11 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui Orang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
71305a31925eaa9d787ebac56a2754c4[1]
Daftar Topik

Setiap orang tentu saja sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Ya, buah pisang sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Buah dengan kulit berwarna kuning ini memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Hal inilah yang membuat orang tidak berhenti berburu buah yang satu ini.

Saat kamu memakan buah pisang, tentu saja akan memakan isinya bukan? Lalu bagaimana dengan nasib kulitnya, apakah langsung dibuang? Kalau iya, sayang sekali, karena ternyata kulit pisang ini memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui Orang

Menghilangkan Jerawat

Kulit pisang memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung banyak sekali nutrisi bagi tubuh, seperti vitamin C, vintamin B, zat besi, magnesium, fosfor dan kalim. Di dalam kulit pisang pun terkandung anti oksidan dan anti jamur yang mampu menghilangkan jerawat dan mengurangi minyak jerawat. Dua kandungan tersebut pun dapat mengatasi iritas dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat. Dengan begitu, jerawat pun lebih cepat sembuh.

Memutihkan Gigi

Kamu merasa gigi kamu kuning sehingga memunculkan rasa tidak percaya diri? Mungkin kamu harus mencoba memutihkan gigi dengan kulit pisang. Kulit pisang mengandung mangan, posstasium dan magnesium yang mampu membantu dalam proses memutihkan lapisan email gigi. Caranya pun kamu hanya tinggal menggosokan bagian dalam kulit pisang pada gigi. Setelah itu gosok gigi. Lakukan hal ini selama satu sampai dua minggu agar hasil maksimal.

Baik Untuk Wajah

Siapa yang tak ingin punya wajah sehat berseri? Bila kamu menginginkan kulit wajah yang dapat memancarkan kecantikan secara optimal, mak atidak ada salahnya untuk mencoba masker kulit pisang. Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang ke seluruh wajah sebelum tidur, biarkan sampai semalaman. Kemudian pagi-pagi bilas dengan air hangat.

Mengobati Luka

Khasiat kulit pisang yang lainnya adalah dapat mengobati luka. Luka di sini bisa luka karena cidera, terutama di bagian lutut. Caranya, tinggal gosokkan kulit pisang di bagian luka.

UV Protection

Kulit pisang mengandung zat yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu tinggal menggosokkan kulit pisang pada area kelopak mata. Namun pastikan kulit pisang yang kamu gunakan sudah dijemur terlebih dulu selama beberapa saat. Jika kamu melakukan perawatan ini secara teratur bisa menghindari penyakit katarak.

Obat Alami Penyakit Psoriasis

Kulit pisang ini dapat dimanfaatkan oleh penderita Psoriasis, yaitu penyakit yang biasanya ditandai munculnya sisik berwarna keperakan dan juga tambahan warna merah serta terasa perih atau gatal. Jika sisik tersebut digaruk akan mengakibatkan bintik-bintik pendaran yang lumayan sakit. Cara memanfaatkan pisang untuk penyakit ini, kamu tinggal menggosokkan kulit pisang di area kulit yang terkenal Psoriasis secara merata. Awalnya mungkin akan tampak kemerahan, namun lama kelamaan warna tersebut akan redup dan menghilang dengan sendirinya.

Mengobati Sakit Kepala

Manfaat kulit pisang yang lainnya adalah mengatasi sakit kepala (migran). Cara yang satu ini cukup mudah dilakukan karena memang sangat sederhana, yaitu dengan cara menumbuk kulit pisang, kemudian hasil tubuhkan tersebut ditempelkan pada dahi. Lakukan hal ini sampai sakit kepala menghilang.

Anti Depresan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar di Amerika mengungkapkan bahwa meminum jus kulit pisang hangat dengan cara di jus mampu meredakan emosi. Hal ini karena kulit pisang mengandung triptofan yang dapat memperbaiki suasana hati dengan cara merangsang terlepasnya serotonin.

Mengobati Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk seringkali menimbulkan bengkak dan rasa gatal pada kulit. Untuk mengatasi yang satu ini kamu bisa memanfaatkan kulit pisang. Caranya dengan memotong kulit pisang kecil-kecil, kemudian tempelkan pada kulit yang bentok. Selanjutnya diamkan kurang lebih 15 menit, terakhir bilas dengan air bersih.

Mengobati Kutil

Kutil merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut daging yang tumbuh tidak pada tempatnya. Biasanya berbentu seperti jerawat dan kemungkinan bisa membesar, namun memang tidak berbahaya. Akan tetapi, bila dibiarkan begitu saja akan sangat mengganggu penampilan penderitanya. Sekarang ini kamu tidak perlu pusing lagi karena kamu bisa memanfaatkan pisang. Caranya, potong pisang sesuai dengan ukuran kutil, kemudian tempelkan. Atau bisa juga dengan menggosok-gosokkan kulit pisang tersebut ke daerah kutil sekitar 10 menit. Lakukan hal ini saat menjelang tidur, kemudian bilas dengan air.

Menghambat Timbulnya Kerutan pada Wajah

Tua merupakan hal yang pasti namun kita tetap bisa memperlambatnya dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan kulit pisang. Kamu tinggal siapkan kulit pisang, kemudian kerok bagian dalamnya. Setelah itu tambahkan satu sendok teh madu murni. Oleskan campuran tersebut ke wajah yang mulai keriput dan diamkan kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan handuk hangat.

Itulah sejumlah manfaat kulit pisang yang jarang diketahui oleh orang. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP