11 Manfaat Teh Hitam yang Baik Bagi Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
teh-hitam-1[1]
Daftar Topik

Teh hitam adalah salah satu dari jenis olahan daun teh yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya, popularitas teh hitam di Indonesia masih kalah pamor dengan teh hijau yang seloah sudah menjadi tren gaya hidup masa kini. Agar kamu lebih tahu, ada sejumlah manfaat teh hitam bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan di bawah ini:

Manfaat Teh Hitam yang Baik Bagi Kesehatan

Kesehatan Mulut

Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hitam dapat mengurangi pembentukan plak dan dapat mengatasi pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dan rusak. Polifenol yang terdapat dalam teh hitam mampu membunuh dan melewati bakteri penyebab rongga serta dapat menghambat pertumbuhan enzim bakteri yang biasanya membentuk bahan pelekat untuk melekatkan plak ke gigi kita.

Jantung Lebih Baik

Studi telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi 3 cangkir teh hitam maupun teh hijau per harinya memiliki risiko 21 persen lebih rendah terkena stroke dibandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi kurang dari 1 cangkir teh hijau maupun teh hitam per harinya. Hal ini tentu menunjukkan bahwa teh hitam bisa dijadikan gaya hidup untuk mencegah stroke, sedari muda.

Antioksidan

Teh hitam mengandung polifenol yang merupakan antioksidan yang dapat membantu dalam memblokir kerusakan DNA yang terkait dengan tembakau atau pun bahan kimia yang lainnya. Antioksidan ini tidak sama dengan antioksidan yang terdapat dari buah-buahan maupun sayuran. Oleh karena itulah, kita harus mengkonsumsi teh hitam secara rutin supaya memperlancar diet. Selain itu, teh hitam juga dapat memberikan manfaat yang baik terhadap gaya hidup sehat.

Pencegahan Kanker

Untuk manfaat yang satu ini masih perlu diadakan lebih banyak penelitian supaya benar-benar meyakinkan bahwa teh hitam dapat mencegah kanker. Namun beberapa penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa antioksidan seperti palifenol dan katekin yang terkandung di dalam teh bisa membantu mencegah berbagai jenis dari kanker. Bahkan bagi wanita telah disarankan untuk rutin mengkonsumsi teh hitam. Sebab, mereka yang mengkonsumsi teh hitam punya peluang lebih rendah terkena kanker ovarium dibanding mereka yang tidak rutin mengkonsumsi teh hitam.

Tulang yang Sehat

Orang-orang yang mengkonsumsi teh secara rutin tiap harinya akan memiliki kondisi tulang yang lebih kuat dan juga lebih sehat dibanding mereka yang jarang meminum teh. Selain itu juga, orang yang rutin mengkonsumsi teh hitam memiliki kemungkinan lebih rendah dalam mengembangkan radang sendi sebab kandungan phytochemical dalam teh.

Menurunkan Risiko Diabetes

Jika dilihat berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada lansia yang tinggal di pulau-pulau Mediterania, menemukan fakta bahwa orang-orang yang mengkonsumsi teh hitam dalam jangka panjang pada tingkat moderat yaitu sekitar 1 sampai 2 cangkir per hari, punya kesempatan 70% lebih rendah terkena risiko diabetes tipe 2.

Meringankan Stress

Mungkin kita semua sudah tahu dan juga pernah mengalami, bahwa teh hitam bisa menenangkan dan membuat rileks. Penelitian yang telah dilakukan pun menunjukkan bahwa asam amino L-theanie yang terdapat dalam the hitam bisa membantu kamu dalam bersantai dan berkonsentasi lebih baik. Teh hitam pun terbukti dapat mengurangi kadar hormon stress kortisol apabila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan dengan tempo yang teratur.

Sistem Kekebalan Tubuh yang Lebih baik

Teh hitam banyak mengandung antigen alkilamin yang dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh kamu. Tak hanya itu, teh hitam juga mengandung tannin yang dapat melawan virus sehingga kita bisa terhindar dari influenza. Flu perut dan virus lainnya tidak akan mampir di tubuh kita bila mengonsumsi teh hitam secara rutin.

Saluran Pencernaan Sehat

Tak hanya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tannin juga punya efek yang sangat baik yaitu efek terapetik bagi mereka yang memiliki penyakit lambung dan usus. Selain itu juga bisa menurunkan aktivitas pencernaan.

Peningkatan Energi

Tak seperti minuman lainnya yang biasanya mengandung kafein tinggi, jumlah kafein yang terkandung dalam teh hitam justru lebih rendah. Namun jumlah kefein ini mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini bisa dilakukan tanpa harus gencar merangsang jantung terlebih dulu. Hal ini dapat merangsang metabolisme dan juga sistem pernapasan, ginjal dan jantung.

Faktor kebiahagiaan

Dengan meminum satu cangkir teh yang sempurna dapat memberikan rasa bahagian kepada hati kamu, terlebih jika kamu meminumnya saat bersantai sehabis melakukan aktivitas kerja.

Itulah sejumlah manfaat dari teh hitam yang harus kamu tahu. Sangat banyak bukan manfaatnya? Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu memasukkan list meminum teh hitam sebagai rutinitasmu sehari-hari. Dengan begitu kamu akan merasakan beragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuhmu. Jangan lupa juga iringi dengan olahraga dan istirahat yang teratur. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP