11 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Ilmu Komunikasi, Paling Menjanjikan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
media-massa
Daftar Topik

11 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Ilmu Komunikasi Salah satu jurusan perkuliahan yang populer ialah Ilmu Komunikasi. Prospek kerja jurusan ini terbilang luas. Hal ini lah menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa. Peluangnya yang luas memungkinkan alumni jurusan kuliah satu ini bekerja di beragam bidang dan juga industri. 

Di antara semua prospek kerja tersebut, mana yang paling menjanjikan? Temukan jawabannya di artikel Blog elevenia satu ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

11 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan

1. Hubungan Masyarakat (Public Relations)

prospek-kerja-terbaik-jurusan-ilmu-komunikasi-hubungan-masyarakat-public-relations

Prospek ilmu komunikasi sangat sesuai di dalam bidang humas atau biasa disebut dengan public relation. Bidang pekerjaan tersebut mengandalkan kemampuan berkomunikasi untuk membentuk kerjasama dengan klien. Seperti yang diketahui, ilmu komunikasi merupakan salah satu bidang pendidikan khusus yang memperdalam dunia komunikasi serta cara-cara yang diperlukan agar bisa membangun komunikasi dengan orang lain.

Seorang public relation mempunyai peran untuk membawa perusahaan atau instansi tertentu untuk lebih dikenal masyarakat luas, oleh sebab itu di dalam menjalankan tugasnya membutuhkan kepandaian dalam berbicara serta menulis agar bisa mendukung kegiatan berkomunikasi dengan lebih efektif dan menarik sehingga membuat lawan bicaranya menjadi terkesima.

2. Penjualan (Sales)

penjualan-sales

Prospek dari ilmu komunikasi yang tidak kalah menarik berikutnya adalah sales. Sales juga biasa juga disebut dengan istilah sales agent, account executive atau sales representative. Tugas dari seorang salesman sendiri yaitu menawarkan produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Di dalam bidang pekerjaan ini, dibutuhkan keahlian networking yang handal. Selain itu, diperlukan juga jiwa sosial dan empati agar siap menghadapi klien dengan aneka latar belakang.

Selain itu, kandidat sales juga dituntut untuk bisa adaptasi dengan orang dan lingkungan baru, mempunyai target-driven dan yang tidak kalah penting mempunyai kemampuan komunikasi yang dinamis.

3. Copywriter

prospek-kerja-terbaik-jurusan-ilmu-komunikasi-copywriter

Keahlian berbicara dan menulis yang didapatkan oleh seorang lulusan komunikasi bisa berpeluang untuk bekerja di bidang copywriting. Seorang copywriter bertugas untuk mempromosikan sebuah jasa atau barang dari perusahaan atau instansi dengan cara membuat tulisan yang menarik, singkat, padat serta jelas.

Apabila kamu adalah seorang lulusan di bidang ilmu komunikasi serta mempunyai bakat menulis, maka bidang pekerjaan copywriting sangat patut untuk dicoba. Hal ini bisa menghasilkan pendapatan yang menjanjikan apabila berhasil menyajikan sistem promosi bagus dengan konten unggulan.

4. Media Massa

media-massa

Pada umumnya, jurusan Ilmu Komunikasi membentuk lulusannya agar siap berkarir di perusahaan media massa. Hal ini dikarenakan, media merupakan salah satu prospek unggulan yang ditawarkan oleh ilmu komunikasi. Salah satu syarat bekerja di media ialah kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Baik dengan tim maupun dengan audiens. 

Di dalam perusahaan media massa, ada berbagai posisi yang bisa kamu jadikan peluang, nih. Mulai dari media sosial, broadcasting, public relations, kreatif, cameraman, reporter online hingga marketing. Menarik bukan? 

5. Pemasaran (Marketing)

prospek-kerja-terbaik-jurusan-ilmu-komunikasi-pemasaran-marketing

Ilmu komunikasi juga sangat berperan penting untuk mencetak marketer handal. Para ahli marketing ini nantinya bisa membuat perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang. Marketing menjadi salah satu karir yang cukup menjanjikan bagi lulusan ilmu komunikasi.

Sebagai orang yang bekerja di bidang pemasaran, seorang marketer dituntut untuk mempromosikan produk maupun jasa dengan baik. Selain offline, marketing juga mulai dilakukan secara online. Menariknya, pekerjaan ini dinilai akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Mengingat di era ini mulai banyak orang yang membuka usaha, baik secara offline maupun online

Baca Juga: 10 Prospek Kerja Ilmu Hukum yang Paling Menjanjikan, Lengkap!

6. Content Creator

content-creator

Keahlian dalam bidang komunikasi yang didapatkan juga bisa dijadikan salah satu komponen apabila ingin menjadi Youtuber atau travel blogger, nih. Dewasa ini, perkembangan media sosial semakin maju. Salah satu media sosial yang banyak digunakan ialah TikTok. Sama seperti Youtube, TikTok juga menyediakan beragam konten video yang menarik.

Untuk kamu yang kurang pede di depan kamera, jangan khawatir. Kamu juga bisa membuat beragam konten tulisan di media online. Kebanyakan, konten tersebut juga memiliki tujuan khusus, diantaranya sebagai sarana promosi. Karenanya, karir ini pun terbilang menjanjikan dan sangat cocok untuk kamu yang berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi.  

7. Event Organizer (EO)

prospek-kerja-terbaik-jurusan-ilmu-komunikasi-event-organizer

Event organizer atau biasa disebut dengan EO merupakan salah satu prospek dari ilmu komunikasi yang bisa digeluti oleh para lulusan dalam bidang ilmu komunikasi. Menjadi seorang EO, tentunya harus mempunyai kemampuan komunikasi dinamis agar bisa menghadapi klien dengan tepat dan cerdas.

Selain itu, kemampuan komunikasi juga sangat dibutuhkan untuk melakukan kerjasama dengan vendor serta klien sehingga bisnis bisa berjalan lancar dan semakin berkembang. Sistem kerja EO adalah mengurusi detail dari sebuah acara mulai dari perencanaan serta pelaksanaan. Oleh sebab itu dibutuhkan ketelatenan serta jiwa adaptasi yang kuat agar bisa menjalankan tugas dengan optimal.

8. Content Writer

content-writer

Pekerjaan satu ini merupakan salah satu pekerjaan yang bakal kamu temui di divisi Marketing, nih. Khususnya Digital Marketing. Ada beberapa perbedaan yang mencolok antara copywriter dan content writer, loh. Yaitu jenis tulisan yang dibuat.

Saat kamu bekerja dengan content writer, kamu akan lebih banyak dihadapkan dengan tulisan-tulisan yang bersifat konten. Seperti blog maupun caption media sosial. Berbeda dengan copywriter yang lebih banyak menulis dengan tujuan untuk menjual atau mempromosikan sesuatu. Bidangnya yang gak jauh dari tulis-menulis membuatnya cocok dengan kamu yang berkuliah di Ilmu Komunikasi.

9. Periklanan (Advertising)

prospek-kerja-terbaik-jurusan-ilmu-komunikasi-periklanan-advertising

Selain pemasaran, periklanan juga menjadi industri yang terus berkembang pesat saat ini. Dengan berkembangnya perekonomian tanah air, posisi pekerjaan di bidang periklanan juga semakin dibutuhkan. Mengingat semakin banyaknya permintaan pasar, nih.

Posisi di bidang periklanan pun semakin berkembang. Mulai dari copywriter, desain grafis, media planner, digital strategist dan lain sebagainya. Walaupun beragam, semuanya memiliki syarat utama yang sama. Yaitu kemampuan berkomunikasi dan juga mampu memahami klien dengan baik.

10. Customer Service

customer-service

Kalau karir satu ini, cukup erat kaitannya dengan Public Relations atau Humas. Umumnya, Customer Service adalah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan perusahaan atau lembaga, nih. Dapat dikatakan, jika pekerjaan ini merupakan garda depan yang menghubungkan perusahaan/lembaga dengan pelanggan atau kliennya.

Karenanya, pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik. Khususnya dalam menerima berbagai keperluan hingga keluhan dari pelanggan. Menariknya, costumer service banyak dibutuhkan di mana pun. Cocok banget untuk kamu yang ingin mencari jalur karir dengan peluang yang besar.

11. Industri Perfilman

industri-perfilman

Ada kabar gembira nih, buat kamu mahasiswa Ilmu Komunikasi yang suka membuat film. Pasalnya, industri perfilman juga menjadi salah satu prospek kerja terbaik di jurusan ini, loh. Mengingat di jurusan ini kamu juga akan mendapatkan beberapa mata kuliah dasar tentang teknik membuat film.

Selain menjadi produser, kamu pun bisa menjadi editor, penulis naskah, sound designer, sampai kru film lainnya. Kamu juga bisa menjadi talent yang tampil di depan kamera. Majunya industri film Tanah Air juga menjadikan karir satu ini sangat menjanjikan di masa depan.

Itu dia sedikit ulasan mengenai prospek kerja terbaik jurusan Ilmu Komunikasi. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan serta menjadi salah satu bahan referensi bagi kamu yang berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Agar nantinya kamu dapat merencanakan karier yang lebih matang.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP