11 Manfaat Biji Alpukat yang sangat Baik Bagi Tubuh Kamu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Alpukat[1]
Daftar Topik

Alpukat merupakan buah yang berasal dari negara Meksiko. Buah ini mempunyai nama latin Persea Americana. Tidak dipungkiri, alpukat merupakan buah sejuta umat karena hampir semua orang sangat menggemari buah yang satu ini. Daging buahnya yang tebal membuat alpukat lebih mudah memberikan rasa kenyang, dan sering menjadi alternatif cemilan antara dua waktu makan.

Tapi tahukah kamu jika biji alpukat yang sering kita buang ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak kalah dengan daging buahnya? Studi yang telah dilakukan menyebutkan jika biji alpukat mengandung 70 persen nutrisi yang terkandung dalam buahnya. Untuk itulah tidak heran bila semakin kesini, sudah makin banyak orang yang peduli dengan kandungan biji buah alpukat sehingga tidak membuangnya begitu saja.

Kandungan yang ada dalam buah alpukat, diantara adalah antioksidan, serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan daging buah itu sendiri, dan juga fenolik. Fakta tersebut membuat buah alpukat memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini:

Manfaat Biji Alpukat yang sangat Baik Bagi Tubuh Kamu

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Biji alpukat banyak sekali mengandung zat antioksidan yang ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga membantu dalam meregenerasi sel. Selain itu juga dapat melawan zat radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Biji alpukat ini siap menjadi tameng untuk hal-hal yang akan mengganggu kesehatan kamu.

Menurunkan Tekanan Darah

Biji alpukat mengandung kalium yang setara dengan daging buahnya. Kalium di sini berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah yang kaku dan juga arteri yang tegang, dengan begitu hipertensi dapat diatasi dengan baik. Hipertensi yang dibiarkan tentu akan mengakibatkan kesehatan lainnya, seperti stoke bahkan jantung. Oleh karena itu, hipertensi harus bisa diatasi dengan baik.

Mencegah Kanker

Kandungan dalam alpukat yaitu flavonoid berfungsi sebagai anti kanker yang sangat mujarab. Bijinya ini mengandung kadar flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan ini dinilai sangat berharga karena seperti yang kamu tahu, sampai saat ini obat kanker tak banyak ditemukan. Untuk itu, hal terbaik untuk melakukan pencegahan penyakit kanker adalah dengan rutin mengkonsumsi alpukat, baik itu daging, biji atau bahkan daunnya.

Menyehatkan Pencernaan

Biji alpukat ternyata memiliki serat yang lebih banyak dibandingkan dengan daging buahnya. Jika kamu mengkonsumsinya secara rutin, maka akan terhindar dari masalah sembelit. Hal ini akan membuat metabolism tubuh berjalan dengan baik dan sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Menurunkan Kolesterol

Seperti diketahui, daun dan buah alpukat sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol, tapi ternyata hal ini pun berlaku untuk bijinya. Penyakit kolesterol tinggi harus segera diatasi karena jika dibiarkan akan menimbulkan sejumlah penyakit lain. Untuk itu saat kolesterol kamu naik, segera turunkan dengan mengkonsumsi biji alpukat.

Mengurangi Peradangan

Biji alpukat yang sudah ditumbuk halus dapat dimanfaatkan sebagai lotion atau pun minyak, yang kemudian dioleskan di daerah yang mengalami peradangan, memar atau pun bengkak. Biji alpukat mengandung zat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan lebih cepat.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat nomor keempat yang sudah dijelaskan bahwa biji alpukat dapat membantu menyehatkan pencernaan. Hal ini akan berdampak langsung pada sehatnya metabolisme tubuh. Makin baik sistem metabolisme tubuh kamu, maka makin cepat pula berat badan kita mencapai angka yang kita dambakan.

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang dikandung oleh biji alpukat tak hanya mampu menangkal radikal bebas, tapi juga menjaga tubuh dari terjadinya penuaan dini. Garis wajah dan bintik hitam yang merupakan tanda penuaan dini dapat dicegah bila kamu menggunakan lotion biji alpukat secara rutin. Ya, lotion tersebut terbuat dari biji kelapa yang ditumbuk halus.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat menjadi tanda tubuh yang sehat pula. Tak hanya bisa dikonsumsi secara ortal, biji alpukat pun bisa diolah sebagai lotion dan sudah terbukti mampu menjaga kelembutan serta kelembapan kulit. Biji alpukat ini membantu kita untuk mengembalikan tangan yang kering dan bersisik.

Merawat Rambut

Biji alpukat bisa diolah menjadi pasta atau masker. Kamu tinggal mengaplikasikan masker biji alpukat pada rambut yang sudah basah. Masker yang satu ini dapat membuat rambut lebih tebal, halus dan kuat. Tak hanya itu, masker biji alpukat ini pun sangat mampu menghilangkan ketombe dan mencegah rambut berminyak. Setelah pengaplikasian, jangan dulu dibilang. Tunggu dulu kurang lebih tiga puluh menit, kamu bisa menutupnya dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Setelah itu bilas hingga bersih.

Mengatasi Sakit Gigi

Gigi yang berlubang tak hanya membuat kita menderita, mulai dari susah makan, sisa makanan yang sering masuk ke gigi berlubang sampai rasa sakti yang tidak tertahankan hingga merembet ke bagian tubuh lainnya. Untuk itu, gigi berlubang harus segera diatasi dengan cara menaruh biji alpukat yang sudah halus di gigi berlubang.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari biji alpukat. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP