betina. Hal tersebut sangatlah wajar karena Lovebird sendiri terdiri dari tiga kelompok kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya.

Tiga jenis kelompok tingkat kesulitan tersebut antara lain:

Kelompok Dimorfik (Mudah Dibedakan)

  • Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)
  • Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)
  • Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria)

Kelompok Intermediate (Cukup Sulit Dibedakan)

  • Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana)

Kelompok Lovebird Kaca Mata (Sangat Sulit Dibedakan)

  • Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)
  • Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)
  • Lovebird Topeng (Agapornis personata)
  • Lovebird Fischer (Agapornis ficheri)

Itulah beberapa jenis Lovebird yang mudah dan sulit dibedakan jenis kelaminnya. Terlepas dari itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan jenis kelamin Lovebird. Berikut merupakan cara untuk membedakan Lovebird jantan dan betina dengan akurat melalui beberapa cara berikut.

12 Cara membedakan Lovebird jantan dan betina yang paling akurat

Bentuk fisik Lovebird

Lovebird jantan memiliki bentuh tubuh yang cenderung lebih kecil apabila dibandingkan dengan Lovebird betina. Lovebird jantan memiliki kepala yang berbentuk cepak atau rata, sedangkan kepala lovebird betina berbentuk cenderung melengkung.

Bentuk sayap Lovebird

Lovebird jantan memiliki ujung sayap yang menyilang, sedangkan Lovebird betina memiliki ujung sayap yang tidak saling bertemu.

Bentuk ekor Lovebird

Loverbird jantan berekor runcing, sedangkan lovebird betina berekor lebih rata. Jika dilihat sekilas maka ujung lovebird jantan terlihat mengerucut kecil, sedangkan lovebird betina cenderung lebih besar dan lebar.

Cara bertengger Lovebird

Cara bertengger lovebird jantan adalah dengan merapatkan kaki, sedangkan lovebird betina akan melebarkan kakinya ketika bertengger di suatu tempat. Hal tersebut dikarenakan tulang pubis pada lovebird betina lebih lebar jika dibandingkan dengan tulang pubis lovebird jantan yag cenderung rapat.

Cincin emas atau jarum

Jika kamu akan mengecek kelamin Lovebird dengan cincin emas, kamu hanya perlu menyiapkan tali sepanjang 15-20 cm. Ikatkan ujung tali tersebut pada cincin emas atau jarum yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, genggamlah badan sebelah ujung dari lovebird dengan menggunakan tangan kiri. Kemudian, taruh cincin emas dibagian atas kepala lovebird. Lalu, perhatikan gerakan dari cincin tersebut. Jika jantan, maka cincin tersebut akan bergerak maju mundur searah. Sedangkan jika betina, cincin tersebut akan bergerak melingkar.

Tulang pubis atau supit urang Lovebird

Jarak antar dua tulang pubis akan terasa menyempit jika diraba merupakan ciri-ciri dari Lovebird jantan. Sedangkan untuk lovebird betina, tulang bagian pubisnya akan lebih elastis dan jarak kedua tulang tersebut lebih lebar dibandingkan dengan lovebird jantan.

Selain itu, tulang supit udang pada lovebird betina dewasa akan terasa lebih lunak dan akan seperti terbuka apabila di raba dan ditekan jika dibandingkan dengan tulang supit lovebird jantan dewasa yang cenderung rapat, keras dan lancip.

Tingkah laku Lovebird saat birahi

Saat sedang birahi, Lovebird jantan biasanya berdiri di dekat Lovebird betina sambil manggut-manggut. Kemudian, ia akan mengeluarkan suara tek tek tek atau cit cit cit. sedangkan, ketika birahi lovebird betina akan melebarkan sayapnya dan terkadang menggigit benda apa saja yang ada di sekitarnya.

Cara Lovebird membangun sarang

Lovebird yang paling aktif ketikan membangun sarang adalah lovebird betina. Lovebird betina akan sibuk mengambil kulit kayu lalu mengumpulkannya sebagai bahan pembuatan sarangnya. Sedangkan lovebird jantan hanya akan mengambil kayu dan memberikannya pada lovebird betina tanpa ikut serta dalam proses pembuatan sarangnya.

Tes DNA Lovebird

Untuk membedakan lovebird jantan dan betina dengan tingkat akurasi 99%, kamu bisa melakukan cara yang satu ini. Dengan melakukan tes DNA yang diambil dari darah atau bulu pada lovebird, kamu bisa mengetahui jenis kelamin dari lovebird tersebut. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang pastinya berbeda antara jenis burung jantan dan betina.

Ini adalah cara yang paling praktis untuk mengecek jenis kelamin pada lovebird jantan dan betina. Akan tetapi, kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal jika akan melakukan tes DNA tersebut di laboratorium.

Lingkar klep kacamata Lovebird

Dengan melihat klep kacamata pada lovebird, kita bisa membedakan manda lovebird yang jantan dan mana yang betina. Meskipun bisa dibilang agak sulit, tetapi kadang perbedaan dari klep tersebut bisa terlihat dengan jelas.

Bentuk klep kacamata pada lovebird jantan akan terlihat lebih oval dibandingkan dengan klep kacamata pada lovebird betina yang cenderung berbentuk lebih bulat.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan Lovebird jantan dan betina yang akurat. Semoga bermanfaat. Ohya, agar browsing info penting dan menarik menjadi semakin lancar, yuk beli pulsa online di elevenia.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA